Mind Mapping: Manfaat, Cara Membuat, Contoh dan Applikasinya

Pernahkah kamu mendengar kata mind mapping? Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, pasti tidak asing dengan mind mapping. Tetapi, sebenarnya mind mapping tidak hanya dapat digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa untuk membantu proses belajar mengajar lho. Sebenarnya apa itu mind mapping? Apa saja kegunaannya? Bagaimana cara membuatnya? Mari kita ulas bersama-sama.

Pengertian Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping
Sumber: mindmapindo.com

Mind mapping pada awalnya merupakan suatu metode dalam memetakan pikiran yang dipopulerkan pada 1974 oleh Tony Buzan, seorang penulis sekaligus psikolog. Tony mengajarkan tentang bagaimana cara mengakomodir dan memaksimalkan potensi kreativitas otak melalui pembuatan mind map atau peta konsep.

Baca juga: Talent Mapping: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Hasil

Hingga kini, berjuta manusia telah menggunakan metode Tony untuk berbagai kebutuhan, seperti membuat outline, mencatat, dan presentasi. Membuat mind mapping terbukti dapat memudahkan mereka dalam mengingat suatu konsep dengan lebih mudah.

Menurut Tony, mind mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir otak dari satu arah ke segala arah dan dapat mengambil berbagai sudut pandang pikiran. Metode Tony membuat seseorang berpikir secara luas setelah mengambil satu kata kunci, yaitu dengan membuat cabang-cabang pemikiran yang ditarik dari kata kunci tadi ke segala arah mata angin.

Selain Tony, ada beberapa ahli lain yang mengemukakan definisinya mengenai apa itu mind mapping. Yang pertama, Caroline Edward berpendapat bahwa mind mapping merupakan metode atau cara yang paling efektif dan efisien dalam memasukkan maupun mengeluarkan informasi dan data ke dan dari otak.

Yang kedua, Melvin L. Sliberman menyatakan bahwa mind mapping ialah cara berpikir kreatif yang dilakukan dalam kegiatan mencatat materi, untuk menghasilkan ide-ide dari materi yang sedang dipelajari, atau merencanakan suatu penelitian.

Yang ketiga ada Bobby De Porter yang mendefinisikan mind mapping sebagai proses memanfaatkan fungsi otak secara maksimal, ditambah dengan memanfaatkan citra grafis dan visual dalam memproses informasi ke otak. Menurutnya, mind mapping menggabungkan fungsi otak kiri dan kanan sehingga seseorang dapat memproses informasi ke otak dengan lebih mudah.

Terakhir ada Mike Hernacki yang berpandangan bahwa mind mapping adalah suatu teknik mencatat informasi dalam bentuk yang kreatif dan efektif, sehingga turut mengembangkan potensi otak kiri dan kanan.

Sementara itu, Oregon State University mendefinisikan bahwa mind mapping adalah metode untuk memetakan pikiran dengan diagram untuk menampilkan data atau informasi secara visual. Hampir senada dengan itu, Emerald Publishing menyatakan bahwa mind mapping merupakan cara untuk menghubungkan beberapa konsep kunci dengan menggunakan garis, gambar, dan link.

Tujuan Membuat Mind Mapping  

Tujuan Mind Mapping
Sumber: nesabamedia.com

Dari definisi mind mapping di atas, dapat kita tarik benang merah mengenai apa tujuan membuatnya:

  1. Menyeimbangkan dan memaksimalkan kinerja otak kiri dan kanan dengan memanfaatkan citra grafis dan visual.
  2. Memasukkan dan memproes informasi ke otak dengan lebih mudah, efektif dan efisien.
  3. Membuat seseorang bukan hanya menghafal, melainkan dapat memahami materi secara keseluruhan sehingga paham konsep materi secara utuh.
  4. Memudahkan pemetaan pemikiran sehingga terlihat jelas gambaran keseluruhan materi yang ingin dipelajari.
  5. Mengorganisasikan pikiranmu sehingga menjadi terorganisir, tertata dan lebih jelas.

