Yuk Ketahui Peranan Biologi dalam Kehidupan

Di tingkat SMA kamu pasti mempelajari tentang ilmu biologi. Apakah kamu tahu apa biologi itu? Apa manfaat yang didapat ketika kamu mempelajari ilmu biologi? Tentunya setiap ilmu yang kamu pelajari pasti ada manfaatnya, termasuk belajar biologi.

Ilmu biologi memberikan peran penting terhadap kehidupan. Peran biologi dalam kehidupan banyak sekali. Nah agar kamu lebih paham, yuk simak penjelasan berikut:

Pengertian Biologi

Peran Biologi dalam Bidang Pertanian
Sumber: Arturs Budkevics dari Pixabay

Biologi berasal dari bahasa Yunani, bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu. Jadi biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu biologi mengalami perkembangan, sehingga muncul cabang-cabang ilmu biologi.

Baca juga: Peran Bakteri dalam Kehidupan

Cabang Ilmu Biologi

  1. Anatomi : mempelajari struktur bagian tubuh makhluk hidup
  2. Bakteriologi : mempelajari tentang bakteri
  3. Bioteknologi : mempelajari teknik pemanfaatan organisme untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia
  1. Botani : mempelajari tentang berbagai macam tumbuhan
  2. Ekologi : mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
  1. Embriologi : mempelajari pertumbuhan dan perkembangan embrio
  2. Entomologi : mempelajari tentang serangga
  3. Evolusi : mempelajari asal usul makhluk hidup dan berbagai perubahan yang terjadi di  bumi
  4. Genetika : mempelajari cara penurunan sifat makhluk hidup kepada keturunannya
  5. Histologi : mempelajari jaringan tubuh
  6. Mikologi : mempelajari tentang jamur (fungi)
  7. Mikrobiologi : mempelajari organisme kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
  8. Morfologi : mempelajari bentuk dan struktur makhluk hidup
  9. Ornitologi : mempelajari tentang hewan golongan aves (burung)
  10. Virologi : mempelajari tentang virus

Peranan Biologi dalam Kehidupan

Peranan biologi dalam kehidupan sangatlah penting untuk menjaga kualitas kehidupan manusia. Dengan mempelajari ilmu biologi, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat. Misalnya, kamu menjadi tahu mengenai jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi, proses yang terjadi di dalam tubuh, tahu tentang penyebab suatu penyakit, keanekaragaman hewan dan tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai peranan biologi dalam kehidupan di berbagai bidang, di antaranya peranan biologi dalam bidang pertanian, peranan biologi dalam bidang industri, peranan biologi dalam bidang kedokteran, peranan biologi dalam bidang peternakan, peranan biologi dalam bidang farmasi, peranan biologi dalam bidang teknologi pangan, dan peranan biologi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup.

Peranan Biologi dalam Bidang Pertanian

Semakin berkembangnya ilmu biologi, para ilmuwan semakin banyak melakukan penelitian atau percobaan khususnya dalam bidang pertanian. Kamu pasti sudah mengetahui tentang buah tanpa biji, lalu pernahkah kamu berpikir kenapa bisa seperti itu?

Buah tanpa biji tersebut dihasilkan melalui proses rekayasa genetika dan melibatkan ilmu genetika. Buah tanpa biji adalah salah satu contoh peranan biologi dalam bidang pertanian. Selain itu, apa lagi  peranan biologi dalam bidang pertanian?

Berbagai peranan biologi dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut.

  • Penemuan berbagai macam bibit unggul pada tumbuhan terutama penghasil bahan makanan yang telah dihasilkan melalui persilangan dan seleksi.
  • Pembiakan bibit unggul dengan teknik kultur sel atau jaringan dapat menghasilkan bibit unggul sesuai dengan keinginan dalam jumlah besar.
  • Melalui rekayasa genetika, telah dihasilkan tanaman yang tahan hama, tanaman yang tahan terhadap kondisi tanah kering, dapat membuat pupuk sendiri, dan mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan lingkungan.

Peranan Biologi dalam Bidang Industri

Peranan Biologi dalam Bidang Industri Makanan dan Minuman
Sumber: Aline Ponce dari Pixabay

Ilmu biologi banyak dimanfaatkan dalam bidang industri, seperti pada industri makanan dan minuman serta industri tekstil. Apa sajakah peranan biologi dalam bidang industri tersebut?

Peranan biologi dalam bidang industri makanan dan minuman misalnya pemanfaatan mikroorganisme dalam pembuatan bahan makanan dan minuman yaitu dengan cara fermentasi.

Sedangkan peranan biologi dalam bidang industri tekstil misalnya pembuatan kain sutra yang berasal dari kepompong ulat sutra.

Peranan Biologi dalam Bidang Kedokteran

Peranan Biologi dalam Bidang Kedokteran
Sumber: marionbrun dari Pixabay

Perkembangan biologi telah banyak menyumbangkan berbagai usaha untuk membantu kehidupan manusia, salah satunya pada bidang kedokteran. Apa saja peranan biologi dalam bidang kedokteran? Tentunya, peranan biologi dalam bidang kedokteran sangatlah banyak dan telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia.

