Home Pengembangan Diri Komunikasi 10 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

10 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Setiap hari mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi, kita tidak terlepas dari aktivitas komunikasi. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, ide, maupun gagasan dari pihak pertama (komunikator) kepada pihak kedua (komunikan).

Supaya komunikasi dapat berjalan seperti yang diharapkan oleh komunikator, maka perlu kemampuan untuk menyampaikan ide, gagasan, maupun informasi yang dimiliki.

Kamu dapat menemukan komunikator – komunikator yang handal dan komunikator yang tidak handal dengan kamu mengamati sebuah acara talkshow, ceramah, rapat bisnis, presentasi tugas kelas dan lain sebagainya.

Kalau komunikator punya kemampuan komunikasi, maka komunikan (audiens) akan mudah menangkap pesan yang disampaikan. Namun Kalau komunikator tidak punya kemampuan komunikasi, maka lawan bicara hanya menangkap sebagian atau bahkan tidak menangkap pesannya sama sekali.

Bagi kamu yang secara kemampuan komunikasi kurang atau ingin mengasahnya, maka kamu bisa membaca cara untuk meningkatkan komunikasi di bawah ini:

Cari Tahu Banyak Hal

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : innertouchdigital.com

Dengan kamu punya pengetahuan yang banyak, kamu akan lebih mudah paham ide yang ingin kamu sampaikan. Akhirnya, kamu akan lebih mudah juga dalam berkomunikasi.

Pengetahuan dapat diperoleh dari buku, mengamati lingkungan sekitar, pembicaraan orang lain, maupun dari berpikir. Pengetahuan yang dimiliki ini perlu disampaikan agar kemampuan komunikasi dapat meningkat.

Latihan terus menerus untuk menyampaikan ide itu akan semakin meningkatkan performa kamu dalam menyampaikan pesan, ide maupun pendapat kepada orang lain.

Dengarkan Suaramu

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : www.shutterstock.com

Maksudnya adalah kamu perlu untuk mendengarkan suara kamu sendiri supaya kamu dapat meningkatkan kembali sedikit kepercayaan diri pada diri kamu sendiri.

Di sisi lain kamu juga perlu mendengarkan orang lain, dengan begitu orang lain akan merasa dihargai. Akhirnya Kalau kamu memperhatikan dengan seksama, kamu dapat memberikan tanggapan yang baik kepada lawan bicara.

Punya Sikap Rendah Hati

Terkadang dalam menyampaikan pesan saat berkomunikasi, kita keliru entah pemilihan kata, intonasi atau sejenisnya. Akhirnya membuat orang yang diajak bicara justru tersinggung atau tak tertarik.

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : www.ccl.org

Untuk menjadi komunikator yang baik, kamu perlu punya sikap rendah hati. Akui dan meminta maaflah kepada orang yang kamu ajak bicara Kalau memang salah. Selain itu, kamu juga bisa memberi sedikit humor untuk mencairkan suasana, supaya tak terlalu tegang karena salahmu sebelumnya.

Melakukan Kontak Mata

Bagi orang – orang yang grogi, biasanya kesulitan untuk melakukan kontak mata dengan komunikan. Tapi caranya bukan dengan terus menatap dan menunjukkan sorot mata yang terlalu tajam. Itu justru bisa menyebabkan kesalahpahamann antara Kamu dengan mereka yang mendengarkan.

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : www.entrepreneur.com

Tetap fokus pada orang yang diajak bicara akan membuat mereka merasa dihargai. Berarti komunikator memang sedang mengajak lawan bicara untuk berbicara.

Selipkan Humor

Penyampaian komunikasi yang datar – datar saja itu sangat membosankan bagi orang yang diajak bicara. Oleh sebab itu, agar kemampuan komunikasimu meningkat, maka kamu bisa menyelipkan humor di dalamnya.

Baca juga: Memilih Topik Pidato Yang Menarik Perhatian

Membuat humor pun juga tidak bisa asal – asalan, terkadang malah garing. Sehingga tidak membuat komunikan itu tertawa. Fungsi lain dari humor juga dapat mencairkan suasana dalam komunikasi yang sedang berjalan.

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : hovestressbusters.co.uk

Teknik komunikasi ini tidak lantas dipakai di setiap komunikasi. Humor tidak boleh diselipkan di tengah – tengah diskusi yang serius, atau saat meeting di kantor. Sehingga kamu harus paham kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Paham Audiens

Kamu perlu tahu siapa lawan bicaramu, apakah anak kecil, orang dewasa, petani, pedagang, atau mahasiswa. Lawan bicara yang kamu ajak berkomunikasi punya latar belakang karakter yang berbeda – beda dan pengetahuan yang berbeda – beda yang akhirnya mempengaruhi mereka dalam menyerap pesan.

Oleh karenanya, kamu perlu pahami juga poin ini. Kalau bisa paham bagaimana audiens, maka kamu sudah selangkah lebih baik dalam hal berkomunikasi.

Memberikan Senyum

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : www.philpallen.co

Komunikator yang memberikan senyuman punya efek yang sama dengan melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Kalau kamu menunjukkan senyuman, maka bisa menularkan energi yang menyenangkan kepada orang yang diajak bicara. Ini pun juga berpengaruh terhadap peningkatan kualitas komunikasimu.

Menciptakan Role Model

Kamu harus mempunyai figur terhadap salah satu tokoh yang kamu anggap punya kemampuan dalam hal komunikasi. Mulai dari penguasaan audiens, cara mencairkan suasana, cara menyampaikan gagasan, alat peraga yang digunakan, pengetahuan yang mereka miliki, dan lain sebagainya.

Dari figur itu, kamu dapat membuat catatan terkait apa saja yang dilakukan oleh komunikator agar pesannya dapat tersampaikan ke audiens. Dengan begini, kamu dapat punya acuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasimu.

Persiapan

cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Sumber foto : /www.fluentu.com

Komunikasi dapat berjalan dengan sukses juga salah satunya karena melakukan persiapan. Hal yang kamu perlu siapkan pertama kali adalah apa yang ingin kamu sampaikan, pahami audiensnya, pahami situasinya, pahami hambatan yang mungkin terjadi dalam komunikasi dan lain sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa mulai merumuskan sistematika pesan yang ingin disampaikan, pesannya apa saja, bahkan kamu bisa mendesain intonasi, ritme, maupun gestur tubuh. Sehingga waktu persiapan ini menjadi langkah yang signifikan untuk memberikan nilai kualitas yang tinggi ketika kamu berkomunikasi.

Meminta Masukan dan Saran

Kalau kamu ingin kemampuan komunikasimu semakin meningkat, maka mintalah masukan, saran dan kritik dari teman, rekan kerja dan manajer. Dengan begitu mereka dapat mengoreksi kelemahan – kelemahan yang tidak kamu sadari saat berkomunikasi.

Baca juga: Jenis Publik Speaking

Dari masukan dan saran itu, kemudian kamu terima dan kembangkan agar bisa mengurangi kesalahan yang masih kamu alami. Bila perlu, kamu bisa meminta tolong kepada sahabat kamu atau mereka yang lebih mampu untuk memperbaikinya. Tetaplah percaya diri karena siapapun pasti bisa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...