Home Bisnis Yuk Ketahui Pengertian Hukum Bisnis

Yuk Ketahui Pengertian Hukum Bisnis

Hukum bisnis (business law) adalah salah satu bidang hukum yang luas. Bidang ini mencakup berbagai jenis hukum dan berbagai topik. Bidang ini terdiri dari berbagai bidang yang umumnya diajarkan di kurikulum sekolah hukum dan sekolah bisnis. Ini merupakan cabang hukum yang meneliti topik-topik yang mempengaruhi operasi bisnis. Artikel ini selengkapnya akan menjelaskan secara umum apa itu hukum bisnis dan bagaimana menggunakannya.

Apa itu Hukum Bisnis?

Sumber: thebluediamondgallery.com

Hukum bisnis kadang-kadang disebut hukum dagang atau hukum komersial dan mengacu pada hukum yang mengatur transaksi antara orang-orang dan masalah komersial. Ada dua bidang hukum bisnis yang berbeda: (1) regulasi entitas komersial melalui hukum kemitraan, perusahaan, kebangkrutan, dan agensi; (2) regulasi transaksi komersial melalui hukum kontrak.

Hukum bisnis mencakup semua hukum yang menentukan cara membentuk dan menjalankan bisnis. Ini mencakup semua undang-undang yang mengatur cara memulai, membeli, mengelola, dan menutup atau menjual segala jenis bisnis. Hal ini menetapkan aturan yang harus diikuti oleh semua bisnis.

Pengusaha yang pandai umumnya akan terbiasa dengan hukum bisnis dan tahu kapan harus mencari nasihat dari pengacara berlisensi. Hukum bisnis mencakup hukum negara bagian dan federal, serta peraturan administrasi.

Mengapa Hukum Bisnis itu Penting?

Sumber: www.nylag.org

Tujuan utama hukum bisnis adalah untuk menjaga ketertiban, menyelesaikan perselisihan, menetapkan standar yang diterima secara umum, melindungi hak-hak dan kebebasan ketika menyangkut bisnis dan hubungannya dengan bisnis lain, otoritas pemerintah, dan pelanggan. Alasan lain mengapa hukum bisnis itu penting antara lain:

Menjadi Satu Set Standar Universal

Sebelumnya, pelanggan harus banyak menderita karena tidak adanya hukum yang tepat yang dapat melindungi kepentingan mereka dan uang yang diinvestasikan dalam bisnis tertentu. Karena tidak ada undang-undang yang menaunginya, pemilik bisnis membuat standar mereka sendiri dan membuat pelanggan menderita hanya karena keserakahan untuk menghasilkan lebih banyak uang. Dengan pembentukan hukum bisnis, banyak standar telah ditetapkan yang harus diikuti oleh semua bisnis di seluruh dunia.

Maintenance of Equilibrium

Hal ini menciptakan rasa kepuasan di antara para pelanggan. Dengan tidak adanya undang-undang tersebut, berbagai negara memiliki undang-undang yang berbeda mengenai transaksi bisnis yang menyulitkan pelanggan dan juga penjual untuk membuat kesepakatan. Tetapi sekarang setiap negara memiliki standar yang sama, dan kesepakatan antara pembeli dan penjual mudah dilakukan. Ini membawa kemudahan dalam transaksi bisnis dan transaksi di seluruh dunia.

Kemungkinan Penipuan yang Lebih Kecil

Hukum bisnis membantu pemiliknya mengetahui hukum terhadap bisnis dan individu lain. Hal ini juga membantu individu, untuk menyadari hak-hak terhadap bisnis sehingga mereka dapat menggunakannya jika mereka menjadi korban penipuan dan kesengsaraan bisnis.

Menghadirkan Perilaku Etis

Dengan bantuan hukum bisnis, pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik, dan juga tahu kapan harus mencari bantuan hukum. Setiap bisnis harus mempertahankan perilaku etis tetapi kebanyakan bisnis, dalam keserakahan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan; jangan ikuti perilaku seperti itu. Hukum bisnis mewajibkan semua bisnis untuk memelihara perilaku etis yang pada gilirannya menyenangkan pembeli dan mereka membentuk citra bisnis yang baik.

Baca juga: Cara Menjalankan Komunikasi Bisnis Yang Efektif

Cakupan Keterlibatan Hukum dalam Bisnis

Sumber: thelawpracticeexchange.com

Hukum bisnis sangat penting baik bagi perusahaan maupun konsumen dalam melindungi hak-hak mereka dan mendapatkan layanan yang lebih baik. Adapun cakupannya antara lain adalah sebagai berikut:

Pembentukan Bisnis

Hukum mulai terlibat sejak mendirikan bisnis. Di mata hukum, setiap perusahaan adalah badan hukum mereka sendiri. Memulai bisnis baru biasanya dimulai dengan mengajukan dokumen yang membuat perusahaan secara resmi ada di mata pemerintah. Banyak jenis entitas perusahaan di seluruh negeri.

Proses untuk mengajukan dokumen untuk mendirikan bisnis juga bervariasi dari satu negara ke negara. Pengacara perusahaan dapat membantu pembuat keputusan menimbang pro dan kontra dan membantu mereka memilih entitas yang sesuai dengan kepentingan terbaik mereka. Kemudian, pengacara dapat membantu mereka mengajukan dokumen untuk secara resmi memulai perusahaan.

Membantu Pertimbangan kerja

Setelah perusahaan berjalan, perusahaan membutuhkan karyawan. Perusahaan membutuhkan nasihat hukum untuk membantu mereka memahami cara merekrut dan memecat karyawan.

