Home Bisnis 8 Perbedaan Antara Sales dan Marketing

8 Perbedaan Antara Sales dan Marketing

Sales (penjualan) dan marketing (pemasaran) merupakan dua istilah yang sering didengar dalam perusahaan. Peran keduanya pun cukup penting dan saling terkait dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Karena keduanya saling berkaitan, kebanyakan orang masih sulit menyadari perbedaan keduanya. Sangatlah fatal akibatnya ketika perusahaan tidak dapat menyadari perbedaan keduanya. Lantas apa saja perbedaan antara sales dan marketing itu? Untuk mengetahui perbedaannya, mari simak pembahasan di bawah ini.

Berikut merupakan perbedaan antara sales dan marketing:

Pengertian Istilah

Perbedaan Sales dan Marketing
Sumber: https://pressablecdn.com/

Sales (penjualan) adalah kegiatan yang berkaitan dengan proses menjual atau jumlah barang atau jasa yang dijual dalam periode waktu yang ditargetkan. Penjual atau penyedia barang atau jasa, melakukan sales sebagai tanggapan atas akuisisi, apropriasi, permintaan, atau interaksi langsung dengan pembeli pada titik penjualan. Marketing (pemasaran) adalah sebuah proses kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan suatu produk atau layanan. Kegiatan pemasaran meliputi aktivitas pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau bisnis lain.

Target Konsumen

Sales (penjualan) dapat disebut sebagai proses yang berfokus atau menargetkan individu atau kelompok kecil. Sedangkan, marketing (pemasaran) menargetkan kelompok yang lebih besar atau masyarakat umum.

Jangka Waktu

Sales (penjualan) berkaitan dengan tujuan yang lebih pendek, sedangkan marketing (pemasaran) ditujukan untuk jangka waktu yang lebih panjang. Ini dikarenakan marketing (pemasaran) melibatkan proses yang lebih lama dalam membangun merek dan mengejar konsumen untuk membelinya, bahkan jika mereka tidak membutuhkannya. Sedangkan sales (penjualan) hanya melibatkan proses jangka pendek dalam menemukan target konsumen.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Manajemen Logistik Perusahaan

Cakupan Kegiatan

Marketing (pemasaran) meliputi penelitian (mengidentifikasi kebutuhan konsumen), pengembangan produk (menghasilkan produk inovatif) dan mempromosikan produk (melalui iklan) dan menciptakan kesadaran tentang produk di antara konsumen. Dengan demikian marketing (pemasaran) berarti menghasilkan petunjuk atau prospek. Setelah produk keluar di pasar, adalah tugas dari sales (penjualan) untuk membujuk konsumen untuk membeli produk. Nah, penjualan berarti mengubah petunjuk atau prospek menjadi pembelian dan pemesanan.

Perbedaan Sales dan Marketing
Sumber: socialsteve.wordpress.com

Proses

Marketing (pemasaran) membangun dan menjaga reputasi dari merek yang ada. Sedangkan, sales (penjualan) membangun dan menjaga hubungan dengan banyak pihak serta hal-hal lain yang didorong oleh adanya hubungan tersebut.

Fokus Analisis

Sales (penjualan) menganalisis perilaku prospek dan konsumen yang mereka tangani secara individual. Sales yang profesional berbicara kepada konsumen mereka tentang penawaran yang membantu mereka mewujudkan tujuan dan sasaran mereka. Mereka melihat sosial media milik konsumen untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman apa yang diinginkan setiap konsumen. Sedangkan, marketing (pemasaran) mempelajari tentang apa yang konsumen harapkan ketika mereka membeli atau mencoba suatu produk, layanan atau solusi.

Kemampuan (skill)

Dalam melakukan sales (penjualan) dibutuhkan keterampilan dalam menjual dan keterampilan berkomunikasi yang baik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dalam melakukan pembelian produk atau jasa. Marketing (pemasaran) membutuhkan keterampilan analitis untuk menentukan bagaimana promosi mereka akan dilakukan dan kepada siapa itu ditunjukan.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar

Prioritas

Marketing (pemasaran) memiliki prioritas pada bagaimana cara menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang tahan lama. Sedangkan sales (penjualan) berprioritas pada hasil akhir dari pemasaran, yaitu mendapatkan konsumen yang melakukan pembelian produk atau jasa.


Sumber:
https://www.investopedia.com/terms/m/marketing.asp
https://en.wikipedia.org/wiki/Sales
http://www.differencebetween.net/business/difference-between-sales-and-marketing/
https://www.smartcompany.com.au/marketing/sales/seven-differences-between-sales-and-marketing/
https://www.diffen.com/difference/Marketing_vs_Sales

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...