Pada dasarnya, mind mapping merupakan suatu metode untuk memudahkan kita memproses segala jenis informasi agar lebih mudah diterima oleh otak. Dan tidak ada aturan baku dalam membuat mind map. Oleh karenanya, kamu bisa mengeksplorasi gaya mind mapping-mu sendiri. Jadi, kamu bisa mencapai tujuan penggunaan mind map sesuai dengan preferensi pribadi dan daya kreativitasmu sendiri.

Manfaat Membuat Mind Mapping

Manfaat Mind Mapping
Sumber: mindmeister.com

Ada banyak hal yang bisa kamu peroleh ketika kamu terbiasa menggunakan metode mind mapping dalam berbagai kegiatan yang memerlukan proses review, mengingat kembali, atau mempersiapkan suatu materi untuk presentasi. Apa sajakah itu?

1. Tak hanya bermanfaat untuk me-review materi di sekolah dan kuliah saja, tetapi juga dapat digunakan di dunia kerja.

Ya, kamu bisa menerapkan mind mapping ketika sedang menyusun rencana bisnismu misalnya. Atau saat kamu mendapat tugas untuk mempresentasikan suatu pekerjaan, kamu juga bisa menggunakan metode mind mapping lho!

2. Meningkatkan kemampuan daya ingat kamu, khususnya untuk mengingat suatu hal yang penting.

Ketika kamu membuat suatu mind mapping, secara tidak sadar kamu akan me-review kembali materi yang sedang kamu pelajari. Itu seperti membaca kembali dengan metode yang berbeda. Tentunya lebih menyenangkan dan tidak kamu sadari. Sehingga, proses ini akan meningkatkan ketajaman daya ingatmu, terlebih untuk sesuatu yang penting dan menjadi kata kunci.

3. Melatih konsentrasi dan ketelitian dalam memilah berbagai macam informasi.

Membuat mind mapping mau tak mau akan memaksa kamu untuk memilah berbagai informasi menurut tingkat prioritas atau skala penting tidaknya suatu informasi. Juga, mengelompokkannya berdasarkan satu ruang topik yang sesuai. Proses tersebut menuntut ketelitian dan konsentrasi kamu dalam melakukannya.

4. Mengasah daya kreativitas dan ketajaman imajinasi dalam merangkai informasi penting yang telah diperoleh.

Ketika kamu sedang membuat rangkuman atas suatu materi menggunakan metode mind mapping, secara bersamaan, kamu akan melatih imajinasi dan kreativitasmu dalam menuangkannya secara menarik. Rangkuman yang menarik akan memudahkan otak kanan dan kiri dalam memproses suatu informasi. Sehingga, hal itu akan mendorong kita untuk lebih sering membacanya kembali karena suka, senang, dan nyaman membacanya.

5. Ketika mind mapping sudah jadi, akan menghemat waktu kamu dalam mempelajari dan memahaminya kembali.

Jika kamu terbiasa menggunakan metode mind mapping, kamu akan lebih mudah dalam me-review kembali materi secara keseluruhan. Sebab, kamu tidak perlu lagi membaca satu buku secara keseluruhan untuk mendapatkan poin-poin penting yang kamu perlukan. Kamu tinggal melihat kembali peta pikiran yang telah kamu buat untuk materi itu. Ini lebih efektif dan menghemat waktumu bukan?

6. Jika ada informasi baru, kamu hanya perlu menambahkan cabang baru tanpa merusak keseluruhan mind map.

Jika ada data atau informasi baru, kamu tinggal menambahkannya tanpa merusak keseluruhan mind map. Kamu hanya perlu menarik cabang baru dari pusat topiknya, kemudian mengembangkannya. Proses ini akan lebih mudah jika kamu menggunakan aplikasi khusus untuk membuat mind map.

Banyak sekali bukan manfaat dari metode satu ini? Tak ada salahnya jika kamu mulai belajar menggunakan mind mapping untuk mempermudah pekerjaanmu!

Cara Membuat Mind Mapping    

Sampai sini, kamu sudah paham mulai apa itu mind mapping, tujuannya dan manfaatnya. Lantas, bagaimana cara membuat mind mapping? Membuatnya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan hanya satu kata atau frasa untuk setiap kata kunci. Ini untuk memudahkanmu mengingat konsep.