Perusahaan perlu tahu apa yang mereka butuhkan untuk menawarkan karyawan dalam hal pembayaran dan tunjangan. Ada juga pajak dan pemotongan gaji wajib. Pengacara dapat mengedukasi klien mereka tentang aturan dan praktik terbaik untuk mengelola karyawan.

Hukum Imigrasi

Hukum bisnis dan hukum imigrasi sering bersinggungan. Perusahaan mungkin menginginkan karyawan dari negara lain secara penuh waktu, pekerja sementara, atau mungkin hanya untuk waktu yang singkat untuk acara khusus. Mengetahui cara menavigasi undang-undang imigrasi federal merupakan aspek penting yang membantu perusahaan mendapatkan tenaga yang mereka butuhkan untuk berhasil.

Penjualan Barang-Barang dalam Bisnis

Ada peraturan yang mengatur bagaimana perusahaan dapat membuat produk dan bagaimana mereka bisa menjualnya. Dari kondisi kerja di pabrik, persyaratan distribusi, hingga kontrol harga terdapat semua jenis hukum dan aturan yang mungkin mengatur cara perusahaan membuat dan menjual produknya.

Salah satu dokumen paling berpengaruh untuk operasi perusahaan adalah Uniform Commercial Code. Ini adalah kode model yang menguraikan rekomendasi untuk transaksi komersial. Ini mencakup topik-topik seperti undang-undang penipuan, kontrak, sewa, penjualan, kredit, penjualan massal dan transaksi aman.

Pengacara membantu klien mereka mengidentifikasi hukum yang harus diikuti oleh perusahaan, dan mereka membantu memastikan kepatuhan perusahaan terhadap hukum.

Penyusunan Kontrak dan Negosiasi

Banyak bisnis berkaitan dengan persiapan dan negosiasi kontrak. Suatu kontrak dapat berupa apa saja. Banyak hukum kontrak berasal dari common law. Common law tidak ditulis di mana pun. Sebaliknya, prinsip-prinsip hukum dan aturan yang telah ada dikembangkan melalui pengadilan dari waktu ke waktu. Pengacara tidak hanya harus memahami unsur-unsur hukum kontrak dari kedua undang-undang dan hukum umum, tetapi mereka juga harus memperhatikan hal yang mungkin berdampak pada penegakan kontrak. Mereka harus bekerja dengan klien mereka untuk bernegosiasi dan menyusun kontrak yang terampil untuk kepentingan terbaik klien.

Anti-Trust

Sebagian besar bisnis ingin mengendalikan sebagian besar pasar. Perusahaan yang ingin meningkatkan laba dan pangsa pasar mereka perlu memastikan bahwa mereka melakukannya dengan cara yang legal.

Perusahaan-perusahaan yang menerapkan praktik menipu atau tidak adil untuk memecat pesaing atau menghindari persaingan mungkin mendapati diri mereka sebagai subjek dugaan pelanggaran anti-trust. Pengacara bisnis membantu klien mereka mengidentifikasi perilaku yang mungkin dianggap anti-trust sebelum perilaku tersebut memiliki peluang untuk menciptakan masalah bagi bisnis.

Perlindungan Kekayaan Intelektual Bisnis

Ketika sebuah bisnis menciptakan produk baru, mereka perlu memastikan mereka melindungi penemuan mereka. Memastikan bisnis dapat secara eksklusif menyimpan dan menggunakan produk mereka sendiri berada di bawah hukum kekayaan intelektual dan hak cipta.

Kekayaan intelektual bersifat teknis dan rumit. Pengacara harus memiliki latar belakang ilmiah untuk dapat berpraktik secara formal di hadapan kantor paten dan merek dagang setempat. Perlindungan kekayaan intelektual sangat penting untuk membantu perusahaan mendapatkan keuntungan dari karya baru mereka.

Demikian pula, undang-undang hak cipta membantu perusahaan mengambil untung dari karya kreatif mereka. Pengacara bisnis membantu perusahaan mendaftarkan hak cipta dan menegakkannya. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa suatu bisnis tetap memegang kendali atas pekerjaannya untuk mengkomersialkannya demi keuntungan.

Hukum dalam Pajak

Bisnis berkewajiban membayar pajak. Terdapat pajak, pajak karyawan, dan potongan lainnya yang harus diperhatikan. Selain membantu mematuhi persyaratan pajak, pengacara membantu klien mereka mengambil langkah-langkah hukum untuk meminimalkan beban pajak mereka. Mereka dapat membantu bisnis mengajukan pengampunan pajak khusus atau keringanan yang mungkin tersedia di lokasi tertentu atau untuk industri tertentu.

Kebangkrutan Bisnis

Ketika bisnis mengalami kesulitan keuangan, mereka membutuhkan pengacara untuk membantu mereka menentukan pilihan mereka. Mengajukan kebangkrutan mungkin merupakan satu-satunya pilihan atau opsi terbaik untuk bisnis yang kesulitan. Membuat keputusan untuk mengajukan kebangkrutan hanyalah awal.

Baca juga: Apa itu Model Bisnis? Yuk Ketahui

Ada banyak jenis pengajuan kebangkrutan yang tersedia untuk bisnis. Mereka memiliki persyaratan yang berbeda, dan mungkin ada alasan bahwa bisnis harus memilih satu jenis pengarsipan daripada yang lain. Pengacara bisnis dapat memberikan saran kepada klien mereka tentang pro dan kontra dari berbagai tindakan. Setelah bisnis membuat rencana, pengacara dapat membantu perusahaan menyelesaikan pengarsipan secara akurat dan tetap mematuhi persyaratan terkait.


Sumber:
https://study.com/academy/lesson/what-is-business-law-definition-overview.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Category:Business_law

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...