Susunan Paper Penelitian dan Contohnya

Selama menjalani masa perkuliahan, sudah menjadi hal wajar jika mahasiswa akan . Salah satu jenis karya ilmiah  tersebut dikenal dengan paper. Secara sederhana, paper adalah bentuk ringkasan dari penelitian yang dibuat, sehingga isinya cukup ringkas dan tidak sedetail penelitian seperti jurnal artikel atau skripsi.

Umumnya, paper penelitian hanya terdiri dari 6 halaman dan tidak lebih dari 10 halaman. Untuk memudahkanmu dalam menulis paper yang baik dan benar, berikut akan ada penjelasan tentang susunan paper penelitian beserta dengan contohnya. Simak yuk.

Susunan Paper Penelitian

Susunan Paper Penelitian
Sumber: mohamed Hassan from Pixabay

Sama halnya seperti penulisan skripsi maupun jurnal artikel, penulisan paper penelitian juga harus mengikuti struktur penulisan yang benar. Struktur paper penelitian terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, isi, hasil dan diskusi, kesimpulan, serta daftar pustaka. Penjelasan lengkap dari setiap struktur paper bisa kamu simak berikut.

Judul

Judul menjadi bagian penting dalam karya tulis ilmiah, termasuk paper penelitian. Judul yang bagus harus jelas dan menarik pembaca untuk mengetahui lebih lanjut apa isi dari paper tersebut.

Abstrak

Abstrak berisikan mengenai ringkasan dari paper yang kamu tulis. Adanya abstrak akan membantu pembaca untuk mengetahui lebih lanjut konten dari paper tersebut.

Pendahuluan

Pada bagian ini berisikan tentang latar belakang informasi atau permasalahan yang diangkat beserta dengan tujuan dari penulisan paper.

Metode Penelitian

Bagian ini menjadi bagian yang mengandung informasi penting berupa objek yang akan dibahas dalam paper, metode penelitian, serta aplikasi metode tersebut dalam objek penelitian.

Hasil dan Diskusi

Hasil penelitian beserta pembahasan mengenai hasil tersebut dijelaskan pada bagian ini. Bagian hasil dan diskusi harus dijabarkan dengan detail, namun tidak terlalu melebar.

Kesimpulan

Kesimpulan termasuk pada bagian akhir dari paper penelitian yang menjelaskan tentang intisari dan implikasi dari penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka menjadi bagian yang memuat seluruh daftar rujukan atau referensi yang digunakan dalam paper.

Paper Penelitian

Contoh Paper
Sumber: pressfoto from freepik.com

Supaya penjelasan mengenai struktur paper penelitian di atas bisa menjadi lebih mudah untuk dimengerti, di bawah ini akan disajikan sebuah contoh paper. Tema yang diambil adalah peran teknologi terhadap minat baca.

Pengaruh Penggunaan Smartphone dengan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Di era perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan smartphone sebagai salah satu penunjang kehidupan sehari-hari memang begitu tinggi. Hal ini ternyata berbanding terbalik dengan minat baca masyarakat terutama siswa sekolah dasar yang semakin menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh antara penggunaan smartphone dengan minat baca siswa sekolah dasar. Kuantitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian, sementara itu metode korelasi digunakan sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan smartphone mempunyai pengaruh signifikan bagi minat baca siswa sekolah dasar.

Pendahuluan

Membaca adalah aktivitas yang berguna untuk memperkaya wawasan, sehinga mampu menambah pengetahuan diri (Kamah, 2001). Minat baca masyarakat di suatu negara yang tinggi juga dapat diijadikan sebagai indikator tingginya kualitas SDM dari negara tersebut.

Hanya saja, di negara Indonesia, minat baca masyarakat termasuk anak-anak usia Sekolah Dasar, tergolong cukup rendah. Bahkan, penelitian mengenai daya baca masyarakat menyebutkan jika peringkat Indonesia berada di posisi 39 dari 41 negara.

Di tengah fakta akan rendahnya minat baca masyarakat terutama anak-anak, penggunaan smartphone sebagai bentuk kemajuan teknologi informasi semakin meningkat. Smartphone diketahui mempunyai banyak kegunaan salah satunya bisa diaplikasikan untuk menunjang aktivitas membaca. Oleh karena itu, dalam paper ini akan berfokus mengenai pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat baca siswa sekolah dasar.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan deskriptif. Sugiyono (2009) menjelaskan jika penelitian deskriptif diterapkan dalam penelitian untuk mengetahui nilai variabel tanpa membuat perbandingan dengan variabel lain. Mengingat penelitian ini mencoba mencari adanya hubungan antar dua variabel, maka metode yang digunakan berupa metode korelasi. Menurut Arikunto (2010), metode korelasi adalah jenis metode yang berfungsi untuk mengetahui hubungan 2 variabel atau lebih tanpa memanipulasi data yang sudah ada.

Hasil dan Diskusi

Dalam penelitian ini, analisis regresi linier sederhana digunakan dalam untuk menentukan pengaruh dari variabel penggunaan smartphone pada minat baca anak-anak sekolah dasar. Program komputer SPSS digunakan untuk mempermudah penggunaan rumus dan didapatkan persamaan berikut:

Y = -1,120 + 0,422 X

Kemudian, berdasarkan hasil pengolahan data, perhitungan t hitung dari variabel penggunaan smartphone adalah 4,842 yang artinya lebih besar dari t tabel yang senilai 2,000. Kemudian, nilai sig. yang sejumlah 0.000 lebih kecil dari 5% menunjukkan jika H1 diterima. Ini menandakan jika penggunaan smartphone memiliki pengaruh terhadap minat baca siswa sekolah dasar.

Kesimpulan

Dari hasil penelitian, didapatkan jika terdapat pengaruh antara penggunaan smartphone dengan minat baca siswa sekolah dasar. Hal tersebut sesuai dengan analisis regresi linier sederhana yang didapatkan nilai konstanta -1,120. Nilai tersebut menunjukkan jika penggunaan smartphone yang konstan, maka minat baca menurun. Kemudian, untuk koefisien regresi pada variabel penggunaan smartphone ditemukan nilai 0, 422. Nilai tersebut menunjukkan jika penggunaan smartphone meningkat, maka minat baca akan meningkat.

Lalu, setelah dilakukan uji t hitung dari variabel penggunaan smartphone didapatkan bahwa nilai 4,842 lebih besar dari t tabel 2,000.  Nilai sig. sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 5% menunjukkan jika H1 diterima. Dengan begitu, terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan smartphone terhadap pengaruh minat baca siswa sekolah dasar.

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieka Cipta.

Kamah, Idris. 2001. Pola dan Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Baca juga: Contoh Laporan Penelitian

Itu dia paper penelitian yang dilengkapi dengan sedikit penjelasan mengenai struktur paper yang tepat. Pembuatan paper memang bisa dibilang cukup ringkas dibandingkan dengan pembuatan skripsi dan karya tulis ilmiah lainnya, tetapi penulisan paper juga membutuhkan proses penyusunan yang tidak mudah. Nah, semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk memahami struktur dan contoh  yang tepat ya.


Sumber:

Structure of a Research Paper: Tips to Improve Your Manuscript. (2020). Diakses pada 4 Mei 2021, dari enago.com.

Widodo, B. R. Susunan dan Tata Cara Membuat Paper untuk Pemula. Diakses pada 4 Mei 2021, dari academia.edu.

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *