Home Komunikasi 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Kemampuan public speaking menjadi kemampuan yang dibutuhkan di banyak perusahaan. Kemampuan ini wajib dimiliki oleh seorang trainer, pembicara seminar, workshop dan lain-lain. Namun saat ini mulai berkembang dan bahkan perlu dimiliki oleh staf kantor diluar trainer, sebab mereka juga bertugas untuk melakukan presentasi di hadapan bos dan staf lainnya.

Untuk menjadi ahli di bidang public speaking, hanya dibutuhkan kemauan untuk berlatih. Karena orang-orang yang saat ini ahli public speaking, awalnya juga kesulitan dan menjalani proses latihan. Berikut ada 7 cara meningkatkannya, sehingga bisa kamu coba mulai hari ini.

Berpikir Positif dan Percaya Diri

cara meningkatkan kemampuan public speaking
Sumber foto : www.humanesources.com

Jangan beri ruang untuk pikiran-pikiran negatif yang muncul, sebaliknya suarakan pikiran-pikiran positif di kepala secara intensif. Pikiran-pikiran positif tersebut akan membawamu pada penampilan yang lebih baik dan percaya diri. Misalnya, saya adalah public speaker yang baik, kalaupun dalam panggung ada yang kurang maka itulah proses saya untuk berkembang, dls.

Pertahankan Kontak Mata

Kontak mata memiliki peran penting dalam public speaking, yakni membangun kedekatan dengan penonton. Sehingga penonton merasa dihargai dan mendorong mereka untuk memperhatikan si pembicara. Oleh sebab itu, pastikan kamu melakukan kontak mata dengan penonton dan semua penonton mendapatkan kontak mata secara konsisten.

Gunakan Ekspresi dan Body Language

cara meningkatkan kemampuan public speaking
Sumber foto : www.careeraddict.com

Dibandingkan dengan kata-kata, aspek ekspresi dan gestur tubuh jauh lebih banyak ditangkap oleh pembicara. Selain itu keduanya juga mendorong penyampaian materi yang lebih menarik dan tidak membosankan. Oleh sebab itu, pembicara harus menggunakannya keduanya ketika melakukan public speaking.

Ekspresi wajah meliputi lirikan mata, kerutan dahi dan alis, gerakan bibir dan area pipi. Sedangkan gestur tubuh meliputi gerakan tangan, kaki, kepala, dan lainnya. Jika memungkinkan kamu juga bisa berpindah dari tengah panggung ke bagian pinggir dan lainnya.

Perhatikan Intonasi Suara

Intonasi suara merupakan aspek yang penting dalam public speaking. Tinggi dan rendahnya suara juga menyiratkan mengenai penting dan tidaknya pesan yang sedang disampaikan. Hal ini biasanya ditunjang pula dengan jeda yang proporsional dan pengulangan pesan. Sebaliknya jika intonasi suara cenderung datar maka akan membuat penonton mudah bosan dan mengantuk.

cara meningkatkan kemampuan public speaking
Sumber foto : www.pgi.com

Kurangi Suara Jeda

Pernahkah kamu mendengar pembicara yang seringkali berkata, “hmmmm, eeeeee, uuuuhh”, sangat mengganggu sekali bukan? Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari suara-suara jeda tersebut dalam presentasimu. Kamu bisa menggantinya dengan jeda tanpa suara, hening jauh lebih baik dan tidak menganggung telinga penonton.

Baca juga: Cara Membuat Presentasi Efektif

Buatlah Materi yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

Terkadang seorang pembicara ingin menyampaikan materi yang padat dengan harapan agar penonton banyak mendapatkan manfaat. Tapi sebaliknya materi tersebut justru akan membuat penonton bingung dan sulit menangkap materi. Sehingga sebisa mungkin buat materi yang sederhana sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa tertangkap dengan baik oleh penonton.

cara meningkatkan kemampuan public speaking
Sumber foto : www.midas-pr.com

Perbanyak Latihan

Keahlian bisa didapat dari latihan yang intensif dan konsisten. Bahkan seorang yang memiliki bakat komunikasi pun juga membutuhkan banyak latihan. Oleh sebab itu, jangan meremehkan latihan, lakukan latihan hingga kamu merasa sudah menguasai materi dengan baik. Cek durasi penyampaian materi untuk mengetahui gambaran waktu yang diperlukan.

Baca juga: Jenis Publik Speaking yang Perlu Diketahui

cara meningkatkan kemampuan public speaking
Sumber foto : www.dwjprint.com

Selain ketujuh cara diatas, kamu bisa mengembangkan skill public speaking dengan melakukannya sebanyak mungkin. Ambil banyak pekerjaan di bidang tersebut baik yang dilakukan dengan sukarela ataupun berbayar. Dengan begitu jam terbangmu semakin banyak sehingga akan semakin cepat menuju predikat ahli. Selamat berlatih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...