Home Teknologi Sosial Media 9 Cara Membuat Vlog yang Menarik dan Kreatif

9 Cara Membuat Vlog yang Menarik dan Kreatif

Untuk kamu semua yang star wannabe, ingin mengekspos kegiatan sehari-harimu dalam video dan membagikannya kepada para netizen. Kamu bisa bikin vlog atau video blog untuk mewujudkan keinginanmu. Karena konten dari video blog adalah kegiatan sehari-hari kamu. Misal momen kamu jalan-jalan dengan orang tuamu, berlibur bersama sahabatmu, atau hanya sekedar aktivitas memasakmu dirumah, bisa kamu jadikan konten vlog ya Guys.

Walaupun hanya liputan kegiatan sehari-hari, membuat vlog yang menarik untuk  ditonton bukan hal yang mudah loh. Supaya kamu bisa membuat vlog yang menarik dan jadi trending topic, simak tips dari kami dibawah ini.

Durasi Vlog yang Pas

Cara Membuat Vlog yang Menarik
Sumber foto : lifewire.com

Durasi video yang terlalu lama, akan sangat membosankan bagi  viewers. Kalau terlalu singkat, nanti video kamu akan kehilangan momen-momen menariknya karena terlalu banyak di cut. Maka dari itu untuk durasi video harus pas, sekitar 10-20 menit perkiraannya. Kalau videomu memang berdurasi lama, kamu bisa membaginya menjadi 2 atau 3 part. Seperti video Ayudia dan Ditto yang mengupload video liburan mereka jadi dua part.

Pilih Youtube Thumbnail Image yang Menarik

Cara Membuat Vlog yang Menarik
Sumber foto : videvo.net

Thumbnail (tampilan gambar depan video sebelum di klik), adalah hal pertama kali dilihat oleh viewers kamu, dan ini akan menjadi penentu videomu akan di klik atau tidak oleh viewers kamu. Maka dari itu sebisa mungkin tampilkan thumbnail yang mengekspos konten paling menarik dalam video kamu.  Tidak hanya foto, kamu juga bisa tambahkan tulisan-tulisan yang memicu rasa “kepo”  viewers, click bait misalnya. Dijamin langsung klik deh!

Tampilkan Judul yang Mengundang Perhatian

Selain thumbnails judul juga tampil dibagian depan videomu, semakin menarik judul yang kamu tampilkan maka viewers kamu akan semakin antusias untuk mengklik video kamu. Tips membuat judul vlog yang menarik, salah satu caranya adlaah dengan meng-highlight momen paling menarik di video kamu. Temukan momen dan kalimat menarik untuk judul videomu ya!

Menggunakan Bahasa Sehari-hari yang Mudah Dipahami

Cara Membuat Vlog yang Menarik
Sumber foto : digitaltrends.com

Karena vlog ini adalah video keseharian kamu, dalam video kamu harus berbicara santai dan sederhana. Seperti bicara dengan kawan atau orang terdekatmu. Agar viewers yang menonton mudah memahami dan merasa dengan dengan kamu. Kesan bersahabat ini akan menambah kemenarikan videomu loh Guys. Kalau viewers kamu merasa dekat dan nyaman dengan kamu, dijamin mereka akan jadi subscriber setia kamu. Try it!

Siapkan  Footage (Potongan Video Lain) sebagai Selingan Konten

Supaya video kamu tidak membosankan, berikan selingan potongan-potongan video pendek tiga atau empat detik beberapa kali dalam video kamu. Tapi harus sesuai dengan konten utama ya. Misalnya saat kamu sedang membicarakan hal-hal lucu, bisa diselingi dengan video orang lain yang tertawa dan bertepuk tangan. Pasti akan menambah sisi humor dalam video kamu.

Jangan Lupa Memasang Branded Intro di Video Kamu

Cara Membuat Vlog yang Menarik
Sumber foto : gralon.net

Di awal video jangan lupa memasukkan branded intro atau awalan video khas video kamu. Durasinya singkat saja 5-10 detik, bisa kamu tampilkan logo yang mewakili channel kamu, di iringi dengan backsound opening dari channel kamu. Atau bisa juga video kamu sedang berbicara opening pengenalan channel kamu. Branded intro ini bisa jadi ciri khas vlog kamu loh Guys. Usahakan pilih branded intro yang mudah di ingat oleh viewers.

Ajak Penonton Berinteraksi

Untuk melejitkan jumlah viewers dan subscriber kamu, buatlah mereka merasa dekat dengan kamu. Pertama dengan cara komunikasi kamu yang bersahabat. Sapa viewers kamu, seolah-olah kamu  sedang berbicara dengan kamu. “halo guys, ini enak banget loh nasi balinya, kalo kalian ke Bali jangan lupa cobain ya”.

Baca juga: 5 Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Kedua bisa dengan cara melemparkan pertanyaan pada viewers kamu dan minta mereka menuliskan pendapat mereka di kolom komentar. Contohnya Tasya Farasya yang meminta pendapat netizen, ingin me-request look make up apa untuk video selanjutnya. Semakin banyak yang merespon dengan like atau komentar di channel kamu, maka video kamu akan semakin berpotensi jadi trending.

Buat konten yang memiliki value

9 Cara Membuat Vlog yang Menarik dan Kreatif
Sumber Foto: Investopedia.com

Buat kamu yang suka membuat video tentang kegiatan sehari-harimu, akan ada masanya, kegiatan itu bernilai biasa-biasa saja bahkan membosankan untuk viewersmu. Supaya videomu tidak membosankan, cara terbaik adalah memberikan nilai atau value pada konten videomu.

Kamu bisa membuat video kegiatan sehari-hari yang berisi problem solving atau wawasan baru untuk penontonmu. Semisal kamu berlibur ke tempat bersejarah, maka kamu bisa menceritakan tips-tips untuk bisa sampai kesana dengan biaya semurah mungkin, atah bahkan bercerita sejarah mengenai tempat itu.

Apa saja yang terjadi dimasa lampau bisa kamu ceritakan dengan gaya terbaikmu, juga bagaimana pendapatmu pribadi tentang tempat itu dan bagaimana seharusnya viewersmu menyikapi sejarah itu untuk kehidupan masa kini. Dengan memberikan wawasan baru pada konten videomu, secara tidak langsung kamu juga telah berkontribusi mencerdaskan anak bangsa.

Ajak orang berpengaruh atau terkenal ke dalam videomu

Bagi kamu yang star wannabe, ide bagus juga untuk mengajak orang-orang atau vlogger yang sudah punya nama untuk hadir dalam videomu. Kamu bisa membuat mereka menjadi bintang tamu atau juga partner dalam videomu.

Kehadiran orang yang sudah terkenal atau punya nama ini bisa melejitkan jumlah viewersmu, karena akan semakin banyak orang yang penasaran, terlebih dengan ratusan ribu fans bintang tamumu yang juga akan menonton video kamu.

Sebetulnya, tidak hanya bintang tamu terkenal saja, tapi kamu juga bisa mengajak orang berpengaruh di kota domisili kamu tinggal. Dengan mengajak mereka, kamu bisa membahas hal-hal penting tentang dunia yang mereka kuasai atau juga mengajak mereka melakukan aktivitas sesuai yang kamu rencanakan sebagai konten videomu.  

Bagaimana guys, sudah siap menjadi vlogger terkenal? Pelajari dan lakukan tips diatas yaa, selamat berkreasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...