Home Penghasilan Dunia Kerja Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja

Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja

Setiap karyawan perusahaan swasta mempunyai hak untuk mendapatkan dokumen yang biasa disebut surat keterangan kerja. Biasanya, karyawan akan melakukan pengajuan dan meminta rekomendasi dari perusahaan.

Pada dasarnya, dokumen ini berisi tentang data karyawan maupun sikap dan kinerja selama bekerja di perusahaan tempat surat tersebut dikeluarkan. Ada beragam fungsi penting dari dokumen ini. Artikel ini akan membantumu memahaminya supaya kamu bisa menyiapkan dengan tepat.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

fungsi surat keterangan kerja
Sumber foto : www.givingcompass.org

Mencairkan dana JHT BPJS

Berdasarkan kebijakan terbaru, peserta BPJS Ketenagakerjaan diperbolehkan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar 10 persen atau 30 persen meskipun masih berstatus sebagai pekerja aktif. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir beserta fotokopi-nya.

Mengajukan Beasiswa

Pada tahap pendaftaran awal, seorang karyawan yang ingin mengajukan beasiswa tentu memerlukan surat keterangan bekerja yang sah dan dilegalisir oleh perusahaanmu. Persyaratan tersebut harus dilakukan ketika kamu hendak mengajukan beasiswa pada pemerintah atau pun swasta.

Melakukan Pinjaman ke Bank

Untuk mendapatkan persetujuan pinjaman oleh pihak bank, salah satunya dengan menyertakan surat keterangan bekerja. Terutama jika kamu mengajukan kredit pada item tertentu. Hal ini diperlukan agar bank dapat mempertimbangkan kemampuanmu dalam membayar pinjaman.

fungsi surat keterangan kerja
Sumber foto : www.masterfile.com

Membuat Kartu Kredit

Persyaratan ini juga berlaku ketika membuat kartu kredit. Dokumen paklaring akan membuktikan bahwa pemohon memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap untuk membayar cicilan kartu kredit jika pada saatnya digunakan.

Mendapatkan Visa/Paspor

Jika kamu memerlukan paspor untuk bertugas di luar negeri, maka kamu juga perlu mempersiapkan surat keterangan kerja. Biasanya disebut sebagai surat referensi, terutama untuk kunjungan kerja ke Negara di benua Eropa, Amerika dan Australia.

Dokumen ini menjadi jaminan jika ada hal yang tak terduga terjadi ketika kamu bertugas di luar negeri. Data-data yang tertera dalam dokumen mulai dari nama, periode travelling jabatan, gaji (sesuai permintaan kedutaan),serta keterangan biaya perjalanan apakah dijamin perusahaan atau biaya pribadi.

Melamar pekerjaan

Setiap karyawan yang mendaftar pada suatu perusahaan swasta maupun pemerintah seringkali mensyaratkan dokumen paklaring pada tahap rekrutmennya. Terutama jika kamu ingin menjabat pada posisi supervisor ke atas. Dengan adanya dokumen ini, maka perusahaan dapat melihat rekam jejak karir pada perusahan sebelumnya. Hal ini karena posisi yang diinginkan juga strategis, sehingga HRD harus benar-benar jeli memperhatikan track record karyawan baru.

Bentuk Surat Keterangan Kerja yang Tepat

Secara umum, surat keterangan kerja berisi: Kop surat yang berisi nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon kantor tempat kamu bekerja. Kemudian kamu juga harus mengisi perihal surat. Jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan informasi pada bagian is mulai dari:

  • Nama karyawan
  • Jabatan karyawan
  • Nomor identitas diri (KTP)

Pihak perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut akan menjelaskan bahwa kamu benar bekerja di perusahaan tersebut. Dilengkapi dengan informasi rentang jabatan atau posisi, periode bekerja, dan posisi terakhirnya.

Baca juga: Perbedaan Cover Letter, CV dan Resume yang Diketahui Jobseeker

Hal paling penting adalah adanya legalitas berupa tanda tangan personalia, cap perusahaan dan keterangan yang jelas. Selanjutnya kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhanmu.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Berikut ini beberapa contoh dari surat keterangan kerja yang baik dan benar :

contoh surat keterangan kerja
Sumber foto : id.pinterest.com

contoh surat keterangan kerja
Sumber foto : www.ruangguru.co.id

contoh surat keterangan kerjacontoh surat keterangan kerja
Sumber foto : alphapay.id

contoh surat keterangan kerja
Sumber foto : alphapay.id

Jadi Kamu sudah tahu sekarang bagaimana format surat keterangan kerja yang baik dan benar beserta contoh-contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu ya!

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...