Buatlah Tema Utama yang akan menjadi Topik Sentral
Sumber: lifehack.org

2. Buatlah tema atau topik utama yang akan menjadi topik sentral. Letaknya persis di tengah mind map-mu. Jika kamu menggunakan kertas, pastikan kamu benar-benar meletakkannya di tengah. Jika kamu menggunakan aplikasi, kamu tak perlu memusingkan letak, sebab akan diatur secara otomatis oleh aplikasi.

Tambahkan Cabang yang Paling Berkaitan dengan Topik Utama
Sumber: lifehack.org

3. Tambahkan ranting atau cabang yang paling berkaitan dengan topik utama. Bagaimana cara menentukannya? Tanyakan pada diri kamu, ide apa yang pertama kali muncul di pikiranmu ketika kamu memikirkan topik utama mind map-mu. Gambar atau tariklah garis dari topik utama, dan tuliskan jawabannya.

Tambahkan Sub Cabang untuk Mengisi Informasi yang Lebih Relevan
Sumber: lifehack.org

4. Selanjutnya, kamu perlu menambahkan sub-cabang untuk mengisi ide-ide atau informasi yang lebih relevan.

Ulangi Langkah Kedua dan Ketiga Hingga Seluruh Informasi Tertuang dalam Mind Map
Sumber: lifehack.org

Ulangi langkah kedua dan ketiga hingga semua informasi atau ide kamu telah tertuang dalam mind map-mu.

Bagaimana, terlihat mudah bukan? Kamu harus segera mencoba untuk membuktikannya! Oh ya, untuk membuat mind mapping, kamu bisa menggunakan beberapa teknik berikut ini:

1. Cabang demi cabang. Jadi, kamu bisa fokus menyelesaikan satu cabang hingga detail ide atau informasi yang terpikirkan olehmu. Baru kemudian kamu beralih ke cabang selanjutnya.

2. Level demi level. Dengan teknik ini, kamu menambahkan elemen pada mind map-mu satu tingkat dalam satu waktu, secara bergantian. Hal itu berarti, pertama-tama kamu akan menambahkan elemen di cabang yang paling dekat dengan topik sentral. Kamu akan fokus di cabang ini hingga seluruh elemen telah tertulis di mind map-mu.

3. Tambahkan elemen. Kamu bisa menambahkan elemen ke dalam mind map-mu secara bebas saat ide tertentu muncul di kepalamu, tanpa urutan tertentu.

Baca juga: Problem Solving: Tahapan, Strategi dan Cara Meningkatkannya

Aplikasi Mind Mapping  

Membuat mind mapping menggunakan aplikasi akan lebih rapi dan kamu bisa secara bebas menambahkan elemen-elemen informasi ke dalamnya tanpa khawatir merusak estetikanya. Sebab, di aplikasi khusus untuk membuat mind mapping, ia akan menyesuaikan secara otomatis ketika kamu memasukkan data tertentu, membuat cabang-cabang, dan menyisipkan elemen pendukung seperti gambar, klip video dan sebagainya.

Nah, apa saja aplikasi mind mapping yang paling direkomendasikan?

  1. IMindMap

Aplikasi Mind Mapping, IMindMap
Sumber: wikipedia.org

Aplikasi mind mapping yang pertama ini diperkenalkan oleh ThinkBuzan Ltd. Aplikasi ini lebih sering digunakan oleh para pengajar dan pelajar di sekolah untuk membuat berbagai resume bahan atau materi pembelajaran mereka. Aplikasi IMindMap dapat dioperasikan di sistem operasi komputer seperti Windows, Macintosh, Linux dan Mac OS.

Untuk membuat mind map menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kamu harus menentukan dahulu latar belakang mind map-mu. Kemudian, lingkaran untuk memasukkan kata kunci atau topik utama-mu akan muncul. Setelah memasukkan kata kunci, kamu bisa melanjutkan dengan menambah cabang-cabang dengan menarik garis sebagai penghubung antar lingkaran dengan memilih pilihan draw atau arrow.

