Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Prancis

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Prancis

Bonjour ! Kalau dilihat dari namanya mungkin banyak orang akan berpikir ‘Kuliah Sastra Prancis, untuk apa?’ atau ‘Hah, Sastra Prancis? Harus bisa ngomong bahasa Prancis dong?’ atau juga ‘Wah susah ya kalau belajar itu”. Eits, tak kenal maka tak sayang. Yuk simak apa itu jurusan Sastra Prancis dan apa saja yang dipelajari.

Apa itu Jurusan Sastra Prancis?

Sastra Prancis
Sumber: pixabay.com

Jurusan Sastra Prancis adalah bidang studi yang mempelajari tidak hanya sastra tetapi juga bahasa, budaya, sejarah, dan kehidupan terkini masyarakat Prancis. Sastra Prancis dapat menjadi bagian sebuah jurusan atau program studi (di bawah jurusan) tergantung kebijakan universitas. Tidak hanya kajian sastra, ada juga jurusan bahasa Prancis yang mempelajari ilmu kependidikan, yaitu Pendidikan Bahasa Prancis.

Di Indonesia, ada banyak universitas negeri yang mempunyai jurusan tersebut, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Brawijaya.

Lulusan Strata Satu Sastra Prancis dapat bergelar S.S (Sarjana Sastra) atau S.Hum (Sarjana Humaniora). Untuk melanjutkan studi ini di program master, kamu dapat mengambil jurusan Ilmu Linguistik atau Ilmu Susastra.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sastra Prancis?

Seperti jurusan perkuliahan pada umumnya, Sastra Prancis memiliki aspek teori dan praktek. Di awal semester kamu akan diajarkan tingkat bahasa paling dasar dan juga mata kuliah lainnya. Jadi, jangan khawatir jika kamu tidak memiliki basic bahasa Prancis. Kamu akan diberi pengenalan bahasa Prancis dari tingkat pemula sampai mahir. Di beberapa universitas, biasanya akan mendatangkan penutur asli (native speaker) untuk mengajar di kelas dalam kurun waktu tertentu. Seru, kan?

Untuk buku pengantar 4 kompetensi dasar, pada umumnya berbahasa Prancis penuh tetapi jangan takut karena dosen akan menjelaskannya di kelas dan kamu juga akan paham seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, kamus lengkap bahasa Prancis sangat wajib dimiliki setiap mahasiswa Sastra Prancis. Kamus Indonesia-Prancis juga tak kalah penting loh.

Alasan Kuliah di Jurusan Sastra Prancis

studi di Prancis
Sumber: indonesie.campusfrance.org

Banyak alasan untuk kamu yang ingin mengambil jurusan kuliah satu ini. Selain pasti dibilang ‘Wah keren ya bisa bahasa Prancis’, ada juga tuntutan zaman yang mengharuskan kamu memiliki kemampuan bahasa asing lain selain bahasa Inggris, contohnya bahasa Prancis.

Bahasa Prancis merupakan bahasa yang digunakan terbanyak kelima di dunia, loh, setelah bahasa Cina, Inggris, Spanyol, dan Arab. Bahasa ini digunakan sebagai bahasa resmi PBB dan Olympic Games. Bahasa Prancis juga merupakan bahasa asing kedua terbanyak dipelajari dengan lebih dari 50 juta orang di dunia dan merupakan bahasa resmi di 32 negara dan pemerintahan.

Selain itu, negara Prancis juga memiliki hubungan diplomatik yang baik dengan Indonesia di sektor pendidikan, pariwisata maupun ekonomi yang dapat membuka peluang kerja lebih luas. Sebagai contoh, di sektor pendidikan, pemerintah Prancis ataupun swasta banyak membuka beasiswa di berbagai bidang master dan doktor bagi mahasiswa asing.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sastra Prancis?

bahasa Prancis
Sumber: francophonieuk.com

Jurusan Sastra Prancis tidak hanya belajar ‘sastra’ negara Prancis, melainkan terdapat beragam mata kuliah untuk jurusan ini. Secara umum, bidang yang dipelajari selain empat kompetensi dasar, terdapat juga bidang sastra, linguistik, sejarah, dan budaya.

Empat Kompetensi Dasar

Dalam belajar bahasa Prancis, terdapat 4 kompetensi dasar yang harus dikuasai yaitu pemahaman bicara (compréhension orale), pemahaman tertulis (compréhension écrite), produksi oral (production orale), dan menulis (production écrite). Keempat kompetensi tersebut memiliki kategori sesuai kemampuan belajarnya yaitu A1, A2, B1, B2, C1, dan C2.

