Home Penghasilan Dunia Kerja Ketahui Perbedaan Cover Letter, CV, dan Resume

Ketahui Perbedaan Cover Letter, CV, dan Resume

Hai para jobseekers! Saat hendak melamar kerja, pastinya Kamu akan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti CV, Resume ataupun Cover Letter.

Nah, masalahnya untuk para fresh graduate, masih asing tentang istilah Cover Letter, CV dan Resume. Pada akhirnya hanya mengumpulkan salah satu atau salah dua dari yang ada, CV dan Resusme saja, atau Cover Letter dengan CV saja.

Padahal nih, kalau Kamu para jobseekers tau tentang ketiga hal tersebut, surat lamaran Kamu jadi lebih dilirik oleh HRD loh! Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk intip penjelasan dibawah ini!

Cover letter

perbedaan CV dan resume
Sumber foto : wrmllc.com

Sederhananya cover letter adalah sebuah surat pengantar dari dokumen CV yang hendak Kamu kiriman. Biasanya isi dari cover letter adalah :

  1. Paragraf Pembuka: berisi tentang asal info lowongan pekerjaan ini dan mengapa Kamu tertarik dengan pekerjaan ini.
  2. Paragraf Isi: berisi tentang alasan utama mengapa perusahaan tersebut harus memilih Kamu untuk menempati posisi yang Kamu inginkan. Dengan kata lain, di paragraf ini Kamu sedang “mempromosikan” diri. Contoh hal yang bisa Kamu tonjolkan adalah pendidikan, pengalaman kerja, prestasi kerja, sikap kerja ataupun kepribadian yang menunjang.
  3. Paragraf Penutup: berisi tentang ucapan terima kasih, info mengenai berkas apa saja yang Kamu lampirkan, sertakan untuk kalimat penutup dengan harapan untuk dipanggil wawancara (dan jangan lupa mencantumkan kontak Kamu, ya).

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Curriculum Vitae

perbedaan CV dan resume
Sumber foto : www.farmaciebenessere.com

Untuk CV (Curriculum Vitae), itu penjelasannya lebih panjang daripada resume. Kalau CV, penjabarannya lebih panjang dan detail. Cv biasanya berisikan tentang ;

  1. Data pribadi
  2. Alasan Kamu tertarik dengan lowongan pekerjaan tersebut
  3. Riwayat pendidikan, baik formal aupun non formal. Biasanya mulai SMA.
  4. Skill yang Kamu miliki, termasuk kemampuan teknis.
  5. Penghargaan kompetisi atau beasiswa yang pernah Kamu terima.
  6. Pengalaman organisasi, kegiatan relawan, pengalaman les, tema skripsi (kalau ini optional sih).
  7. Pengalaman kerja, job desc, serta durasi bekera di perusahaan sebelumnya.

Untuk Kamu para jobseekers ada beberapa tips agar konten berkas lamaran kerjamu mendukung untuk dilirik pihak HRD.

  1. Usahakan semuanya yang Kamu cantumkan selaras dengan posisi yang Kamu inginkan ya, mulai dari pengalaman kerja, prestasi, pengalaman organisasi, dll. Hal ini akan membuat HRD semakin yakin kalau Kamu memang layak untuk di posisi itu.
  2. Cetak Cover Letter, CV dan Resume-mu dengan kertas yang berkualitas sama. Atau perlu design dengan tema yang seragam juga ya agar semakin eye catcing dan tidak membosankan untuk dibaca.
  3. Periksa ulang semua tulisan dokumen kamu. Edit supaya padat namun tetap berisi sehingga lebih enak ketika dibaca.
  4. Tidak perlu memberikan surat refrensi dari perusahaan sebelumnya karena perusahaan akan meminta kalau memang dibutuhkan.
  5. Jika ada gap year, maka pastikan Kamu mencantumkan kegiatan selama gap year ya.

Resume

perbedaan CV dan resume
Sumber foto : blog.qooling.com

Setelah Cover letter, biasanya dilamipirkan Resume. Resume adalah dokumen satu halaman yang berisi rangkuman kemampuan, pengalaman, dan background pendidikan Kamu, sehingga saat HRD membaca resume-mu, mereka akan tahu kemampuanmu cocok dengan posisi mana yang mereka butuhkan.

Baca juga: Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja

Gimana jobseekers, info yang cukup menarik bukan ? Sudah tidak bingung lagi kan mengenai perbedaan Cover Letter, Resume dan CV. Semoga artikel ini cukup membantu. Dan selamat mencoba !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...