Home Teknologi Sosial Media 7 Persiapan Membuat Video Youtube Untuk Pemula

7 Persiapan Membuat Video Youtube Untuk Pemula

Saat senggang atau sedang menunggu sesuatu, platform Youtube menjadi salah satu pilihan untuk menghibur kita bukan ? Selain itu, Youtube juga menjadi salah satu platform pilihan beberapa influencer untuk menuangkan ide-ide kreativnya mulai dari editing foto, make up, make over room, dance, cover lagu, dsb.

Kamu juga tertarik untuk membuat video Youtube ? Nah, ini ada beberapa hal yang harus Kamu siapkan sebelum membuat Video Youtube agar selama proses pembuatan video semua lancar dan hasil videonya menarik untuk ditonton. Yuk simak apa saja yang harus disiapkan!

Pikirkan konsep

hal yang harus disiapkan sebelum membuat video
Sumber foto : www.chromatographyonline.com

Beberapa orang berpikir aspek paling penting dari pembuatan video adalah kamera. Jawabannya, tidak. Memang kamera adalah alat yang pasti kita butuhkan untuk membuat video, namun ada hal yang lebih penting dan mendasar sebelum kita membuat video Youtube. Apa itu ? Yep, konsep.

Konsep berbicara tentang tujuan kamu membuat video Youtube, entah kamu mau sekadar hiburan, edukasi, motivasi atau sharing, dan masih banyak lagi. Hal ini akan berpengaruh terhadap cara kamu memilih tema, konten, scenario, peralatan yang dibutuhkan sampai bagaimana eksekusinya.

Tujuan yang baik adalah yang jelas dan bermanfaat. Kalau perlu, lakukan riset kecil-kecilan ya untuk memastikan hal yang sedang butuh ditonton oleh masayarakat. Hal itu akan membuat chanel Youtube-mu sebagai solusi yang selama ini dicari oleh mereka. Ditambah dengan konsep yang unik dan jelas, maka akan semakin membuat video Youtube-mu mudah dicari. So, think it before start it.

Siapkan Stock Shots

hal yang harus disiapkan sebelum membuat video
Sumber foto : www.androidcentral.com

Stock Shots adalah persediaan gambar-gambar atau video-video yang dibutuhkan untuk mengisi konten Youtube Kamu. Semua video dan gambar yang kita ambil, harusnya sesuai dengan tema yang sudah kita tentukan sejak awal ya. Pikirkan mengenai gambar apa saja yang dibutuhka, video apa yang butuh kita ambil dan seberapa banyak. Hal tersebut akan lebih memudahkan kita selama proses editing.

Baca juga: 7 Cara Membuat Vlog Menarik

Kamera

hal yang harus disiapkan sebelum membuat video
Sumber foto : www.photographytalk.com

Persiapan ini sebainya dilakukan pada H-1 sebelum Kamu membuat video. Kamu harus memastikan battery sudah dalam kondisi full charged dan siap digunakan keesokan harinya, jangan lupa untuk menyiapkan battery cadangan, apalagi untuk Kamu yang mau membuat video outdoor, pasti tidak mau kan kalau proses pembuatan video menjadi terhambat hanya karena battery kamera yang habis ?

Selain battery, memperhatikan memory card juga tidak kalah pentingnya. Sebelum membuat video, Kamu harus membawa cadang memory card atau “mengosongkannya” agar kamera tersebut dapat menyimpan banyak video dan gambar.

Alat Pendukung

hal yang harus disiapkan sebelum membuat video
Sumber foto : youtube.com

Selain kondisi kamera, alat pendukung juga harus kamu siapkan ya. Seperti microphone, gimbal, tripod dan lighting. Microphone untuk mengontrol kualitas audio, apalagi untuk kalian yang mau membuat video di outdoor. Hal ini meminimalisir adanya gangguan suara. Tripod dan gimbal untuk menstabilkan pengambilan gambar aau video. Dan lighting untuk menjaga kualitas pencahayaan untuk membantu memperkuat detail gambar.

Siapkan Filming Background Setup

hal yang harus disiapkan sebelum membuat video
Sumber foto : irbobsevenfold.blogspot.com

Filming background akan membuat videomu menjadi eyecatching. Bagi Kamu yang membuat video dalam ruangan, kalian bisa mempercantik dinding ruangan kalian sebagai background. Misal dengan susunan foto yang unik atau cukup dengan kain yang dihiasi dengan lampu-lampu, dsb. Tapi ingat ya, jangan sampai terlalu berlebihan agar  penonton tidak salah fokus ke background kalian.

Baca juga: 11 Tipe Pengambilan Video Agar Terlihat Profesional

Setting Star Performance

7 Persiapan Membuat Video Youtube Untuk Pemula
Sumber Foto: Theatrenerds.com

Menyiapkan performa sang bintang! Maksudnya adalah dirimu sendiri atau orang lain yang menjadi actor/ aktris dalam video kamu. Persiapan Performa dapat dibagi menjadi dua, menyiapkan apa yang akan dilakukan dan menyiapkan penampilan fisik diri seperti grooming, kostum, dan aksesoris. Baik itu kamu atau orang lain yang akan menjadi bintang actor, sebaiknya persiapkan setiap detail yang dibutuhkan dengan sempurna.

Apa tugasmu sebagai actor? Semisal dalam video kamu akan melakukan tutorial memasak. Maka yang perlu kamu siapkan adalah keahlian memasakmu dan penampilan yang sesuai untuk orang yang hendak memasak. Pakaian yang akan kamu pakai, grooming yang cocok untuk kegiatan memasak dan aksesoris yang dipakai pun bisa jadi sangat minim. Kenapa hal ini butuh dilakukan? Karena mau bagaimanapun, kita akan lebih suka melihat video dengan actor yang menyenangkan dimata bukan? Yang rapi, dan sesuai tema videonya. So, try it but concept first.

Siapkan Software Untuk Editing

7 Persiapan Membuat Video Youtube Untuk Pemula
Sumber Foto: videosoftdev.com

Software editing video menjadi elemen penting untuk menghasilkan video yang berkualitas. Kenapa kita butuh software ini? Pernah ngga kamu membandingkan mana video amatiran dengan video pemula rasa-rasa professional? Mana yang lebih kamu suka? Jawabannya jelas, video yang pemula rasa professional kan? Hal ini karena editing video yang menyempurnakan video hasil rekamanmu.

Editing video diperlukan untuk mengatur durasi, mempercepat tempo pada bagian-bagian tertentu atau juga sebaliknya, memperlambat tempo video kamu, menambahkan subtitle dan memberikan beberapa efek pada video kamu. Dengan editing video yang menarik, kamu bisa membuat penontonmu lebih nyaman menyaksikan videomu sampai habis bahkan bisa jadi memutar ulang lagi dan membagikan pada teman-temannya. Tertarik mencoba? Just  do it!

Nah, itu semua adalah hal-hal yang harus Kamu siapkan sebelum membuat video ya. Dengan persiapan matang, akan meminimalisir resiko kegagalan selama proses pembuatan video. Selamat mencoba dan Good Luck !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...