Home Seni & Musik 5 Tips Memilih Lagu Sesuai Karakter Agar Tepat

5 Tips Memilih Lagu Sesuai Karakter Agar Tepat

Pernahkah Kamu merasa suaramu bisa terdengar bagus untuk lagu tertentu tapi jadi fals total untuk lagu lainnya? Itu hal yang wajar terutama untuk orang yang tidak memiliki bakat menyanyi. Karena memang lagu akan lebih bagus kalau dinyanyikan oleh orang yang karakter suaranya pas. Jadi Kamu bisa nyanyi lebih bagus kalau memilih lagu yang cocok sesuai karaktermu.

Masalahnya memilih lagu sesuai karakter bukan perkara sepele. Bukan hanya masalah Kamu suka atau tidak dengan penyanyinya atau sedang pas tidaknya dengan suasana hatimu saat itu. Ada poin-poin yang perlu kamu perhatikan supaya dapat lagu yang pas. Kamu bisa simak di bawah ini beberapa hal penting agar Kamu dapat lagu sesuai karakter.

Kemampuan Menyanyi

kemampuan menyanyi
Sumber foto : musical-u.com

Tentu saja ini jadi poin pertama yang perlu Kamu perhatikan jika ingin dapat lagu yang pas sesuai denganmu. Kamu harus mengenali dan jujur menilai sampai seberapa kemampuan menyanyimu. Jika memang kemampuanmu tak bisa seperti para penyanyi yang handal, ya diakui saja daripada memaksakan.

Kalau sudah paham sampai seberapa kemampuan menyanyimu, maka pilih lagu yang sepadan. Jangan yang terlalu mudah tapi juga jangan yang terlalu susah. Kalau terlalu mudah nanti potensi suaramu jadi biasa-biasa saja, dan kalau memilih yang terlalu susah jatuhnya malah fals. Kecuali kalau Kamu memang punya target untuk mengembangkan kemampuan menyanyi, memilih lagu yang lebih susah justru bisa jadi latihan untuk mengembangkan suaramu.

Penguasaan Bahasa

penguasaan bahasa
Sumber foto : bothners.co.za

Ini terutama untuk Kamu yang ingin menyanyi lagu-lagu selain bahasa Indonesia. Misal ingin menyanyi lagu berbahasa inggris atau bahkan bahasa lainnya. Bukan berarti tak boleh, tapi menyanyikan lagu bahasa asing kalau Kamu sendiri belum cukup lancar bagaimana pengucapannya, hasilnya akan sedikit aneh.

Baca juga: Mengenal Jenis Tangga Nada

Kamu pun akhirnya akan kesulitan untuk menyanyikan karena butuh lebih lama untuk menghapalkan. Selain itu jika pun sudah hapal, hasilnya akan beda dengan ketika Kamu tahu arti lagu. Karena kalau hanya menghapalkan kata-katanya saja, penjiwaan ketika menyanyi kurang mendalam. Kamu pun bisa membedakan hasil ketika benar-benar menyanyikan dengan penjiwaan dengan menyanyi tanpa emosi.

Teknik yang Dikuasai

teknik vokal
Sumber foto : schoolofrock.com

Poin kedua yang juga tak kalah penting dan berpengaruh adalah teknik vokal. Kamu juga perlu pahami teknik apa saja yang sudah Kamu cukup kuasai ketika menyanyi. Karena sering terjadi karena kurang sadar diri tapi memaksakan untuk menyanyi dengan lagu yang menuntut banyak teknik vokal. Alhasil bukannya merdu, lagunya malah jadi tak karuan.

Jadi sejak awal lebih baik Kamu nilai dengan jujur teknik apa saja yang sudah dikuasai. Kalau sudah tahu, cari lagu yang banyak mengandalkan teknik vokal tersebut. Dengan begitu peluang Kamu untuk bisa menyanyikan lagunya dengan bagus akan lebih besar. Tapi kalau Kamu sedang belajar untuk mengembangkan teknik menyanyi, justru akan lebih bagus memilih lagu yang tekniknya belum Kamu kuasai.

Baca juga: Cara Melakukan Pemanasan Suara

Kamu sudah tahu sekarang, kalau kualitas nyanyian akan dipengaruhi oleh beberapa poin di atas. Semakin pas dengan kapasitasmu, hasilnya lebih baik. Tapi Kamu juga tak perlu merasa minder kalau masih pas-pasan ketika menyanyi. Selama Kamu mau berlatih terus, lambat laun kemampuanmu juga akan berkembang. Selamat mencoba!

Lirik Lagu Yang Dibawakan

Lirik Lagu Yang Dibawakan
Sumber Foto: Smule.com

Pemilihan lirik lagu biasanya juga bisa didasarkan pada usia penyanyi. Penyanyi yang masih tingkat SD tentu akan berbeda dengan lirik lagu yang dibawakan oleh penyanyi yang sudah tingkat SMA. Begitu juga, dengan penyanyi yang sudah dewasa dan sudah menjadi orang tua akan berbeda dengan lagu yang dibawakan oleh penyanyi yang masih remaja.

Contohnya, lagu – lagu yang dibawakan oleh penyanyi yang masih berusia anak – anak biasanya lirik lagu yang ceria dan menggambarkan kebiasaan sehari – hari. Sedangkan penyanyi yang sudah berusia remaja, akan memilih lirik lagu yang menggambarkan percintaan atau masa – masa mengenal lawan jenis. Sedangkan penyanyi yang sudah berkeluarga biasanya memilih lagu – lagu yang menggambarkan kecintaan dengan keluarga atau anaknya.

Perbanyak Referensi Lagu

Perbanyak Referensi Lagu
Sumber Foto: dc.curbed.com

Apabila kamu punya banyak referensi lagu, maka kamu akan lebih mudah untuk memilih salah satu dari lagu itu. Bila kamu tidak pernah mendengarkan lagu sama sekali, maka wawasan lagumu sedikit.

Selain itu, dengan memiliki banyak referensi lagu, kamu bisa mengetahui selera lagu yang kamu inginkan. Contohnya, kamu lebih suka lagu dangdut, daripada rock. Karena sebelumnya, kamu sudah punya pengalaman mendengarkan lagu rock yang mungkin menurut mu, lagu rock itu lagu yang tidak enak didengarkan karena lebih berisik.

Dengan mengetahui seleramu, kamu tidak hanya bisa menyanyikan lagu itu, melainkan juga merasakan kenikmatan dalam menyanyikan lagu itu. Dan otomatis, kamu bisa lebih mudah menjiwai lagu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...