Adapun peranan biologi dalam bidang kedokteran adalah sebagai berikut.

  • Penemuan berbagai macam vaksin untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya, seperti campak, hepatitis, polio, dan TBC.
  • Penemuan antibiotik yang berfungsi untuk membunuh berbagai macam mikroorganisme patogen. Penemuan ini melibatkan ilmu mikrobiologi, virology biokimia, patologi parasitologi, dan farmasi.
  • Transplantasi berbagai macam organ vital, seperti jantung, ginjal dan paru-paru yang bertujuan untuk menyembuhkan penderita yang mengalami kerusakan organ tersebut. Transplantasi ini dilakukan dengan cara menggantikan organ yang rusak dengan organ yang sehat dari tubuh orang lain.
  • Teknologi bayi tabung yang bertujuan untuk membantu mendapatkan keturunan bagi pasangan yang kurang subur. Penemuan ini melibatkan ilmu embriologi, biologi molekuler, dan genetika.

Baca juga: Bagian Mikroskop beserta Fungsinya

4. Peranan Biologi dalam Bidang Peternakan

Peranan Biologi dalam Bidang Peternakan
Sumber: pinterest.com

Selain pada bidang yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata biologi juga memberikan manfaat dan pengaruh yang besar dalam bidang peternakan. Apakah kamu tahu apa saja peranan biologi dalam bidang peternakan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan mengenai peranan biologi dalam bidang peternakan berikut.

Peranan biologi dalam bidang peternakan di antaranya:

  • Kloning untuk hewan
  • Inseminasi buatan (kawin suntik)
  • Hewan bermutu unggul
  • Fertilisasi in vitro untuk pengembangan hewan ternak

5. Peranan Biologi dalam Bidang Farmasi

Peranan Biologi dalam Bidang Farmasi
Sumber: SilvanaGodoy dari Pixabay

Biologi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, salah satunya dalam bidang farmasi. Farmasi sendiri merupakan bidang yang bergerak dan bertanggungjawab dalam pembuatan serta keamanaan dalam penggunaan obat-obatan untuk kesehatan. Lalu, apa saja peranan biologi dalam bidang farmasi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan mengenai peranan biologi dalam bidang farmasi berikut.

Peranan biologi dalam bidang farmasi banyak sekali, di antaranya sebagai berikut.

  • Pembuatan vitamin sintetik
  • Pembuatan vaksin
  • Pembuatan antibiotik untuk bakteri dan jamur
  • Antibiotik monoklonal
  • Pembuatan hormon insulin buatan
  • Enzim-enzim buatan
  • Pembuatan obat-obat tradisional seperti jamu
  • Pembuatan obat-obat modern

6. Peranan Biologi dalam Bidang Teknologi Pangan

Peranan Biologi dalam Bidang Teknologi Pangan
Sumber: Mochamad Arief dari Pixabay

Peranan biologi dalam bidang ini yaitu dengan cara menggabungkan biologi dengan teknologi (bioteknologi). Bioteknologi menitikberatkan pada upaya penggunaan proses biologi untuk menyediakan bahan pangan atau jasa bagi manusia.

Adapun contoh peranan biologi dalam bidang ini yaitu pembuatan makanan dan minuman yang memanfaatkan mikroorganisme, seperti pembuatan keju, tempe,  nata de coco, dan kecap.

7. Peranan Biologi dalam Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup

Peranan Biologi dalam Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup
Sumber: Thomas B. dari Pixabay

Peranan biologi dalam bidang ini contohnya yaitu pengelolaan limbah dengan menggunakan mikroorganisme, menguraikan tumpahan minyak di laut dan plastik dengan bakteri.

Baca juga: Peran Kingdom Protista

Itulah penjelasan mengenai peranan biologi dalam kehidupan. Jadi, biologi itu sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan.


Sumber:

Irnaningtyas. (2014). BIOLOGI. Jakarta: Erlangga.

Pitoyo. Ari dan R.Anis Nurdina. (2013). Surakarta: PT. Masmedia Buana Pustaka.

Riandari, Henny dan Ifandari. (2013). BIOLOGI. Solo: PT. Wangsa Jatra Lestari.

Artikel Terbaru

Efrina

Efrina

Saya lulusan S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, angkatan 2014. Saya lulus pada tahun 2018. Saya mulai menulis dari tahun 2016. Artikel yang pernah saya tulis diantaranya tentang budaya, tempat wisata di Indonesia, kuliner, hiburan/entertainment, dsb. Saya tertarik untuk menulis dengan tema pendidikan karena saya ingin berbagi ilmu/memberi wawasan khususnya kepada adik-adik yang sedang menimba ilmu di sekolah, agar lebih semangat lagi belajarnya.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *