Home Memasak Cara Menumis Bawang Putih Yang Enak

Cara Menumis Bawang Putih Yang Enak

Bawang putih adalah salah satu bumbu penting dalam suatu masakan. Walaupun baunya cukup meyengat tapi rasanya jika dicampur dengan bumbu-bumbu yang lain akan terasa lebih nikmat. Apalagi untuk masakan khas Indonesia sepertinya sangat jarang sekali yang tidak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dalam masakannya.

Untuk itu, penting sekali buat Kamu mengetahui cara menumis bawang putih yang benar.Karna jika tekniknya salah, bawang putih bisa gosong dan mempengaruhi rasa masakan. Mau tahu apa saja yang harus Kamu lakukan supaya bawang putih tidak gosong saat ditumis? Berikut ini beberapa tips bagus yang bisa Kamu coba supaya hasil bawang goreng bisa pas dan tak gosong:

Bawang Putih Harus Dicincang sampai Halus

cara menumis bawang putih
Sumber: wikihow.com         

Dengan mencincang bawang putih sampai halus akan membuat minyak goreng lebih mudah terserap dan lebih mudah digoreng jika dibandingkan dengan bawang putih yang masih utuh. Karenanya pastikan pisau yang Kamu pakai untuk mencincang cukup tajam, supaya hasilnya bisa kecil dan tak terlalu tebal. Dengan begitu penyerapan minyaknya bisa optimal.

Jangan Gunakan Api Terlalu Besar Saat Menggoreng

cara menumis bawang putih
Sumber foto : banjarmasin.tribunnews.com

Terkadang orang beranggapan dengan menggunakan api besar saat menggoreng dianggap ideal dan dianggap bisa mematangkan makanan dengan sempurna. Tapi ternyata ini adalah hal yang salah, karena dengan menggunakan api besar akan memberikan efek panas yang lebih cepat, tetapi panas yang dihasilkan itu tidak akan merata.

Setelah minyak dimasukkan dalam penggorengan, nyalakan api sedang saja. Agar bawang putih mendapatkan panas yang lebih merata dan pastinya untuk menghindari bawang putih yang gosong.

Tuanglah Minyak Goreng Secara Merata di Atas Penggorengan

Dengan meratakan minyak goreng akan membuat minyak goreng cepat panas, dan panas dari api tidak hanya berkumpul di satu titik saja. Ratakan minyak searah jarum jam, dan lakukan itu cukup sekali saja supaya minyak tidak berkumpul di ujung sodet.

Setelah meratakan minyak goreng, masukkan bawang putih yang telah dicincang halus tadi. Ingat jangan tunggu sampai minyak menjadi terlalu panas, tapi Kamu bisa memasukkan bawang putih ke penggorengan sebelum minyak memanas.

Jangan Mengaduk Bawang Putih Saat Menggorengnya

cara menumis bawang putih
Sumber foto : resepmasakandapurarie.com

Mengaduk saat menggoreng adalah kesalahan yang biasa dilakukan seseorang saat menumis bawang putih. Sayangnya masih ada banyak orang yang justru melakukannya dengan alasan supaya wangi bawang putih lebih cepat tercium. Ternyata dengan mengaduk bawang putih sebelum minyak goreng panas justru membuat bawang putih lengket ke penggorengan, dan hal ini akan membuat bawang putih sulit untuk ditumis bahkan jadi mudah gosong.

Tumis Bawang Putih Hingga Harum

cara menumis bawang putih
Sumber foto : web.facebook.com

Saat minyak goreng sudah memanas, baru aduk dan tumis bawang putih. Tidak ada tolak ukur waktu dalam menumis bawang putih. Namun, salah satu ciri bawang putih yang sudah selesai ditumis yaitu ketika wangi khasnya dapat Kamu cium. Setelah bawang putih selesai ditumis, baru Kamu bisa memasukkan bahan-bahan masakan lain.

Baca juga: Yuk Kenali Teknik Memanggang

Menumis bawang putih memang membutuhkan sedikit trik supaya masakan tetap enak dan pastinya tidak gosong. Semua tips sudah dikupas tuntas smoga diatas bisa membantu Kamu agar lebih mudah menumis bawang putih.

Selamat Mencoba…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...