Sebagai informasi, A1-A2 setara dengan tingkat dasar (beginner and elementary). B1-B2 adalah tingkat menengah (intermediate and upper intermediate) dan C1-C2 tingkat tinggi (advanced and proficient). Biasanya di perkuliahan akan diajarkan sampai tingkat setara B1. Ngomong-ngomong, jika kamu ingin memiliki sertifikat kemampuan bahasa Prancis, kamu bisa mengikuti ujian seperti TOEFL yang bernama DELF (Diplôme d’études en langue française) dan berlaku seumur hidup. Sertifikat ini didapatkan di luar perkuliahan, ya.

Sastra

Kamu pernah mendengar nama Albert Camus, Alexandre Dumas, Guy de Maupassant atau Jules Verne? Karya-karya mereka banyak diterjemahkan ke dalam bahasa kita loh. Di bidang sastra ini, kamu akan lebih mengetahui tentang penulis-penulis terkenal Prancis lainnya. Kamu tidak hanya belajar tentang karya sastra seperti  puisi, prosa, atau roman. Ada juga drama, cabang ilmu sosiologi sastra, antropologi sastra, dan sebagainya.

Linguistik

Di bidang linguistik, hampir sama seperti linguistik bahasa Indonesia. Ada mata kuliah tata bahasa, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik atau semacamnya. Penerjemahan juga ada. Baik dari bahasa Indonesia ke bahasa Prancis atau sebaliknya.

Sejarah

Gak mungkin kan kalau kita belajar bahasa negara asing tanpa tahu sejarah negaranya? Nah, di bidang sejarah ini, kamu akan belajar asal usul penduduk, negara, bahkan bahasa Prancis. Kamu juga akan tahu raja-raja yang pernah memimpin negara tersebut dan revolusi Prancis dari negara kerajaan menjadi negara republik.

Budaya

Di bidang budaya, kamu akan belajar seputar kehidupan Prancis masa kini, multikulturalisme di Prancis, pariwisata, kesekretariatan, film, dan studi antar budaya Prancis dan Indonesia. Ada juga loh pelajaran tentang dongeng, legenda, atau mitos yang berkembang di masyarakat Prancis.

Tidak hanya itu, ada juga mata kuliah kewirausahaan. Kamu bisa mengekspresikan kreativitas dan kemampuan kamu untuk berwirausaha yang dapat terinspirasi dari negara atau hal yang berbau Prancis. Semua mata kuliah tersebut kembali lagi kepada universitas masing-masing, ya. Bisa jadi terdapat inovasi baru yang sesuai dengan trend dan kurikulum yang berlaku.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Prancis

pengajar
Sumber: ifi-id.com

Kalau ada yang bilang lulusan sastra memiliki cakupan kerja yang lebih luas, itu bisa dikatakan benar adanya. Banyak bidang yang bisa menjadi prospek kerja lulusan Sastra Prancis baik itu bidang pendidikan, budaya, dan pariwisata. Beberapa contohnya yaitu:

Pengajar Bahasa Prancis

Bahasa Prancis tidak hanya ditemukan di jurusan universitas tetapi juga di sekolah menengah atas atau SMA. Kamu bisa menjadi dosen atau guru, nih. Di luar itu, terdapat juga lembaga kursus untuk bahasa asing.

Baca juga: Mengenal Jurusan Pariwisata

Salah satunya kamu bisa menjadi pengajar di IFI (Institut Français d’Indonésie), lembaga yang melaksanakan seluruh aksi kerja sama budaya antara Prancis dan Indonesia. Di sana, kamu bisa mengajarkan bahasa Prancis untuk pelajar, umum atau karyawan di perusahaan atau dinas yang terkait.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjadi pengajar bahasa Indonesia untuk orang Prancis, loh. Semua itu dengan catatan kamu memiliki keterampilan bahasa Prancis yang sangat baik, ya. Atau jika mau, kamu bisa membuka kursus sendiri yang sesuai dengan level kamu.

Penulis

Bidang yang satu ini memang sastra banget. Karya sastra atau karya ilmiah yang kamu baca dan pelajari di perkuliahan bisa menambah wawasan kamu dalam khazanah penulisan. Kamu bisa menjadi penulis novel, puisi, naskah film, artikel, atau karya ilmiah lainnya.

Penerjemah

Kamu berpikir kalau penerjemah itu hanya untuk menerjemahkan ke dalam bentuk kamus? Kamu salah besar! Kamu bisa menjadi penerjemah untuk buku, novel, artikel, dokumen, atau film yang berbahasa Prancis. Bagi lembaga, dinas, dan kementrian, mereka juga membutuhkan seorang penerjemah baik itu secara lisan atau tulisan.

Pemandu Wisata

Banyak turis asing terlebih dari Prancis yang memilih untuk berlibur ke Indonesia. Kamu yang hobi jalan-jalan dan ‘jago ngomong’ cocok banget untuk bidang kerja yang satu ini. Pemandu wisata atau istilah kerennya tour guide, tidak hanya bisa dilakukan di dalam negeri tetapi juga di negara Prancisnya langsung. Keren gak tuh.

