Home Penghasilan Bisnis Peran Anggota Tim dalam Teamwork Agar Semakin Solid

Peran Anggota Tim dalam Teamwork Agar Semakin Solid

Bagi seorang pelatih dalam pertandingan sepakbola, tidak bisa mengandalkan satu pemain terbaik saja namun harus keseluruhan tim. Karena sepakbola adalah permainan sebelas lawan sebelas. Dibutuhkan kerjasama sama yang baik untuk mencapai kemenangan. Begitu juga dalam bekerja, setiap anggota tim harus menyadari perannya masing-masing, menyeleraskan sikap dalam bekerja.

Memiliki kemampuan kerjasama yang baik tidak hanya berfungsi dalam melakukan pekerjaan pada perusahaan namun juga dalam usaha bisnis, pebisnis sangat memahami bahwa kerjasama adalah hal yang sangat penting dalam menggapai kesuksesan. Hanya saja tidak semua orang mengetahui mengapa dan bagaimana cara untuk mencapai kerjasama dengan baik.

Di bawah ini kami bagikan untuk Kamu, poin-poin penting untuk bisa membangun kerjasama yang baik dengan tim di lingkungan kerja.

Saling Membantu

peran anggota tim dalam teamwork
Sumber foto : industryweek.com

Dalam bekerja di perusahaan yang memiliki visi-misi, wajib bagi kita untuk membantu pekerjaan teman kita yang membutuhkan bantuan kita. Karena untuk meningkatkan rasa loyalitas kita pada tim dan membantu tim yang mengalami kesulitan. Harus memiliki pemahaman bahwa tiap-tiap anggota adalah kolabolator bukan sebagai kompetitor.

Keterbukaan

peran anggota tim dalam teamwork
Sumber foto : blog.vantagecircle.com

Keterbukaan diperlukan agar kita dapat mengetahui kondisi pribadi tiap-tiap anggota tim, baik mengenai ketertarikan, sudut pandang dan latarberlakangnya. Karena keterbukaan akan mengurangi kesalahpahaman dalam bekerja sama dan membuat komunikasi lebih lancar karena adanya kenyamanan, ide-ide yang kita miliki dapat lebih mudah kita sampaikan.

Saling Percaya

peran anggota tim dalam teamwork
Sumber foto : maybusch.com

Setiap anggota tim harus saling mempercayai satu dengan yang lain, sehingga dapat lebih mudah membagikan ide, perasaan serta masalah yang sedang dihadapi. Rasa kepercayaan sesama akan muncul jika setiap pribadi anggota tim meniatkan untuk membuka dirinya kepada anggota tim lain. Sehingga kedekatan yang dimiliki anggota tim tidak hanya secara fisik namun juga secara mental.

Saling Menghormati

peran anggota tim dalam teamwork
Sumber foto : td.org

Setiap anggota kelompok dalam menyampaikan opini harus menghargai orang lain, tidak boleh terkesan meremehkan. Jika ada kesalahan pada anggota tim harus dapat mengkomunikasikannya dengan baik, dari sudut pandang yang positif. Tidak melulu harus menyudutkan dan menuduh orang tersebut salah. Karena alangkah lebih baik kita mengambil hikmah dalam setiap masalah

Berkomunikasi dengan baik

peran anggota tim dalam teamwork
Sumber foto : adthena.com

Berkomunikasi dengan baik maksudnya adalah seperti memberikan masukan yang membangun, mendengarkan secara aktif dan berbagi informasi yang dibutuhkan pada anggota tim. Setiap anggota tim harus dapat menyampaikan pendapat dan idenya secara jelas, langsung dan jujur. Sehingga dengan komunikasi yang baik tim menjadi solid karena dapat saling memahami dengan baik.

Dengan memiliki sikap diatas, saling membantu, keterbukaan, saling percaya, saling menghormati dan berkomunikasi dengan baik maka akan membuat kamu dapat menjadi anggota tim yang baik didalam sebuah perusahaan, sehingga dapat menjadi anggota tim yang solid sehingga dapat membentuk tim yang terbaik untuk menggapai tujuan dari perusahaan yang kita jalani.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Masalah Kelompok

Pastinya kamu tidak mau gagal kan dalam pekerjaan dan usaha bisnis kamu hanya karena tidak memiliki perencanaan kerjasama? Oleh karenanya kamu harus mulai membuat perencanaan kerjasama agar pekerjaan dan usaha bisnis kamu dapat mencapai keberhasilan baik secara hasil dan juga kerjasama tim. Senantiasa evaluasi dan terus meningkatkan sikap yang baik bagi tim kamu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Instrument Penelitian Kualitatif    

Melakukan peneliatian tidak akan berjalan tanpa adanya alat perlengkapan atau yang biasa kita sebut sebagai instrument penelitian. Pada penelitian kualitatif penerapan dan pelaksanaannya hampir...

Jenis Negosiasi, Tahapan Serta Pengertiannya

Negosiasi merupakan suatu proses yang lumrah dilakukan oleh pihak tertentu. Umumnya, negosiasi dilakukan oleh mereka untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama. Negosiasi yang dilakukan secara...

Pengertian Buku Besar dan Contohnya

Akuntansi memegang peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis dan usaha. Karena dari sinilah berbagai dasar kebijakan dibuat. Dalam akuntansi, buku besar adalah ikhtisar...

Cara Menggesek Senar Biola dengan Benar

Menggesek biola sekilas terlihat mudah, tetapi sebenarnya menggesek biola tidak boleh sembarangan. Perlu teknik yang harus dipelajari agar suara yang dihasilkan menjadi enak didengar. Posisi...