Home Perkuliahan Tugas 5 Tips Menganalisis Penelitian Kualitatif

5 Tips Menganalisis Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang memiliki kerangka pemikiran yang lebih fokus untuk mengumpulkan data secara mendalam. Tipe penelitian ini digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, bisa dalam bentuk deskripsi dan bentuk pengaruh. Dan yang menjadi pemeran utama adalah peneliti karena peneliti yang melakukan interpretasi data.

Penelitian kualitatif ini bisa dilakukan dengan data berlandaskan buku saja, akan lebih baik jika dapat melakukan wawancara pada sumber terkait, dengan melakukan wawancara maka peneliti mendapatkan data yang lebih banyak dan akurat. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti diharuskan dapat melakukan analisa data secara mendalam agar mendapatkan hasil penelitian yang akurat.
Yuk kamu simak cara analisa dan menafsirkan data-data pada penelitian kualitatif!

Pilihlah bidang penelitian yang kamu kuasai dan sukai

tips analisa dan interpretasi data
Sumber foto : flickr.com

Dengan memilih bidang penelitian yang kamu kuasai dan sukai dapat membuat kamu bahagia dalam proses penelitian. Misalnya kamu minati tentang manajemen sdm dan melakukan penelitian manajemen sdm. Sebaliknya jika tidak, maka kamu akan merasa lebih kesulitan untuk membuat kerangka teori, kemudian pertanyaan-pertanyaan akademis dan juga diterjemahkan sesuai narasumber.

Membuat pertanyaan analitik

tips analisa dan interpretasi data
Sumber foto : healthykidstoday.org

Karena penelitian kualitatif adalah menganalisa data-data secara mendalam dari banyak data yang didapatkan. Sudah seharusnya membuat pertanyaan analitik karena itu sangat penting. Jangan sampai hasil wawancara kamu banyak cerita tentang definisi saja. Sehingga kamu harus membuat kerangka pertanyaan analitik sesuai dengan data-data yang kamu butuhkan dalam penelitianmu.

Baca juga: Prinsip Dasar Observasi

Rencanakan pengumpulan data dengan tepat

tips analisa dan interpretasi data
Sumber foto : teenlife.com

Dengan membuat perencanaan dalam mengumpulkan data membuat kamu lebih bisa mengatur wawancaramu ke daerah-daerah tertentu dengan tepat. Kamu harus juga memastikan bahwa instrument pertanyaan kamu sudah tersedia. Jangan terburu-buru dalam wawancara agar kamu mendapatkan data-data yang maksimal untuk kamu analisa. Jangan sampai ada yang tidak ditanyakan ya.

Menafsirkan data berdasarkan klasifikasi

Dengan mengklasifikasi data yang akan dianalisa akan mempermudahkan kamu untuk menganalisa. Karena tanpa mengklasifikasikan data kamu akan kebingungan dalam menganalisa. Dan kamu akan berkutat pada masalah tersebut sehingga menghabiskan waktu kamu. Untuk mengurangi masalah tersebut sudah seharusnya kamu dapat meneliti data terlebih dahulu dan mengklasifikasikannya.

Baca juga: Pengertian Penelitian Kuantitatif

Alat visual sebagai alat pembantu

tips analisa dan interpretasi data
Sumber foto : edutopia.org

Untuk memudahkan proses analisa dan penafsiran dapat menggunakan alat bantu seperti penanda warna maupun grafik. Misalnya seperti grafik, chart, table, matriks, dls. Dengan alat bantu visual dapat membuat kita lebih mudah dalam membca dan mengingat karena struktur otak manusia lebih mudah mengingat dan menafsirkan sesuatu yang berbentuk visual.
Hal ini juga sebagai usaha untuk meyakinkan dan mempertanggungjawabkan kepada penguji maupun pembaca dengan penelitian yang kita lakukan memang benar adanya dengan menghadirkan bukti-bukti penelitian baik seperti foto maupun video/audio rekaman. Karena tanpa bukti otentik maka bisa saja penelitian kamu diragukan.

Baca juga: Syarat Pengambilan Sampel dalam Melakukan Riset

Dengan cara analisa dan penafsiran data-data kualitatif diatas semoga kamu bisa dapat menyelesaikan penelitian kualitatif kamu dengan baik ya. Pastinya dapat melakukan analisa dan penafsiran data-data dengan baik dengan melakukan cara-cara yang sudah disampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...