Home Soft Skills 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Setiap hari kita mendapatkan beragam informasi. Mulai dari bangun tidur, kita memeriksa media sosial kita, menerima beragam notifikasi dari Whatsapp atau mengetahui berita terpopuler dari Twitter. Namun, akses informasi yang semakin mudah ini seringkali membuat kita menerima informasi yang justru bias, tidak akurat, dan bahkan hoax.

Sebenarnya kita bisa membuktikan apakah memang informasi itu benar atau tidak. Kemampuan yang dibutuhkan saat ini adalah berpikir kritis. Nah, artikel ini akan menjelaskan bagaimana agar critical thinking-mu semakin berkembang.

Jangan langsung menyimpulkan kebenaran suatu informasi

Langkah pertama berpikir kritis adalah belajar mengevaluasi apa yang didengar, apa yang dibaca, dan apa keputusanmu. Berhenti untuk menelan mentah-mentah perkataan orang akan suatu informasi. Jangan hanya karena ‘katanya’, Kamu langsung mempercayai informasi itu.

cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Sumber foto : depositphotos.com

Kamu harus meluangkan waktu untuk berpikir. Apa masalah sebenarnya? Apa ada potensi solusinya? Apa pro dan kontra dari setiap solusi itu? Kamu tetap bisa memutuskan hal mana yang Kamu percayai dan ingin Kamu lakukan. Namun dengan mengevaluasi segalanya, keputusanmu akan lebih baik dan lebih rasional.

Baca juga: 4 Cara Menjadi Pendengar yang Baik, Yuk Simak Langsung

Mempertimbangkan Motif

Salah satu bagian dari berpikir kritis adalah mempertanyakan darimana informasi itu muncul. Setiap orang memiliki motif dan bias. Dengan memastikan dari mana informasi itu muncul, akan mempengaruhi bagaimana Kamu mengevaluasi atau bahkan memberikan respon tertentu atas informasi itu.

cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Sumber foto : www.freepik.com

Lakukan Riset

Jika Kamu punya masalah yang butuh diselesaikan, atau perspektif yang butuh dievaluasi, Kamu bisa memulai membuka Google dan mulai membaca.  Semakin banyak informasi yang Kamu dapatkan, semakin Kamu siap untuk memikirkan semuanya dan memberikan jawaban yang masuk akal untuk pertanyaanmu sendiri. Tentu saja Kamu tak ingin memberikan kritik dengan bahan yang salah bukan?

cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Sumber foto : businesstown.com

Ajukan pertanyaan

Terkadang kita merasa sangat bodoh ketika tidak berhasil menemukan jawaban. Namun justru kita harus lebih sering mempertanyakan apa yang tidak ketahui. Ketika Kamu masuk ke dalam lubang kelinci, Kamu tidak hanya belajar lebih banyak, tapi juga menemukan cara berpikir yang lain. Perspektif yang baru akan membantu mengungkap apa yang terjadi.

Jangan Merasa Selalu Benar

cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Sumber foto : thrivingtiger.wordpress.com

Hal ini memang sulit karena meras benar itu menyenangkan. Ego ini akan menjebak setiap orang. Namun, berasumsi bahwa Kamu selalu benar akn membawa kekeliruan dalam berpikir kritis. Hal ini karena Kamu menolak sudut pandang dari orang lain. Kamu tidak lagi objektif membandingkan perspektifmu dan orang lain.

Menjabarkan Setiap Variabel

Kemampuan melihat big picture memang bagus, namun akan lebih baik ketika kita melihat sesuatu dari komponen-komponen kecil. Kebanyakan masalah terlalu besar untuk diselesaikan seketika. Oleh karena ini dengan menjabarkannya ke dalam bagian yang lebih kecil akan memudahkan kita mengevaluasi dan memberikan solusi.

cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Sumber foto : businesstown.com

Keep It Simple

Dalam komunitas ilmiah, garis logika yang disebut pisau cukur Occam sering digunakan untuk memutuskan hipotesis mana yang paling mungkin benar. Ini berarti menemukan penjelasan paling sederhana yang sesuai dengan semua fakta. Karena terkadang kita justru sulit menemukan kebenaran karena berpikir terlalu rumit dan memunculkan banyak ide yang justru tak berhubungan.

Baca juga: Ketahui Yuk Cara Menyampaikan Pendapat

Berpikir kritis memang tidak mudah. Mungkin awalnya kita merasa tidak nyaman, tapi juga merasakan hal yang menarik. Ketika Kamu melakukan beragam riset, Kamu akan terkejut dengan apa yang Kamu temukan. Kamu akan semakin dekat dengan kebenaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bagaimana Kontak dan Komunikasi Yang Baik Dengan Pembimbing

Mahasiswa yang ingin menyelesaikan masa studinya diwajibkan membuat laporan tertulis di akhir semester yang biasa disebut tugas akhir. Tugas akhir dapat dikategorikan sesuai jenjang...

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Skripsi adalah karya tulis yang dibuat dengan mengikuti prinsip-prinsip ilmiah yaitu berdasarkan data dan fakta. Dalam penulisan skripsi, terdapat beberapa aturan yang membedakannya dengan...

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...