Home Dunia Kerja Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Mencari pekerjaan merupakan salah satu momen yang paling membuat kita stress dan menegangkan. Mungkin kebetulan sobat baru saja lulus dari perguruan tinggi maupun sekolah menengah pertama dan berusaha untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Sobat yang hanya berijazahkan sekolah menengah atas tak perlu merasa minder dengan orang-orang lain yang mendapatkan gelar sarjana.

Kunci dari kesuksesan bukanlah dari ijazah sobat, namun juga dari usaha kerja keras yang sobat lakukan. Di Indonesia sendiri, lapangan perkerjaan dapat dikatakan tergolong cukup banyak; berbagai pilihan pekerjaan-pun tersedia dengan berbagai kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan. Kunci yang terpenting dalam mencari pekerjaan adalah jangan pernah malu berkerja apapun juga selama pekerjaan itu halal.

Ngomong-ngomong, membicarakan tentang pencarian pekerjaan, ada satu hal penting lagi yang perlu sobat lakukan untuk melamar pekerjaan, yaitu membuat surat lamaran kerja. Memang terkadang ada beberapa pekerjaan yang tidak memerlukan surat lamaran kerja (biasanya sobat akan langsung diajak bicara dengan pemilik usaha). Namun pada umumnya, jika sobat melamar pada sebuah perusahaan dan badan-badan usaha (menengah ke atas) sobat diharuskan untuk melampirkan sebuah surat lamaran kerja.

Satu hal yang perlu kalian ingat, cobalah untuk bersabar untuk menantikan hasil yang nantinya akan menentukan masa depan kalian. Karena bukan hanya kalian saja yang melamar pekerjaan itu, namun juga ratusan, ribuan, hingga ratusan ribu individual lainnya. Namun, tetaplah berjuang sebaik mungkin; buatlah surat lamaran pekerjaan yang semenarik mungkin.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, apakah sobat tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Kalau begitu sobat beruntung sekali, karena pada hari ini kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja kepada sobat sekalian. Tapi sebelumnya, kami akan memberikan tips dan beberapa penjelasan mengenai surat lamaran kerja terlebih dahulu.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Suasana di dalam kantor.
Sumber: assets.entrepreneur.com

Berikut ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat meningkatkan hasil dari surat lamaran kerja yang sobat buat, loh! Jadi, harap diperhatikan baik-ya, sobat!

  • Selalu gunakan Bahasa Indonesia yang baku dalam pembuatan surat lamaran kerja. Ingat, surat ini berjenis formal dan resmi jadi jangan sampai sobat menggunakan bahasa yang selengekan.
  • Pastikan surat terstruktur rapi dan urut, sesuai degan standar penulisan surat formal lainnya. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele.
  • Terdapat beberapa perusahaan yang lebih menghargai tulisan tangan ketimbang ketikan komputer, mengapa? Karena dengan tulisan tangan, karakterisitik dari sang pelamar akan terlihat.
  • Jangan lupa untuk melengkapi semua data yang diperlukan sebagai pendukung, ya! Pastikan data yang kamu lampirkan merupakan data asli dan tidak palsu. Seperti halnya ijazah sekolah, sertifikat-sertifikat, dan berbagai data penting lainnya.

Format yang Digunakan untuk Resume

The example of resume
Sumber: d.novoresume.com

Selanjutnya, mari kita memperlajari format yang umumnya digunakan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Perlu diingat, umumnya surat ijazah dilampirkan menjadi satu paket dengan surat lamaran yag sobat ajukan. Mari kita simak bersama:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran.
  • Jangan lupa sertakan nama perusahaan yang dituju.
  • Salam dan hormat kepada pimpinan perusahaan.
  • Lampirkan kata pengantar.
  • Masukan biodata pribadi lengkap.
  • Tuliskan semua skill dan pengalaman kerja yang pernah sobat lakukan.
  • Lalu tutup dengan penutup.

Setelah ini, mari langsung saja kita masuk ke dalam contoh surat lamaran kerja bisa sobat gunakan sebagai sumber referensi.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh 1

Bandung, 22 Februari 2020
Kepada Yth.
Kepala HRD The Guardian

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat lamaran kerja ini, saya mengajukan diri untuk dapat bergabung dengan Perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Berikut merupakan biodata lengkap saya, yang menulis surat ini:

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya lihat di lowongan pekerjaan Kompas pada tanggal 26 Maret 2020. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di The Guardian sebagai Content Creator.

Nama                           : Sore Prambodiya
Tempat & Tanggal lahir  : Bandung, 13 September 1992
Jenis Kelamin               : Perempuan
Email                           : sore@gmail.com
No. Telpon                    : 0812 777 777 777

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan:

  • Pas foto 4X6, 2 lembar.
  • Curriculum Vitae.
  • Foto Copy Ijazah Terakhir.

Saya sangat berharap dapat bergabung dan berkerjasama dengan Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Kesempatan wawancara sangat saya harapkan agar dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan diri saya. Atas perhatian dari Bapak / Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

(Sore Prambodiya)

Contoh 2

Surabaya, 1 Januari 2020
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Terang Mulia
Di tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama Lengkap                   : Ir. Constantine August.
Tempat Tanggal Lahir          : Jakarta, 13 Desember 1972
Jenis Kelamin                     : Laki-laki
Pendidikan Terakhir            : Sarjana Teknik (S.1)
No. Telpon                         : 0812 999 999 9999

Bersama dengan ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, untuk mengisi posisi yang sesuai dengan Bapak / Ibu pimpinan pertimbangkan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa dokumen yang saya mililki:

  1. Ijazah Sarjana.
  2. Transkrip Nilai Sarjana.
  3. Sertifikat kursus Computer Internet.
  4. Sertifikat kursus Bahasa Inggris.
  5. Sertifikat kursus AutoCad.
  6. Sertifikat kursus Microsoft Office.

Dengan demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk dapat bergabung dan bekerjasama dengan Perusahaan Bapak / Ibu.

Terima Kasih saya ucapkan atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat Saya,

Ir. Constantine August

Itulah beberapa contoh dari surat lamaran kerja yang dapat kami berikan kepada sobat sekalian. Kami harap, contoh tersebut dapat membantu dan menjadi sebuah referensi untuk pembuatan surat lamaran kerja kalian. Akhir kata, sukses selalu dan semoga beruntung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...