Setelah semua kata kunci kamu masukkan, perlahan-lahan bentuk mind mapping-mu akan terlihat. Kamu bisa mengubahnya sesuai dengan preferensimu. IMindMap menyediakan berbagai template yang bisa kamu gunakan sepuasnya. Kamu juga bisa menambahkan gambar, audio atau video ke dalam mind map tersebut.

Fitur keunggulan dari IMindMap terletak pada desain visualnya yang menarik. Juga, pada fitur presentasinya. Dengan aplikasi IMindMap, kamu memiliki alternatif baru untuk melakukan presentasi dengan lebih kreatif dan menarik.

  1. Ayoa

Aplikasi Mind Mapping, Ayoa
Sumber: ayoa.com

Aplikasi mind mapping yang kedua ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Chris Griffiths yang telah mendalami mind mapping selama lebih dari 12 tahun.  Ayoa juga merupakan aplikasi berbasis cloud yang terhubung dengan berbagai jenis penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Dengan fitur tersebut, kamu dapat menyinkronkan pekerjaan kamu di Ayoa dengan kalender Google

Selain itu, dengan aplikasi ini, kamu juga dapat melakukan manajemen tugas secara berkelompok. Sehingga, selain dapat menggunakan Ayoa secara individu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan teman-teman atau timmu.

Ayoa menawarkan platform yang terbilang komplit. Ia memungkinkan kamu untuk mengeksplor ide-ide kreatif melalui visualisasi mind map yang cantik dan sesuai dengan preferensi kamu. Juga, kamu bisa membuat daftar tugas yang harus kamu selesaikan, berkolaborasi dengan orang lain dan memantau pekerjaan mereka dalam satu platform.

Desain visual Ayoa sedemikian unik hingga dapat memicu kreativitas penggunanya untuk memunculkan ide-ide yang hebat. Pada dasarnya, desain visual Ayoa transpirasi dari gambar mind map yang dibuat secara tradisional dengan tangan. Sehingga, kesan otentik dan uniknya dapat kamu rasakan ketika menggunakan aplikasi ini.

Ada beberapa pilihan fitur dalam membuat mind map di aplikasi Ayoa. Di antaranya, Organic Mind Maps untuk membuat cabang yang melengkung dan terlihat halus; Speed Mind Maps untuk membuat cabang dengan bentuk kotak dan tata letak otomatis; serta, Radial Maps yang memungkinkan kamu untuk menggunakan pie-chart dalam mempresentasikan ide-ide kreatifmu.

Secara khusus, jika dibandingkan dengan aplikasi mind mapping lainnya, Ayoa memiliki beberapa fitur unggulan seperti pembuatan ide yang relatif cepat, serta visualisasi dan pemilihan huruf, warna dan format yang menarik.

  1. Lucid Chart

Aplikasi Mind Mapping, Lucid Chart
Sumber: lucidchart.com

Lucid Chart sebagai aplikasi pembuat mind mapping menyediakan berbagai jenis kebutuhan pembuatan mind mapping kamu. Seperti, diagram alur sederhana hingga diagram alur yang sifatnya kompleks.

Di aplikasi ini juga disediakan berbagai macam template untuk membantu kamu mendapatkan inspirasi desain mind map. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur unggulan seperti kolaborasi real time, manajemen tim dan akses, manajemen perubahan mind map dan riwayatnya, serta masih banyak fitur integrasi lain yang akan memudahkan kerja timmu.

Lucid Chart juga memiliki fitur jagoan berupa kemampuan hebatnya dalam menghubungkan data. Dengan menghubungkan data, kamu dapat menghubungkan bentuk dan diagram yang ada ke data yang langsung disimpan dalam spreadsheet.

Setiap perubahan data dalam spreadsheet, akan terlihat secara otomatis dalav diagram dan bagan kamu. Sehingga, pekerjaanmu akan lebih efisien karena tidak lagi dibebani dengan pekerjaan-pekerjaan manual yang membosankan.

  1. SimpleMind

Aplikasi Mind Mapping, Simple Mind
Sumber: simplemind.edu

Aplikasi mind mapping satu ini telah didownload lebih dari 1 juta kali oleh pengguna di Play Store. SimpleMind juga mengklaim bahwa mereka telah melakukan pengembangan selama lebih dari 7 tahun sehingga memiliki berbagai fitur unggulan yang dibutuhkan pengguna.

Misalnya, kamu dapat menuliskan ide-ide kreatifmu, kemudian langsung mendesainnya semenarik mungkin sesuai dengan keinginanmu. Fitur-fitur menarik yang disediakan oleh SimpleMind antara lain kamu dapat menyisipkan gambar, voice note, dan video ke dalam presentasi mind mapping-mu. Menarik sekali, bukan?

  1. Coggle

Aplikasi Mind Mapping, Coggle
Sumber: Coggle.it

Coggle merupakan platform untuk membuat mind map dengan menggunakan diagram alir. Platform dan aplikasi Coggle memungkinkan kamu untuk membuat catatan ide dengan mudah yang kemudian bisa kamu diskusikan bersama temanmu secara real time. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memberi dan mengubah idemu sewaktu-waktu.

Yang menjadi keunggulan dari Coggle adalah tampilannya yang sederhana. Dengan tampilan itu, kamu dijamin tidak akan kebingungan menggunakan fitur-fitur yang disediakan di sana. Kamu bisa mulai membuat mind mapping-mu dengan mudah sesuai preferensimu.

Baca juga: Tujuan Pendidikan: Definisi Serta Fungsinya di Indonesia

  1. Mind Meister

Aplikasi Mind Mapping, Mind Meister
Sumber: Mindmeister.com

Dengan Mind Meister, kamu dapat membuat mind mapping secara online yang akan memudahkan kamu dalam mengintegrasikan pekerjaanmu dengan lebih mudah. Tentu, kamu dapat mengembangkan peta pemikiranmu dengan lebih leluasa. Sebab, platform ini memang didesain untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan mengembangkan serta saling berbagi ide secara visual.

Yap, seperti yang kamu bayangkan. Fitur menarik yang dimiliki Mind Meister adalah kamu dapat saling berbagi hasil karyamu dengan orang lain, dan sebaliknya. Sehingga, kamu akan mendapatkan banyak sekali referensi desain pembuatan mind map yang  menarik dan unik.

Jika kamu ingin mengerjakan suatu project secara berkelompok, kamu bisa menggunakan fitur komentar dan obrolan yang disediakan oleh platform Mind Meister. Berkolaborasi dengan tim akan terasa lebih mudah dan menyenangkan dengan fitur tersebut.

Sejauh ini, Mind Meister telah digunakan oleh lebih dari 13 juta pengguna untuk membantu mereka membuat rencana bisnis dan laporan mingguan di kantornya. Atau juga, sekedar sebagai bahan brainstorming dan membuat karya visual kreatif lainnya.

  1. Scapple

Aplikasi Mind Mapping, Scapple
Sumber: literatureandlatte.com

Scapple didirikan pada 2006 oleh Literature and Latte yang merupakan kelompok penulis untuk membantu kebutuhan mereka. Pada waktu itu, tujuannya hanya satu, yaitu menawarkan cara sederhana bagi para penulis atau calon penulis untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka.

Aplikasi Scapple terhitung cukup ringan dan sederhana dengan sedikitnya alat-alat mind mapping. Namun sayangnya, oleh karena kesederhanaannya, aplikasi ini tidak menyediakan opsi untuk menyisipkan file berupa audio dan video, yang mungkin kamu perlukan untuk mempresentasikan hasil pekerjaanmu. Meskipun, file berformat teks seperti doc dan pdf, bahkan gambar masih bisa kamu sisipkan.

Tetapi meski begitu, aplikasi ini perlu diacungi jempol karena skema uji coba gratis selama 30 harinya akan dihitung hanya pada hari-hari ketika kamu benar-benar menggunakannya.

  1. Mindomo

Aplikasi Mind Mapping, Mindomo
Sumber: mindomo.com

Aplikasi mind mapping terakhir ini merupakan perpaduan antara gratis dan berbayar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk Operating System Windows, Linux dan Mac. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di iPad dan Android, sehingga memungkinkan kamu dapat menggunakannya secara praktis meski sedang bepergian.

