Home Pengembangan Diri Soft Skills 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Pemimpin adalah orang yang dijadikan panutan dan mengayomi anggota-anggotanya. Sebagai pemimpin yang menginginkan kemajuan dan kesuksesan dalam mencapai target usahanya, sudah seharusnya membangun budaya inisiatif kepada anggota-anggotanya. Kesuksesan pemimpin membangun budaya inisiatif akan berdampak pada kesuksesan dalam mencapai target usahanya.

Pemimpin sebagai pelopor membangun budaya inisiatif yang ingin membangun inisiatif kepada keseluruhan anggota, terlebih dahulu sebagai pemimpin dapat menerapkan inisiatif tersebut. Tentunya kamu harus membenahi diri kamu sebagai pemimpin, sebelum kamu berusaha menularkan semangat inisiatif pada anggota-anggotamu. Simak caranya ya!

Jadikan diri kamu sebagai teladan

cara menumbuhkan inisiatif sebagai pemimpin
Sumber foto : startinguptips.com

Sebelum kamu mengarahkan anggota kamu untuk melakukan inisiatif, terlebih dahulu kamu harus memberikan teladan atau contoh penerapannya. Agar anggota dapat melihat contoh inisiatif dari pemimpin, kemudian berikan arahan agar anggota turut mengikuti untuk inisiatif, contohnya seperti pertama kali datang ke kantor, memperhatikan detail-detail secara teliti,

Berikan arahan inisiatif pada anggota tim

cara menumbuhkan inisiatif sebagai pemimpin
Sumber foto : videohive.net

Kamu dapat memberikan arahan bahwa untuk mencapai target perusahaan dibutuhkan budaya inisiatif pada setiap anggota, karena budaya inisiatif dapat menciptakan kinerja tim yang lebih baik. Oleh karenanya kamu berharap pada semua anggota tim untuk dapat bekerja dan membuat keputusan dengan inisiatif. Terus-menerus membiasakan inisiatif dalam bekerja.

Menjadikan inisiatif menjadi budaya perusahaan

cara menumbuhkan inisiatif sebagai pemimpin
Sumber foto : focusdigitaldh.com

Jika inisiatif adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan perusahaanmu. Maka kamu bisa menjadikan inisiatif ini sebagai budaya, dengan menjadikan budaya inisiatif diperusahaan maka kamu sebagai pemimpin juga harus memberikan fasilitas dengan saluran komunikasi yang baik dan terbuka antar tim serta lingkungan kreatif untuk menunjang inisiatif anggota.

Apresiasi dan berikan penghargaan pada anggota yang inisiatif

cara menumbuhkan inisiatif sebagai pemimpin
Sumber foto : loanblaster.co.nz

Dengan memberikan penghargaan semacam hadiah pada anggota tim yang inisiatif, melakukan sesuatu yang baru sekecil apapun itu, akan memacu daya inisiatif anggota tim kamu. Secara tidak langsung juga akan mengundang anggota kamu yang lain untuk melakukan inisiatif-inisiatif lainnya. Walaupun awalnya di iming-imingi hadiah, lama kelamaan akan terbentuk kebiasaan.

Toleransi kesalahan sebagai pembelajaran

cara menumbuhkan inisiatif sebagai pemimpin
Sumber foto : cnbc.com

Manusia adalah makhluk pembelajar, yang senantiasa belajar dalam setiap kesalahan yang dilakukan. Jangan sampai satu kesalahan yang dilakukan anggota tim dapat menutup semua kebaikan anggota yang telah dia berikan. Dengan memberikan toleransi kesalahan dapat membuat anggota tim lebih berkembang dengan belajar dan melakukan dengan lebih baik.

Dengan informasi 5 cara menjadi pemimpin yang inisiatif, pastinya kamu sudah menemukan inspirasi baru untuk menumbuhkan rasa inisiatif kamu juga kan? Dari pemimpin yang inisiatif kamu dapat menularkan semangat inisiatif kepada anggota kamu. Jika keseluruhan anggota tim kamu belum inisiatif, maka kamu harus evaluasi dan terus berbenah untuk menjadi pemimpin yang inisiatif.

Baca juga: Tips Mendelegasikan Tugas ke Bawahan

Untuk membangun budaya pada anggota tim memang tidak mudah, kamu hanya perlu terus berusaha melakukannya dan terus mengevaluasi setiap langkah-langkah. Nikmati prosesnya dari awal kali berasal dari kamu sebagai pemimpin dengan melihat perkembangan kinerja anggota tim kamu dan terus menularkan semangat inisiatif bagi tim kamu. SEMANGAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...