Home Dunia Kampus Tugas Contoh Resensi Buku dan Pengertiannya

Contoh Resensi Buku dan Pengertiannya

Meresensi buku itu seperti “Menyelam sambil minum air”. Orang yang meresensi buku akan terdorong untuk membaca buku sehingga bisa mengasah ilmu pengetahuan untuk mencari solusi atas masalah di sekitar. Tengok saja para pemimpin Indonesia, seperti Soekarno dan Hatta mereka bisa menyumbang ide membangun bangsa melalui kebiasaan membaca buku.

Selain itu orang yang meresensi buku akan terdorong menulis apa yang telah dipahami selama membaca. Tujuaanya suapaya ilmu yang diserap dari buku bacaan bisa membantu memecahkan masalah masyarakat dan menaburkan kebermanfaataan bagi sesama.

Selain itu kamu bisa mendapat bonus lho. Ya ketika kamu mengirim hasil resensi di media maka akan mendapat honor, hitung-hitung untuk beli kuota, Go Pay, Ovo, online shop. Asyik kan, tapi apa itu resensi buku dan bagaimana contohnya? Yuk simak pembahasan di bawah ini ya!

Definisi resensi buku

pengertian dan contoh resensi buku
Sumber foto : www.goodhousekeeping.com

Resensi mempunyai arti melihat kembali, menimbang atau menilai. Asal kata tersebut berasal dari bahasa latin dengan kata asli revidere atau recensere. Menurut kamus KBBI, resensi yaitu sebuah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku.

Sedangkan menurut WJS. Poerwadarminta menyatakan bahwa resensi yaitu perbincangan yang di muat di media terkait kelebihan atau kekurangan, mengkritik dan memberikan pertimbangan bagi pembaca untuk membaca atau membeli buku itu.

Dari pengertian itu dapat disimpulkan bahwa resensi buku adalah kegiatan mengulas atau menulis kembali pembahasan pada buku, memberikan penilaian  atau mengkritik isi buku dalam suatu media.

Tujuan resensi buku supaya memberikan informasi yang menyeluruh tentang isi buku sehingga pembaca bisa mengetahui garis besar isi buku dan membantu untuk mempertimbangkan dalam memilih buku bacaan.

Struktur resensi buku

  1. Indentitas buku yang mencakup: judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, ukuran dan harga buku.
  2. Isi: sinopsis, keunggulan dan kelemahan buku.

pengertian dan contoh resensi buku
Sumber foto : www.inc.com

Contoh resensi buku

Berguru News Anchor Pada Najwa Shihab
Pengarang: Brilianto K. Jaya
Penerbit: Republika
Tahun terbit: 2014
Tebal: 122 halaman
Harga: Rp. 35.000

Sinopsis

Buku ini mengulas perjalanan karir Najwa Shihab yang berkecimpung di dunia news anchor, dimulai dari masa kecil sampai sukses menjadi news anchor di acara Mata Najwa.

Najwa sejak kecil sudah pandai meniru gaya reporter di tv. Lalu saat skripsi dia magang di Seputar Indonesia RCTI, mulailah tumbuh kecintaan terhadap jurnalistik. Menurutnya menjadi jurnalis tv itu menstimulus untuk menghasilkan karya berkualitas,  karena ketika sudah live di tv seorang jurnalis tidak bisa berpura-pura jika tidak menguasai berita.

Semenjak kejadian tsunami Aceh yang meluluh-lantakkan hatinya membuat dia termotivasi “Saya ingin karya jurnalistik itu berpengaruh dan berdampak terhadap kebijakan yang salah”. Hasil reportasenya di program “Indonesia Menangis” yang meliput kejadian tsunami Aceh membuat semua kalangan tergerak membantu korban disana.

Setelah itu Najwa di percaya menjadi news anchor Mata Najwa yang  telah melahirkan karya jurnalistik yang berpengaruh dan berdampak bagi kemajuan Indonesia.

Kunci sukses Najwa sebagai news anchor terbaik di Indonesia adalah memilih nilai berita yang bermanfaat bagi masyarakat, riset mendalam seputar fakta sebenarnya, riset narasumber dan memperlakuan narasumber dengan komunikasi verbal dan nonverbal yang positif.

pengertian dan contoh resensi buku
Sumber foto : www.entrepreneur.com

Kelebihan buku

Format penulisan yang berupa pertanyaan dari penulis dan di jawab oleh Najwa memberikan sensasi seolah-olah pembaca ikut mewawancarai dan ngobrol bersama Najwa, apalagi pertanyaanya sistematik dan saling menyambung pembahasannya.

Selain itu adanya ilustrasi yang menarik dan ekspresif dapat membuat pembaca mudah memahami maksud penjelasan Najwa dan tidak mudah bosan bahkan mendorong untuk terus membaca setiap halamannya.

Bahasa yang digunakan santai, mudah dipahami meskipun ada bahasa teknik di dunia broadcasting tv tapi penulis bisa memberikan contoh atau ilustrasi yang mudah digambarkan oleh pembaca.

Kekurangan buku

Sebenarnya penulis telah menuturkan bahwa buku ini ditujukan kepada pelajar, mahasiswa, mereka yang bercita-cita menjadi news anchor dan bagi news presenter supaya bisa mendapatkan pengetahuan mengenai dinamika dalam berkarya di dunia news anchor seperti Najwa.

Tapi halamannya cuma 119, padahal banyak hal yang perlu di ulas lebih seperti di bab “Mata Najwa: Behind The Scene” yang kurang dijelaskan secara detail terkait dinamika dalam memproduksi suatu acara. Kalau bagian itu dijelaskan bisa memberikan gambaran detail dan semangat bagi pembaca untuk memahami jalan sukses mencetak karya di bidang media atau news anchor.

Baca juga: Apa itu Soft Skill? Yuk Ketahui dan Pelajari

Mengisi waktu dengan membaca dan membuat resensi buku, akan membuat hidup kamu bermutu, dan tentu pundi-pundi rezeki menyertaimu. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...