Mindomo memberikan kesempatan 3 kali membuat mind mapping secara gratis, tentu dengan fitur yang terbatas. Jika kamu hendak menyisipkan audio atau video, menyimpan mind mapping-mu ke penyimpanan cloud seperti Drop Box, atau mengekspor mind map-mu ke format lain, kamu perlu meningkatkan layanan dengan paket berbayar.

8 Contoh Mind Mapping  

Dalam membuat mind mapping, akan lebih mudah jika kamu memiliki banyak referensi model dan desain mind mapping. Memang ada banyak sekali referensi model mind map, mulai yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut beberapa contoh mind mapping untuk memperkaya referensimu.

  1. Mind Map untuk Brainstorming

mind map untuk brainstorming
Sumber: pinterest.co.uk

Mind map adalah salah satu metode yang paling baik untuk melakukan brainstorming. Kamu bisa mulai menggambar map ketika kamu memiliki ide untuk suatu proyek, esai atau berbagai pekerjaanmu lainnya. Menggambar mind map akan membuat daya kreatifmu mengalir dengan sendirinya.

Beberapa manfaat menggunakan mind map sebagai media untuk brainstorming antara lain:

  1. Membantu kamu dalam mengambil informasi dari memori otakmu.
  2. Membantu pikiranmu mengalir dengan bebas sehingga kamu dapat menemukan berbagai ide baru.
  3. Mengidentifikasi hubungan antara setiap ide.
  4. Membantu kamu melihat gambaran konsep secara utuh.

Jika kamu mengalami kendala di tengah membuat mind map karena stuck atau kehabisan ide misalnya, kamu bisa mengatasinya dengan membuat cabang kosong terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menyediakan waktu dan tempat untuk otakmu dalam mengembangkan ide kreatif untuk memperluas mind mapping-mu.

  1. Mind Map untuk Mencatat

mind map untuk mencatat
Sumber: mindmapunleashed.com

Cara menggunakan mind map untuk mencatat adalah membuatnya secepat mungkin. Oleh karena kamu dituntut untuk menggambar mind map dalam waktu singkat, gunakan model mind map yang sederhana saja.

Cara ini mungkin kamu perlukan ketika mendengarkan penjelasan dari gurumu atau ketika mendengarkan presentasi seseorang. Daripada menuliskan dengan kalimat yang panjang, menemukan kata kunci lantas saling menghubungkannya dengan garis ke kata kunci lainnya yang saling terkait sepertinya jauh lebih mudah.

Biasakanlah untuk menghabiskan waktu sesedikit mungkin dalam membuat mind map. Jangan membuat mind map sebagai tujuan. Sebab, mind mapping hanya sebagai instrumen atau alat yang memudahkan kebutuhanmu dalam mengingat dan memahami sesuatu. Menghabiskan waktu terlalu banyak dalam membuat mind map hanya akan membuang waktu jika kamu tidak bisa mengingat dan memahami gambaran besarnya.

Atau jika kamu membuat resume dari buku dengan mind map, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi. Itu akan jauh lebih mudah.

  1. Mind Map untuk Mengingat dan Menghafal

mind map untuk mengingat dan menghafal
Sumber: mindmapunleashed.com

Gambar mind map di atas dibuat oleh Dr. Anthony Metevier, seorang ahli memori sekaligus penulis dan profesor. Dalam mind map tersebut, Dr. Anthony tidak menggambar mind map yang formal. Melainkan sangat praktikal.

Dr. Anthony ingin menunjukkan bahwa mind map adalah alat untuk merangsang memori kita untuk memunculkan ingatan yang spontan. Menggambar mind map bukanlah suatu tujuan, tetapi hanya metode untuk mencapai sesuatu.

Metode mind mapping dapat membantu kamu dalam mengingat semua jenis informasi hingga detail-detail penting yang tak boleh terlewatkan. Dalam buku The Mind Map Book, Tony Buzan menjelaskan mengapa mind mapping merupakan alat yang hebat dalam mengingat dan menghafal.

Tony menyatakan bahwa mind mapping memanfaatkan semua keterampilan kortikal kita sekaligus mengaktifkan otak kita di semua tingkatan. Yang kemudian membuatnya lebih waspada dan terampil dalam mengingat. Daya tarik mind map membuat otak ingin kembali ke sana dan mendorong kemungkinan ingatan yang spontan.

