Home Penghasilan Dunia Kerja Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk atau keluar, dan lain-lain. Nah, dalam suatu rapat pasti sobat telah familiar dengan yang namanya seorang notulen.

Tahukah sobat apa notulen itu? Jika sobat masih belum paham mengenai seorang notulen, maka hari ini kami akan memenberikan penjelasan mendalam tentang seorang notulen; mulai dari pengertian, fungsi, hingga contoh dari notulen rapat. Jadi jangan kemana-mana ya sobat, just stay with us!

Pengertian dari Notulen

Sumber: cdn.prdaily.com

Sebenarnya, apa sih notulen itu? Jika sobat mencari kata notulen pada KBBI (via online/daring), maka sobat akan dirujuk ke suatu kata bernama notula; karena pada dasarnya, notulen adalah bentuk tidak baku dari kata notula. Jadi, mari kita pahami arti kata notula menurut KBBI: menurut KBBI notula adalah catatan singkat mengenai jalannya rapat atau persidangan serta hal yang diputuskan dan dibicarakan.

Berdasarkan pengertian ini, maka dapat kita simpulkan bahwa notula merupakan catatan semua hal yang terjadi dalam suatu persidangan atau dalam artikel kali ini berarti dalam suatu rapat. Lalu, apa notulen itu? Notulen merujuk pada catatan jalannya rapat setelah catatan tersebut telah resmi disahkan. Sang penulis atau pencatat sediri diberikan julukan sebagai notulis.

Namun jangan salah sangka sobat, notula tidaklah dibuat saat rapat berlangsung, justru notula dibuat setelah rapat telah usai. Sang notulis sendiri haruslah hadir dan mengikuti rapat dari awal hingga akhir, sehingga sang notulis dapat merasakan dan mengerti dengan benar nuansa, keadaan, maupun segala hal yang terjadi di dalam rapat sehingga ia dapat menulis notula tersebut secata tepat, detail, dan akurat. Bukan tugas yang mudah, bukan?

Penulisan notula umumnya diserahkan kepada seorang sekretaris, namun tentu saja hal ini tidak menjadi sebuah patokan karena pihak yang berwenang untuk menunjuk memiliki hal untuk memilih siapa saja yang dirasa sanggup mengerjakan tugas ini dengan baik.

Fungsi dari Notulen

Contoh Notulen Rapat
Sumber: i1.wp.com

Sekarang, yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai fungsi dari notulen rapat ini. Karena tentu saja, semua hal ada tujuan dan maksudnya sendiri, bukan?

Sebagai Bukti Solid dan Pasti bahwa Rapat telah Dilaksanakan.

Terkadang, masalah atau sebuah kasus dapat terjadi; saat hal itu terjadi, notula bisa dipakai sebagai alat bukti di pengadilan yang sah. Salah satu contohnya adalah pendaftaran dari suatu organisasi.

Sebagai Informasi bagi Karyawan

Jika kebetulan ada karyawan yang berhalangan hadir, maka notulen ini bisa menjadi sumber informasi mengenai berbagai keputusan dan kesimpulan yang telah dibuat dalam rapat tersebut.

Sebagai Dokumen dan Arsip dari Perusahaan dan Kantor

Notulen dirangkai dengan struktur kronologis yang formal dan rapi, lalu dijilid dan pada umumnya akan masuk sebagai dokumen dan arsip dari perusahaan dan kantor.

Perlu diingat, dalam pembuatan notula sang notulis tidak boleh menuangkan gagasan atau ide pribadinya ke dalam notula. Notula adalah hasil murni dari segala sesuatu yang terjadi selama rapat berlangsung; segala pembicaraan yang terjadi di dalam rapat. Jadi bila sobat terpilih menjadi seorang notulis dalam rapat mendatang, sobat dituntut untuk bersikap objektif dan tidak memihak pihak manapun.

Umumnya, isi dari sebuah notula merupakan tanggung jawab dari pemimpin rapat, sedangkan penulisan dari notula sendiri merupakan tanggung jawab dari sang notulis. Biasanya, sang pemimpin akan membaca notula tersebut untuk pengecekan lebih lanjut sebelum nantinya notula tersebut disahkan menjadi sebuah notulen. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan yang jatuhkan akan menyulitkan pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan notula.

Contoh dari Sebuah Notula

Nah, jika masih bingung cara menulis sebuah notula, sekarang kami akan memberikan contoh pembuatan notula yang baik dan benar dalam penggunaannya sebagai notulen rapat:

Contoh Notulen Rapat.
Sumber: jojonomic.com

 Contoh Notulen Rapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Begitu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan sebuah Unit Kegiatan Masiswa yang terkenal dengan singkatannya yaitu UKM; UKM terdiri dari banyak kelompok mahasiswa yang berbeda-beda. Dalam penyelenggaraannya, semua kelompok akan bersatu demi pembahasan dari UKM ini. Jadi, yuk mari kita simak bersama contoh dari notulen rapat dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Baca juga: 7 Cara Beradaptasi Di Kantor Baru

RAPAT PERSIAPAN PENSI PENYAMBUTAN DIES NATALIS UNIVERSITAS

Hari/Tanggal                       : Senin, 3 Agustus 2020

Waktu                                : Pkl. 10.00 – 13.00 WIB

Materi Rapat                       : Persiapan Pensi Penyambutan Dies Natalis Universitas

Pimpinan Rapat                   : Denting Rangga Suryadewa

Notulis                                : Senja Mahatriya

Peserta                               : 30 Orang

Terdiri Atas                          : 30 Orang

Tidak Hadir                          :      –

Pelaksanaan Rapat               :

Kegiatan Pembukaan            :

  • Acara pembukaan akan dibuka oleh ketua dari acara UKM.
  • Sambutan dari Rektorat.
  • Dalam penyambutan Rektorat memberikan saran bahwa setiap panitia pelaksana kegiatan dipilih dari setiap jurusan sebagai perwakilan mereka masing-masing.
  • Pengisi acara dari Dies Natalis Universitas terdiri dari setiap UKM fakultas.
  • Pembentukan Panitia Pelaksana

Berdasarkan arahan yang telah diberikan oleh Rektorat, maka panitia pelaksana Dies Natalis Universitas yang telah terpilih adalah:

  1. Ketua             : Embun Biru
  2. Sekretaris       : Bayu Lesma
  3. Bendahara      : Hendra Sanjaya
  4. Seksi Acara     : Biru Angkasa Putri, yang nantinya akan dibantu oleh beberapa orang:
  • Restu Putra
  • Awan Lestari Irawan
  • Bunga Natalia
  • Bagus Hendarto
  • Silvia Permata Ayu
  • Andi Bintang Permana

Pelaksana Acara

  1. Persiapan Pensi 5 – 6 Agustus 2020
  2. Rapat Kepanitiaan 4 September
  3. Pelaksanaan kegiatan pensi 6 September 2020

Kegiatan rapat ditutup oleh Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) selaku pimpinan pada pukul 13.00 WIB.

Notulis

Senja Mahatriya

Baca juga: Cara Komunikasi Efektif di Kantor

Seperti itulah salah satu contoh dari notulen sebuah rapat yang bisa sobat gunakan. Nama acara, tempat berlangsung, nama para hadirin, dan juga tempat serta tanggal peristiwa dapat disesuaikan dengan kebutuhan sobat sendiri. Semoga berhasil, kawan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...