Home Seni & Musik Sejarah Perkembangan Drama di Dunia

Sejarah Perkembangan Drama di Dunia

Drama yang saat ini dipentaskan di atas panggung teater ataupun ditampilkan melalui media, bisa kita nikmati dengan karya yang sangat beragam. Ini menjadi salah satu kesenian yang tersebar di hampir seluruh negara di dunia. Tapi, tahukah Kamu bagaimana sejarah awal munculnya sampai sekarang jadi karya seni yang bisa diterima semua kalangan?

Awalnya drama berkembang khususnya dari bangsa Romawi dan Yunani. Mungkin kita banyak mendengar seperti itu, tapi ternyata ceritanya lebih panjang dari itu. Kalau Kamu ingin tahu seperti apa sebenarnya perkembangan drama melewati berbagai jaman, bisa ikuti ulasannya di bawah ini.

Drama Jaman Romawi

drama bangsa romawi
Sumber foto : timetoast.com

Drama romawi muncul dari perkembangan aktivitas keagamaan orang-orang bangsa romawi. Ceritanya tidak jauh-jauh dari aktivitas pemujaan terhadap para dewa mereka. Dalam setiap pementasan, panggung sengaja dibuat sedemikian megah. Ceritanya mengisahkan tiga tokoh utama, yaitu Plutus, Lucius Seneca dan Terence.

Drama Jaman Yunani

drama bangsa yunani
Sumber foto : gapurasejarah.blogspot.com

Tak beda jauh dengan drama bangsa Romawi, di Yunani hal ini juga berkaitan dengan upacara penyembahan terhadap para dewa. Tapi umumnya cerita dibuat dalam jenis tragedi yang mengisahkan tentang perjuangan dari manusia dalam menyembah dewa-dewanya. Biasanya jenis drama ini prolognya cukup panjang dengan durasi totalnya sekitar 1 jam. juga terdapat selingan berupa paduan suara diantara plotnya.

Baca juga: Cara Mengola Blocking Drama

Selain drama jenis tragedi juga terdapat jenis komedi. Itu muncul sebagai bentuk sindiran terhadap drama-drama tragedi yang sengaja dibuat supaya lucu. Inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya drama komedi. Meskipun tak semegah drama romawi, tapi penataan panggung drama bangsa Yunani juga masih tergolong mewah.

Drama Abad Pertengahan

drama abad pertengahan
Sumber foto : wawasansejarah.com

Untuk drama masa ini, penataan panggung lebih sederhana, tak semegah drama bangsa Yunani ataupun Romawi. Yang termasuk masa ini adalah tahun 1500an, dimana Gereja Katolik masih sangat besar di Eropa. Terlihat salah satunya dari nyanyian dalam pementasan drama, dinyanyikan oleh para koor Gereja atau para rahib.

Hingga suatu waktu, pihak gereja tak mengijinkan lagi dilakukan pementasan drama di dalamnya. Panggung akhirnya berpindah ke lapangan-lapangan atau bahkan jalanan. Tentu saja dengan nuansa cerita yang lebih berbeda, biasanya tentang pengetahuan, kemiskinan atau kebijakan.

Drama Masa Elizabeth I

drama masa Elizabeth
Sumber foto : elizabethanenglandlife.com

Masa ini terjadi antara tahun 1558 sampai 1603, yang meskipun cukup singkat tapi perkembangan dari seni drama cukup pesat. Saat ini juga yang melahirkan seniman drama terkenal William Shakespeare. Bukan tanpa alasan, karena Ratu Elizabeth I sangat mendukung untuk drama berkembang. Ia memprakarsai pendirian berbagai teater untuk pertunjukan drama.

Salah satu ciri khas dari karya drama pada jaman ini adalah dialognya yang cenderung panjang dan puitis. Drama tragedi dan komedi yang bertolakbelakang, disini bisa digabungkan menjadi satu, melahirkan jenis drama tragekomedi.

Drama Tradisional Indonesia

drama tradisional indonesia
Sumber foto : steemit.com

Sedangkan untuk sejarah seni drama di negara Indonesia dimulai pada sebelum jaman Hindu. Seperti bangsa Romawi dan Yunani, drama oleh masyarakat Indonesia dulu juga digunakan untuk mendukung berbagai upacara keagamaan. Jenisnya cukup beragam, seperti drama tragedi, komedi, surealis dan drama kerakyatan.

Baca juga: Penokohan Drama

Ternyata perjalanan sejarah seni drama cukup panjang dan berasal dari berbagai macam bangsa. Masing-masing pun meskipun ada kemiripan tapi juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Memang keragaman seni sangat mengagumkan dan tak pernah habis untuk dipelajari. Jadi untuk Kamu yang sedang belajar seni, jangan pernah bosan, karena ada banyak sekali hal untuk dipelajari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...