  1. Mind Map untuk Membuat Esai

Mind Map untuk membuat Esai
Sumber: ayoa.com

Dalam berbagai tingkatan pendidikan, esai dan laporan merupakan tugas yang hampir selalu ada dan diberikan kepada para pelajar. Terlebih lagi, dalam banyak mata pelajar dan mata kuliah, esai merupakan komponen penting yang bernilai besar, apalagi dalam suatu ujian.

Esai mendorong kamu untuk mengembangkan pendekatan yang disiplin, berpikir kritis dan terstruktur dalam mengatur pemikiran kamu, serta dalam menyampaikan gagasan dan informasi tentang suatu topik.

Terbiasa membuat mind map terlebih dahulu akan menjadi kebiasaan baik dalam menulis. Kamu akan lebih mudah menuangkan isi kepalamu dalam uraian-uraian yang jelas, padat, dan sistematis.

  1. Mind Map untuk Bekerja Secara Berkelompok

mind map untuk bekerja secara berkelompok
Sumber: Chrome.google.com

Mind map dapat menjadi salah satu alternatif untuk memvisualisasikan pekerjaanmu dengan lebih baik. Kini, dengan berbagai aplikasi dan platform mind mapping online yang ada, kamu bisa dengan lebih mudah mengerjakan proyek atau tugas kelompok secara online.

Ada banyak platform mind mapping yang menyediakan fitur chat dan sebagainya untuk menunjang pekerjaan kolaboratifmu. Kamu bisa mengatur dan menetapkan tugas untuk masing-masing anggota timmu. Kalian bisa mengakses dan mengeditnya secara real time.

  1. Mind Map untuk Memahami Grammar

mind map untuk belajar memahami grammar
Sumber: cdn6.mindmeister.com

Kamu juga bisa menggunakan mind map untuk mempelajari bahasa. Grammar dalam Bahasa Inggris misalnya, yang cukup populer dengan kerumitannya. Kamu bisa menentukan apa perbedaan dari setiap aturan, juga menambahkan sebuah contoh yang akan membantu kamu dalam mengingat setiap aturan. Membuat mind mapping akan memudahkanmu menemukan, mengingat dan menghafal setiap pola aturan yang terbentuk dalam grammar.

  1. Mind Map untuk Bisnis

mind map untuk bisnis
Sumber: mindwerx.com

Mind mapping juga bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah rencana bisnis, baik individual maupun berkelompok. Ide-ide kreatif tentang bagaimana rencana bisnismu berjalan akan lebih mengalir dengan menggunakan mind map. Mulai ide untuk menjual produk tertentu, bagaimana cara untuk memasarkannya, siapa targetnya, kenapa orang-orang harus membelinya, dan sebagainya.

  1. Mind Map untuk Presentasi Kreatif

mind map untuk presentasi kreatif
Sumber: pinterest.com

Daripada menggunakan aplikasi presentasi yang monoton, kamu bisa mulai mencoba alternatif mind map sebagai alat untuk melakukan presentasi kreatif. Audiens bisa lebih fokus dengan mind map mode presentasi.

Tentu, kamu tidak hanya bisa menampilkan satu mind map utuh kemudian menjelaskannya satu per satu. Melainkan, mind map mode presentasi bisa melakukan lebih dari itu. Ia akan menunjukkan step by step dari setiap cabang dalam mind mapping-mu. Kamu bisa mengaturnya sesuai dengan preferensimu. Mudah bukan?

Baca juga:  Cara Berpikir Kritis

Nah, itulah tadi uraian kita tentang mind mapping dari pengertiannya hingga contoh-contohnya. Semoga setelah membaca tulisan ini, kamu bisa membuat mind map kreatif yang dapat membantu kamu dalam memahami dan menguasai materi kamu ya.

Artikel Terbaru

Tiars

Tiars

Seorang content writer yang suka menulis topik wisata, pendidikan dan kesetaraan sekaligus mahasiswi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial di Universitas Jember. Jurusan Ilmu Kesos ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan ilmu terapan dimana mahasiswa akan belajar bagaimana meningkatkan keberfungsian sosial seseorang dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *