Home Kampus Mengenal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI)

Mengenal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI)

Mungkin bagi beberapa masyarakat Indonesia akan sedikit asing jika mendengar STP Bandung. Nama Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung pun juga masih kurang familiar di telinga orang Bandung sendiri. Hal ini dikarenakan, orang Bandung lebih mengenal institusi ini dengan sebutan NHI (National Hotel Institute) yang merupakan nama lama dari sekolah tinggi ini

Walaupun kurang dikenal masyarakat awam, akan tetapi hampir seluruh insan pariwisata mengenal sekolah tinggi ini. Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung adalah salah satu sekolah tinggi  yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata.

STP-NHI Bandung merupakan sekolah tinggi pariwisata tertua di Asia Pacific. Maka dari itu, pihak manajemen kampus selalu menjaga kualitas lulusan STP agar tetap menjadi lulusan terbaik di industri pariwisata baik skala nasional maupun hingga di kancah internasional.

Jadi sudah pasti nama sekolah tinggi yang satu ini dikenal oleh seluruh tenaga pariwisata.

Profil Kampus

Logo STP-NHI Bandung
Sumber : stp-bandung.ac.id

Sejarah dari STP-NHI Bandung  bermula dari didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) di tahun 1959. SKP ini merupakan sekolah menengah atas kejuruan di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun seiring berjalannya waktu,nama Sekolah Kejuruan ini sering berganti. Di tahun 1962 sekolah Kejuruan ini berubah menjadi Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoranan (SKPP) di bawah Departemen Perhubungan Darat. Lalu pada 11 Maret 1963, didirikan Akademi Perhotelan dan Perestoranan (APP) dengan lama pendidikan 3 tahun sebagai kelanjutan dari SKP.

Kemudian pada tanggal 8 Maret 1965, APP  berganti nama lagi menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN) yang merupakan pendidikan tinggi pertama di Indonesia dalam bidang Perhotelan.

Setelah itu pada 7 Maret 1967, Departemen Perhubungan menggabungkan APN dan SKPP menjadi Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR). Dan pada 6 Januari 1970, namanya kembali berubah menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN).

Kemudian, di tanggal 21 Juli 1973, Akademi Pariwisata Nasional berubah nama menjadi National Hotel Institute atau NHI, hal ini dikarenakan pada tahun 1973 Pemerintah Indonesia mengadakan kerja sama dengan pemerintah Swiss dalam bidang pendidikan pariwisata.

Kemudian pada tanggal 21 Juli 1979, NHI dikembangkan menjadi National Hotel & Tourism Institute (NHTI) dengan penambahan jurusan Usaha Perjalanan Manajemen Wisata.

Lalu pada tanggal 11 November 1981, National Hotel & Tourism Institute  berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung yang bernaung di bawah Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.

Dan pada tanggal 1 November 1993, BPLP Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dengan penambahan pendidikan Diploma IV. Dan mulai 2009 sudah mulai ada S1.

Lokasi dan Lingkungan STP-NHI Bandung

Gedung STP NHI Bandung
Sumber : stp-bandung.ac.id

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung terletak di  Jl. Dr. Setiabudi No.186, Kota Bandung. Lokasinya sangat strategis karena berada tepat di Jalan raya.

Karena dekat dengan perbatasan Kabupaten Bandung Barat, Sekolah Tinggi Pariwisata – NHI Bandung berada dekat dengan beberapa tempat wisata, terutama di daerah Lembang.

Lingkungan di sekitar STP-Bandung merupakan daerah yang ramai dengan universitas ataupun kampus-kampus lain seperti UNPAS, UPI, ITB, dan lain-lain. Mayoritas penduduk di sekitar Sekolah Tinggi Pariwisata-NHI Bandung ini membuka usaha indekos yang harga sewanya beragam. Jadi untuk parah calon mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah Bandung, tidak perlu pusing mencari daerah kosan yang deat dengan kampus.

Selain itu, Sekolah Tinggi Pariwisata – NHI Bandung juga sangat dekat dengan berbagai tempat makan dan nongkrong. Sebut saja warung surabi & surabi ENHAI yang jika memesan pada malam hari dapat dipastikan untuk menunggu hingga 1 jam akibat sangat ramai, dan juga lokasi yang dekat dengan berbagai restoran lainnya.

Rata-rata warung maupun restoran yang berada di sekitar STP-NHI Bandung ini, buka hingga 24 jam. Harga yang ditawarkan pun relative terjangakau untuk kantong mahasiswa.

Meskipun terbilang cukup ramai, namun tak perlu khawatir karena lokasi STP-NHI Bandung ini dekat dengan pos Polisi serta SECAPA-AD (Sekolah Calon Perwira-Angkatan Darat.

Selain dari tempat makan, kosan, dan destinasi wisata yang dekat dengan lokasi kampus,  untuk menunjang tugas-tugas perkuliahan di seberang kampus STP-NHI Bandung terdapat banyak sekali tempat fotocopy serta warung yang menjual berbagai keperluan yang diperlukan mahasiswa.

Untuk sarana penunjang kegiatan belajar di sekolah tinggi pariwisata Bandung sendiri, bisa dikatakan sudah sangat memadai. Mulai dari  fasilitas umum seperti ruang kelas yang dilengkapi dengan komputer & projector, perpustakaan yang sudah dilengkapi dengan computer bagi mahasiswa yang membutuhkan akses, laboratorium dan ruang belajar mandiri bahasa, laboratorium komputer, hingga gedung olah raga yang dilengkapi gym dan tentu saja, wifi gratis untuk seluruh warga STP-NHI Bandung.

Selain itu, kampus STP-NHI bandung juga memiliki 4 kafetaria yang ada di lokasi kampus. Untuk urusan harga, dijamin terjangkau kantong mahasiswa namun kualitas dan rasa makanan dan minuman yang ditawarkan bisa diacungi jempol.

Walaupun luas keseluruhan dari area STP-NHI Bandung juga tidak terlalu besar. Untuk urusan keamanan dijamin sangat aman. Ini dikarenakan di setiap area dan gedung di STP-NHI Bandung memiliki pos satpam yang berjaga 24 jam.

Untuk area parkiran di sekolah tinggi pariwisata Bandung, terdapat 3 area yang terbagi di 2 pintu masuk sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Pintu utara adalah pintu masuk bagi para mahasiswa yang boleh diakses secara bebas. Sedangkan pintu selatan adalah gerbang masuk khusus untuk dosen dan juga tamu karena lokasinya berdekatan dengan gedung rektorat Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Salah satu kelebihan dari Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung dibandingkan dengan kampus pariwisata lainnya adalah kelengkapan fasilitas untuk menunjang proses praktek kerja yang sudah sangat lengkap untuk seluruh mahasiswa STP-NHI Bandung.

Yang pertama terdapat hotel praktik bernama ENHAI Hotel yang juga dibuka untuk umum. Hal ini maksudkan agar mahasiswa yang sedang melakukan praktek selama masa perkuliahan dapat merasakan langsung bagaimana dunia kerja di industry pariwisata yang sebenarnya.

Kemudian, ada juga ruang simulasi untuk masing-masing jurusan seperti studio untuk jurusan pariwisata melakukan penelitian atau presentasi, restoran praktik yang dinamakan nusantara restoran yang digunakan oleh program studi manajemen tata boga dan menejemen tata hiding untuk melakukan praktek setiap minggunya, dan yang tak kalah mengagumkan adalah laboratorium komputer khusus untuk reservasi penerbangan online yang berbasis system Abacus & Galileo untuk praktek bagi mahasiswa jurusan perjalan yang dilengkapi 24 komputer.

Tidak hanya itu saja, di STP-NHI Bandung juga terdapat ruang simulasi reservasi penerbangan, ruang simulasi pemanduan wisata / bus wisata, ruang simulasi travel dan counter perusahaan penerbangan.

Jadi tidak peru diragukan lagi mengenai kualifikasi kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dan lulusan dari Sekolah Tinggi Pariwisata-NHI Bandung.

Transportasi di STP-NHI Bandung

Meski memiliki bus kampus yang terbilang cukup banyak, STP-NHI Bandung sendiri tidak menyediakan transportasi khusus mahasiswa, namun demikian akses untuk mencapai lokasi  perkuliahan relatif mudah dicapai dengan berjalan kaki. Udara kota Bandung yang sejuk juga cocok untuk berjalan kaki atau bersepeda ke kampus.

Untuk fasilitas bus kampus, ini disediakan pihak kampus untuk memfasilitasi perjalanan studi lapang para mahasiswa ke berbagai daerah.

Luas dari STP-NHI Bandung sendiri juga tidak terlalu besar. Ini menyebabkan mahasiswa tidak memerlukan transportasi untuk berkeliling kampus.

Suka Duka Kuliah Di STP-NHI Bandung

Suka duka kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung sangat banyak. Banyak pengalaman yang akan didapatkan selama berkuliah di STP-NHI Bandung. Antara lain:

Kemudahan Biaya Sekolah

Banyak masyarakat yang selama ini yang mengatakan masuk STP itu sangat mahal dan tidak terjangkau. Padahal nyatanya kuliah dengan standard internasional di salah satu kampus bergengsi di Asia ini tergolong sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kampus pariwisata lainnya di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Unpad

Hal ini disebabkan oleh kebijakan untuk tidak memungut biaya perjalanan dari para mahasiswa selama melakukan studi lapangan. Untuk tiap semesternya diadakan sebanyak 2x studi perjalanan untuk tiap program studi. Selain itu, STP-NHI Bandung juga menyediakaan beasiswa bagi para murid yang berprestasi.

