Home Bisnis 5 Analisis Statistik Perusahaan Yang Sangat Penting

5 Analisis Statistik Perusahaan Yang Sangat Penting

Analisis statistik mungkin akan mengingatkan kita semua tentang angka, angka, dan angka. Dalam kehidupan sehari-hari, analisis statistik ternyata sering digunakan tanpa kita sadari seperti saat kita menghitung pengeluaran dan pemasukan bulanan. Begitu juga dengan analisis statistik, kita dituntut untuk dapat mengolah deretan angka-angka menjadi sebuah hasil yang dapat menjelaskan suatu hal tertentu.

Apa pentingnya analisis statistik dalam perusahaan?

Ada pepatah yang mengatakan: jika kamu dapat mengukurnya, kamu dapat mengelolanya. Pepatah ini menjelaskan jika kita dapat mengukur sesuatu, kita dapat mengendalikan dan mengelolanya. Hampir setiap pengukuran tersaji dalam statistik. Begitu pula dalam bisnis, hampir tidak mungkin sebuah perusahaan dioperasikan tanpa menggunakan statistik.

Untuk dapat mengelolanya dengan baik, kita memerlukan statistik. Melakukan analisis statistik dapat membantu perusahaan dalam melihat sesuatu secara terukur dan akurat. Berikut adalah alasan-alasan mengapa analisis statistik begitu penting dalam perusahaan:

Pengambilan Keputusan (Decision Making)

sumber gstatic.com

Statistik membantu perusahaan untuk mengukur dan menyajikan suatu data secara akurat. Pengambilan keputusan yang tepat memerlukan setidaknya data pendukung yang konkret dan pasti.

Perusahaan sebaiknya tidak menggunakan firasat atau pengalaman saja sebagai tolak ukur dalam memutuskan suatu hal karena ini menyangkut kelangsungan hidup dari perusahaan di jangka panjang. Dengan analisis statistik, proses pengambilan keputusan akan diimbangi dengan pertimbangan dan perhitungan pasti terlebih dahulu sehingga akan minim risiko.

Perencanaan Manajemen Perusahaan (Management Planning)

sumber: bankwithus.in

Perusahaan harus memiliki kemampuan untuk melihat data di masa lalu dan sekarang, lalu menganalisisnya dan membuat prediksi mengenai masa depan perusahaan. Ini dilakukan dengan bantuan analisis stastistik. Analisis statistik memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi tren yang akan datang atau potensi risiko yang akan dihadapi.

Baca juga: 5 Cara Membuat RAB Sederhana Untuk Bisnis

Dengan ini, perusahaan dapat segera merencanakan strategi untuk kedepannya, baik untuk meningkatkan penjualan, memperluas promosi, ataupun menghadapi risiko. Statistik membantu bisnis untuk merencanakan lebih baik dan membuat prediksi tentang jalan di depan.

Membantu Pengukuran Kinerja (Performance Measurement)

Sumber: hrsoft.com

Analisis statistik membantu perusahaan untuk menilai dan mengidentifikasi kondisi perusahaannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, statistik sangat berperan penting dalam manajemen perusahaan. Dengan bantuan statistik, perusahaan dapat menganalisis kinerja atau produktivitas karyawannya, seperti seberapa banyak unit yang diproduksi atau seberapa cepat tugas diselesaikan.

Perusahaan dapat melihat data ini dan mulai mengidentifikasi kinerja keseleuruhan dari perusahaan. Jika belum mencapai target yang diharapkan, perusahaan memerlukan penyesuaian untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dari karyawan.

Pengumpulan Data Statistik Perusahaan (Statistic Data Collection)

Sumber: lakeco.com

Analisis statistik juga dapat mengumpulkan data-data untuk keperluan perusahaan. Data yang dikumpulkan dengan analisis statistik harus dikumpulkan secara etis, valid, dan bermanfaat.

Dengan bantuan data ini, perusahaan dapat melakukan banyak hal sesuai dengan apa yang sedang diperlukan saat ini. Misalnya data penjualan aktual yang dapat dibandingkan dengan penjualan proyeksi, data keuangan tiap bulan yang dapat dibandingkan ataupun data jumlah pelanggan yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan penjualan suatu produk.

Baca juga: Manfaat Evaluasi Berkala Perusahaan

Data-data ini juga berfungsi untuk keperluan penelitian dan pengembangan (research and development). Dengan data-data yang ada, dapat dilakukan analisis mengenai perilaku konsumen ataupun tren yang akan segera berkembang. Data ini sangat penting dalam penentuan peluncuran produk baru ataupun pengembangan produk yang sudah ada.


Sumber:
https://www.reference.com/world-view/importance-statistics-business-7bb737fb7b8cf1f1
https://bizfluent.com/about-6360783-importance-statistics-industry-business.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...