Home Sosial Media 7 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

7 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

Pada era digital hari ini, Instagram menjadi salah satu media social yang paling digandrungi anak muda. Dengan Instagram, mereka bebas mengunggah gambar atau foto sesukamu. Tidak hanya penting untuk mengunggah gambar atau foto yang bagus, pengguna Instagram juga bisa menuliskan caption atau tulisan yang menjelaskan maksud kamu. Adanya caption bisa menarik interaksi dengan pengikutmu dan semakin menarik perhatian mereka. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk membantumu menulis caption yang menarik!

Memasukkan Informasi Terpenting di Awal Caption

tips membuat caption menarik
Sumber foto : www.scotwork.com.au

Tampilan caption di Instagram bersifat terbatas. Jika kamu menulis caption lebih dari 3-4 baris, maka followers-mu tidak bisa membaca keseluruhan caption. Mereka harus meng-klik ‘more’ terlebih dahulu untuk bisa melihat semuanya. Oleh karena itu, informasi atau hal-hal penting dari caption harus kamu sertakan di awal kalimat agar bisa menarik perhatian followers terlebih dahulu.

Memperhatikan EYD dan Jangan sampai Typo!

tips membuat caption menarik
Sumber foto : videohive.net

Ketika menuliskan caption, kalian harus menggunakan ejaan dan penggunaan huruf kapital yang benar. Kalian tetap boleh menggunakan Bahasa slang, namun jangan terlalu banyak. Hal ini akan membuat followers-mu kesulitan untuk memahami caption-mu.

Membatasi Penggunaan Hashtag

Agar gambar atau foto-mu semakin banyak dilihat orang, kalian bisa menambahkan hashtag yang berkaitan dengan unggahanmu. Alangkah lebih baiknya jika kalian tidak menggunakan terlalu banyak hashtag sebab justru membuat fotomu berantakan. Jangan asal menuliskan hashtag, tapi pilihlah yang paling banyak digunakan orang dan tetap harus relevan dengan fotomu. Saat upload foto liburan kamu dapat menggunakan hastag #holiday

Menambahkan Emoji

tips membuat caption menarik
Sumber foto : slack.com

Dengan menambahkan beberapa emoji juga akan semakin membuat captionmu menarik. Selama emoji yang kamu gunakan masih berkaitan dengan foto atau gambar yang kamu unggah dan juga tidak terlalu banyak.

Menggunakan Call-to-Action (CAT)

tips membuat caption menarik
Sumber foto : copywrite.asia

Call-to-Action atau CAT adalah kalimat ajakan kepada followers untuk melakukan sesuatu. Ketika kalian mengupload gambar atau informasi tertentu, kalian bisa mengajak followers untuk ikut menyebarkannya ke orang lain. Ada beberapa cara untuk melakukan CAT, seperti :

  • Mengakhiri caption dengan kalimat “Double-tap kalau menurutmu ini bermanfaat” atau “Adakah yang juga pernah mengalaminya? Coba share ceritamu di kolom comment, ya!”.
  • Menggunakan pertanyaan yang memancing orang agar memberikan komentar. Misalnya, “Café Galaxian selalu jadi tempat ngopi favoritku. Kalau kamu biasanya kemana?”
  • Menggunakan cara tag friends untuk menyebarkan foto kamu. Misalnya kamu mengunggah foto di lebaran bersama keluarga kamu, kamu bisa menulis caption seperti ini, “Menghabiskan Lebaran dengan para kesayangan. Coba tag kesayanganmu”.
  • Jika kalian influencer, seperti blogger atau youtuber, kamu bisa sekalian melakukan promosi di Instagram agar mereka mengunjungi website atau channel Misalnya, “Hi, teman-teman. Aku baru saja mengunggah Vlog terbaru tentang pengalamanku Nonton Konser EXO dan jalan-jalan ke Korea. Check di link bio aku, ya!”

Menambahkan Quotes

Agar caption yang kamu tulis semakin berbobot, kamu bisa bubuhkan quotes yang relevan dengan tema yang kamu angkat. Quotes bisa kamu ciptakan sendiri atau kamu sadur milik orang lain, asal jangan lupa kamu tulis juga siapa pencipta quotes tersebut. Quotes dapat berfungsi untuk mempertajam tema yang kamu angkat atau bisa juga menjadi closing statement yang menyimpulkan apa yang kamu bahas dalam caption tersebut. Jika kamu ingin menciptakan quotesmu sendiri juga tidak masalah, tapi harus sesuai dan menarik ya agar captionmu semakin menarik dan mendapatkan banyak like.

Memperhatikan Panjang Caption

cara membuat caption instagram menarik
Sumber foto : chubbyrawit.id

Terkadang kita melihat caption yang sangat panjang sampai mata jenuh untuk membacanya, tapi ada juga yang bahkan hanya 1 kata saja atau 1 emoji yang bisa menggambarkan keseluruhan rasa. Sebenarnya mana yang lebih tepat sih?

Instagram memberi kita kebebasan yang besar untuk menuliskan caption hingga maksimal 2.200 kata dalam satu kali posting. Jumlah sebanyak itu setara dengan 1 artikel berjumlah 2 halaman HVS A4. Namun, menurutmu apakah menarik caption sepanjang itu?

Jika ingin membuat caption yang berkesan, idealnya kita perhatikan juga sepanjang apa caption yang akan kita buat. Tidak ada ukuran baku harus berapa jumlah katanya, semuanya diserahkan pada masing-masing kita. Usahakan caption tidak terlalu panjang sampai akhirnya membuat mata lelah dan akhirnya tidak dibaca oleh viewers kamu.

Baca juga: 5 Cara Buat Feed Instagram Menarik

Semoga kelima tips ini bisa memberikanmu inspirasi ketika membuat caption di Instagram, ya! Kalian bisa menggunakan tips ini secara bergantian atau mengkombinasikan agar lebih bervariasi. Sebelum mengupload, pastikan kamu sudah memeriksa caption-mu agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...