Pengusaha

Yang satu ini mungkin bisa dilakukan oleh setiap orang. Bagi kamu lulusan Sastra Prancis, kamu juga bisa menjadi pengusaha contohnya membuka biro perjalanan loh, terlebih untuk turis asal Prancis. Kalau tidak di bidang pariwisata, kamu juga bisa membuka usaha lain yang terkait dengan jurusan kamu ini.

Tips Kuliah Jurusan Sastra Prancis

how to learn french
Sumber: ila-france.com

Ada beberapa tips yang perlu kamu ingat jika kamu mau atau sedang kuliah di jurusan ini agar tidak hilang arah.

Jangan Takut

Namanya juga bukan penutur asli (native speaker), lidah kamu pasti memiliki dialek atau logat yang tidak sama dengan mereka. Hal itu bukanlah perkara besar karena dosen ataupun native speaker juga pasti memahami dan memaklumi pelafalan kamu apalagi masih berada di fase belajar.

Mereka akan sangat mengapresiasi kamu yang mau belajar bahasa Prancis. Jadi jangan takut gak bisa! Teruslah berlatih membaca, berbicara dan pemahaman kamu, ya. Baik itu di dalam kelas atau di luar kelas bersama dosen atau teman-teman agar menjadi lebih baik.

Jangan Malu

Kamu belum terlalu banyak mengetahui kata dalam bahasa Prancis? Kamu masih salah mengeja kata? Jangan malu untuk salah! Memang banyak kata yang terdengar sangat asing bagi kamu. Banyak juga kata yang mirip dengan bahasa Inggris tetapi memiliki bunyi, penulisan atau arti yang berbeda. Hal itu dapat dimaklumi karena lagi-lagi kamu masih ada di fase belajar. Maka dari itu, jangan malu untuk memulai lagi dan belajar lebih giat agar kamu semakin menguasai bahasa negara romantis ini.

Jangan Malas

Anak sastra malas membaca buku? Anak bahasa asing malas berlatih? Duh, buang jauh-jauh deh sifat yang satu ini karena benar-benar tidak ada gunanya. Semakin banyak buku yang kamu baca akan semakin menambah wawasan kamu tentang negara Prancis. Pun semakin banyak berlatih juga akan membuat kamu tambah fasih dalam berbicara bahasa Prancis.

Jangan Cepat Puas

Wah kalau sudah di tahap ini, pasti kamu berada di tingkat yang lebih tinggi atau sebelumnya pernah mendapat pelajaran ini saat di luar perkuliahan. Jika kamu punya perasaan seperti ini lebih baik gak usah disimpan ya. Terus eksplorasi kata dan info terbaru yang sesuai dengan mata kuliah kamu. Ingat semakin sering kamu belajar, semakin banyak juga ilmu yang kamu dapat.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Indonesia

Mempelajari bahasa asing itu memang gampang gampang susah. Nah, dengan mempelajari bahasa baru dan budaya baru, kamu menjadi lebih terbuka dan memiliki sudut pandang yang baru juga. Setelah menyelesaikan studi ini, semua kembali lagi nih ke diri kamu. Kamu punya kesempatan untuk mencoba dan menjadi apa yang kamu mau karena ilmu yang sudah diperoleh telah menjadi jembatan kamu untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Bon courage!


Sumber:

www.francophonie.org

Verent
Verenthttps://gerberarouge.wordpress.com/150-2/
Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Ilmu sastranya? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Pakaian Adat Bangka Belitung Serta Pembahasannya

Bangka Belitung sudah lama terkenal sebagai daerah yang punya pantai-pantai cantik, penghasil timah, serta kerukunan masyarakatnya meskipun hidup dengan berbeda-beda etnis. Namun, selain hal...

Pakaian Adat Kalimantan Utara Serta Penjelasannya

Kalimantan Utara tergolong salah satu provinsi yang baru terbentuk sejak proses pemekaran dari Kalimantan Timur yang dilakukan pada awal tahun 2000-an. Meskipun terbentuknya provinsi...

Pakaian Adat Sulawesi Barat Serta Pembahasannya

Sebuah pakaian pastinya mempunyai fungsi utama sebagai penutup tubuh. Namun, terkadang suatu pakaian juga mempunyai fungsi lainnya seperti pada pakaian adat yang punya fungsi...

Pakaian Adat Sulawesi Tengah Serta Penjelasannya

Berlokasikan di tengah Pulau Sulawesi, Sulawesi Tengah ternyata mempunyai wilayah terluas dari wilayah Sulawesi Lainnya. Luasnya wilayah yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah ini membuat...

Contoh Bioteknologi dalam Kehidupan

Apakah kamu suka minum yoghurt? Tahukah kamu jika yoghurt itu adalah contoh produk dari bioteknologi? Lalu, apakah kamu tahu apa bioteknologi itu? Di SMP kamu...