Home Pengembangan Diri Komunikasi 5 Prinsip Negosiasi Beserta Pengertiannya

5 Prinsip Negosiasi Beserta Pengertiannya

Supaya bisa mencapai tujuan tertentu, terkadang kita harus bernegosiasi dengan pihak lain. Misalkan ingin membeli produk tertentu, tapi sayangnya harganya kita rasa terlalu mahal. Akhirnya kita berusaha untuk melakukan negosiasi dengan penjual, supaya nantinya ia mau menurunkan harga. Tapi tentu saja negosiasi tak selalu berjalan mudah, tak jarang berakhir tanpa hasil kesepakatan apapun.

Pengertian Negosiasi adalah aktivitas komunikasi dimana masing-masing pihak punya kepentingan yang berbeda tapi mereka ingin membuat satu kesepakatan bersama. Tujuan mereka melakukan negosiasi itu bisa karena ingin sama-sama mendapatkan untung atau juga bisa karena mereka ingin menyelesaikan masalah tertentu, dimana masing-masing terlibat di dalamnya.

Tentu saja itu bisa terjadi karena memang ada beberapa hal penting yang berpengaruh terhadap proses negosiasi. Ada prinsip yang penting untuk dipahami, khususnya bagi yang ingin bisa memenangkan negosiasi. Di bawah ini akan kami ulas lebih lengkapnya, tentang prinsip-prinsip yang penting dalam negosiasi.

1. Paham dan Fokus Target

Fokus tujuan negosiasi
Sumber foto : www.b2bnn.com

Maksud dari poin ini adalah memprioritaskan target untuk memenuhi kebutuhan terlebih dulu. Karena terkadang negosiasi justru berbelok karena tergoda oleh sesuatu lain yang diinginkan. Jadi sebelum melakukannya, coba tetapkan dan sepakati terlebih dulu apa sebenarnya kebutuhan yang ingin dipenuhi. Jadikan itu sebagai target dan melatih diri untuk fokus padanya. Jika memang ternyata keinginan juga tercapai, maka bisa dianggap itu sebuah bonus.

Baca juga: Yuk Pelajari Bagaimana Membangun Argumentasi Debat

2. Obyektif Melihat Masalah

Obyektif Melihat Masalah
Sumber foto : perpetos.com

Ini juga yang sering akhirnya menghambat kesuksesan negosiasi, dimana salah satu atau kedua pihak subyektif dalam memandang masalah. Mereka memaksakan standar pribadi yang akhirnya tentu saja hanya memicu munculnya pertentangan. Jadi meskipun kita memiliki kepentingan pribadi, berusahalah untuk tetap obyektif ketika melihat masalah.

3. Solusi Alternatif

Alternatif Solusi Negosiasi
Sumber foto : www.inddist.com

Wajar jika suatu ketika negosiasi sulit untuk melahirkan solusi terbaik untuk kedua pihak. Tapi itu masih bisa diantisipasi salah satunya dengan mempersiapkan solusi alternatif, jika ternyata solusi pertama tak efektif. Bahkan meski ternyata itu berarti harus lebih banyak berkompromi, selama itu masih realistis untuk disepakati, lebih baik digunakan daripada negosiasi tak membuahkan apapun.

4. Saling Menghargai dan Menghormati

Saat melakukan negosiasi kamu juga perlu menghormati pihak lainnya, jangan menganggap kamu hanya melakukannya sendiri karena negosiasi merupakan proses mencapai kesepatakan kedua belah pihak. Hargai juga pendapat pihak lain dengan tidak memotong pembicaraannya.

5. Keputusan yang Realistis

Keputusan Negosiasi
Sumber foto : businesssimulations.com

Memang dimanapun kita pasti berharap untuk mendapatkan hasil ideal, tapi tak berlaku untuk negosiasi. Karena kita berhadapan dengan pihak lain, sehingga tak bisa kita paksakan supaya mereka mau mengalah sepenuhnya. Jadi pahami bahwa Kamu pun membutuhkan mereka dan berkompromi adalah konsekuensi wajar. Karena memang prinsipnya negosiasi berusaha menghasilkan keputusan yang masih memberikan keuntungan bagi kedua pihak, tapi juga masih realistis untuk dikompromikan.

Baca juga: Yuk Ketahu Jenis Negosiasi

Itulah beberapa prinsip penting yang perlu Kamu pahami jika ingin lancar bernegosiasi. Bukan dengan memaksakan orang lain untuk menuruti apa yang kita harapkan, tapi bagaimana kita bisa tetap mendapatkan tujuan meski harus sedikit berkompromi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...