Belajar Sambil Jalan-Jalan

Diatas sudah dijelaskan bahwa, dalam tiap semestenya para mahasiswa akan mendapatkan 2x studi lapangan gratis. Hal ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa. Karena tidak jarang selama studi lapangan, tidak terkesan sebagai tugas namun sebagai liburan gratis.

Walaupun tentu saja ada tugas yang wajib dikerjakan dan juga dippertanggung jawabkan selama studi lapangan, namun ini dikemas dengan sangat menarik sehingga lebih terkesan sebagai liburan bukan sebagai penelitian ataupun tugas kampus.

Kuliah Menggunakan Seragam

Seragam Dari Mahasiswa STP-NHI Bandung
Sumber : Dokumentasi Penulis

Mungkin bagi sebagian orang, dunia perkuliahan identik dengan baju dan dandanan yang bebas. Namun, hal ini tidak berlaku jika kalian masuk di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung. Hal ini dikarenakan, seluruh mahasiswa dan dosen di Sekolah Tinggi pariwisata Bandung dituntut untuk rapih baik dari segi penampilan maupun akhlak.

Penggunaan seragam wajib hukumnya bagi para mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Dan seragam yang digunakan juga merupakan kebanggan tersendiri. Karena selama kuliah, mahasiswa akan diwajibkan untuk menggunakan atribut lengkap seperti seragam teori, dasi, sabuk, dan sepatu pantofel.

Untuk para pria, rambut wajib klinis dan tidak boleh panjang. Selain itu, kumis, jenggot dan sebagainya adalah hal terlarang untuk para mahasiswa pria di STP-NHI Bandung. Makanya tidak mengherankan jika para laki-laki di STP-Bandung banyak yang membawa alat cukur dalam tas mereka.

Untuk para wanita, aturannya tidak seketat para pria. Hanya saja untuk rambut wajib di ikat rapih, tidak diijinkan berwarna.

Hal ini dimaksudkan untuk selalu tampil secara rapih dan juga profesional dimanapun kalian berada.

Ikatan Kekeluargaan Diantara Para Mahasiswa

Selama proses perkuliahan, para mahasiswa akan berada di kelas yang sama tanpa adanya pergantian anggota kelas. Ini akan menjadikan para mahasiswa yang kompak dan solid.

Bertahan selama 4 tahun melalui segala suka maupun duka bersama, bukanlah hal yang mudah. Namun inilah yang menjadi kenangan yang terbesit bagi seluruh mahasiswa di STP-NHI Bandung. Mahasiswa STP NHI Bandung memiliki slogan “Spirit, Power, And Unity”. Ikatan kekeluargaan ini akan dibawa hingga setelah lulus dari kampus.

Nah, itulah sukanya kuliah di STP-Bandung dan untuk dukanya hampir tidak ada karena kuliah di STP-NHI Bandung terasa amat-sangat menyenangkan.

Jurusan Dan Program Studi di STP-NHI Bandung

Karena STP-NHI Bandung adalah sekolah tinggi, maka didalamnya tidak ada fakultas melainkan diganti dengan jurusan dan program Study.

Namun, untuk sekarang penggunaan istilah jurusan secara nomenklatur sudah tidak digunakan. Dan langsung dibagi per program studi. Akan tetapi terdapat 3 konsentrasi (jurusan) di STP-NHI Bandung

Berikut ini adalah pembagian jurusan serta prodi di STP-NHI Bandung:

Jurusan Hospitaliti

  • Studi Akomodasi dan Katering
  • Administrasi Perhotelan
  • Manajemen Divisi Kamar
  • Manajemen Tata Hidang
  • Manajemen Tata Boga
  • Manajemen Patiseri

Jurusan Kepariwisataan

  • Studi Destinasi Pariwisata
  • Manajemen Bisnis Pariwisata
  • Manajemen Destinasi Pariwisata

Jurusan Perjalanan

  • Studi Industri Perjalanan
  • Manajemen Bisnis Perjalanan
  • Manajemen Bisnis Konvensi & Event
  • Manajemen Pengaturan Perjalanan

Kontak

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.186, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141

Telepon: (022) 2011456
Website: http://stp-bandung.ac.id/
Email: contact@stp-bandung.ac.id
Instagram: https://www.instagram.com/stpnhi_bandung/
Twitter: https://twitter.com/infostpb


Sumber:

http://stp-bandung.ac.id/

Thomy
Thomyhttps://idinfoid.blogspot.com/
Hi, Perkenalkan, Saya Thomy Alumni STP-NHI Bandung jurusan Kepariwisataan Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...