Home Bisnis 5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi yang sangat penting.

Karena, apa sih yang paling penting bagi para pelaku usaha dan pebisnis? Apakah modal? Produk atau pasar? Bukan semua. Ternyata, kata kuncinya hanya 1, yaitu cashflow atau arus kas. Dan dasar dari arus kas itu adalah dari proses pembuatan anggaran.

Oleh karena itu, apapun posisi kamu sekarang selama masih terlibat dalam bisnis, perlu memahami cara membuat anggaran bisnis. Baik praktisi usaha ataupun akademisi ilmu bisnis.

Pahami Dasar Anggaran Bisnis

dasar-dasar anggaran bisnis
Sumber: Pixabay.com

Praktisi bisnis sering tidak menyukai teori dan lebih suka langsung praktik, take action. Well, bagaimanapun, dalam hal ini berlaku idiom, “aksi tanpa visi adalah sensasi, sedangkan visi tanpa aksi hanyalah halusinasi”.

Anggaran adalah bentuk akuntabilitas daripada visi. Di sini visi diukur secara angka, berdasarkan batas waktu dan target tertentu. Memahami dasar-dasar anggaran adalah langkah penting dalam cara membuat anggaran bisnis.

Dalam memahami dasar-dasar anggaran, ada 3 inti dari anggaran yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, penjualan. Angka penjualan ditetapkan berdasarkan harga pasaran atau harga jual yang diinginkan dan jumlah produk yang akan dijual dalam beberapa waktu. Di sinilah kamu dapat menentukan berapa besar target angka penjualan yang kamu butuhkan untuk mendapatkan laba yang kamu inginkan.

Kedua, pengeluaran total. Nilai pengeluaran mencakup dari semua biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menimbulkan penjualan. Biaya ini termasuk biaya modal, operasional, tenaga kerja, sarana prasarana, serta penyusutan peralatan, dan aset tetap.

Angka penjualan dikurangi dengan pengeluaran akan menghasilkan variabel yang terakhir, laba. Laba ini biasanya memang ditentukan terakhir, sebagai hasil dari penjualan.

Kumpulkan Data Sebelumnya atau Riset Pasar

riset pasar untuk anggaran bisnis
Sumber: Pixabay.com

Sekarang, mari kita bahas poin pertama, penjualan. Dalam menentukan besar poin pertama—penjualan, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan.

Pertama, penetapan angka penjualan tidak bisa serta-merta dan semena-mena. Harus punya dasar kenapa sampai ditetapkan besaran angka tersebut.

Misal, kamu menetapkan penjualan produk sebesar 40.000 pcs per bulan. Maka setidaknya harus sudah melakukan riset pasar terhadap demand produk tersebut, kompetitor, dan kemampuan perusahaan untuk men-supply.

Jika usaha kamu telah berjalan cukup lama, bertahun-tahun misalnya, paling tidak sudah memiliki grafik pertumbuhan penjualan yang stabil. Dari sana juga dapat dipertimbangkan berapa target yang perlu dicapai sesuai dengan rerata pertumbuhan dan prospek tahun tersebut.

Kedua, penetapan harga jual produk pun tak bisa suka-suka. Intinya harga jual yang terlalu tinggi akan menyulitkan produk kamu untuk berkompetisi di pasar. Karena setiap usaha pasti memiliki kompetitor dan harga merupakan satu di antara sekian faktor yang mempengaruhi.

Sebaliknya, harga jual yang terlalu rendah dapat membuatmu sulit untuk mengembangkan usaha. Ingat satu prinsip bahwa business is not only about volume, it’s more about margin.

Jadi, kamu perlu melakukan riset data untuk menentukan 2 pokok penting dalam penjualan, yaitu harga dan volume penjualan.

Menginventarisir Anggaran Modal

cara membuat anggaran bisnis 3, inventarisasi subjek anggaran bisnis
Sumber: Pexels.com

Secara sederhana, anggaran modal digunakan untuk melihat apa saja yang mempengaruhi produksi, distribusi, hingga sampai terjadinya penjualan.

Misalkan kamu memiliki usaha memproduksi baju distro. Kamu harus mempertimbangkan semua mata rantai yang kamu gunakan dalam proses produksi baju itu.

Tak hanya produksi, promosi, dan biaya distibusi hingga baju tersebut sampai ke tangan pelanggan pun masuk juga pada modal. Ini membuat faktor yang mempengaruhi akan sangat besar dan luas.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan proses inventarisasi secara detil. Jangan pernah remehkan biaya kecil-kecil seperti pulsa, bensin, dan semacamnya. Seringkali hal-hal remeh seperti itu menjadi bernilai besar dalam jumlah banyak dan waktu yang panjang.

Minimal, inventarisasi biaya modal dibagi ke dalam 3 pokok besar: produksi, promosi, dan distribusi.

Baca juga: Pengertian Buku Besar

Untuk produksi, setidaknya perlu dibedakan antara modal bahan baku, peralatan, perlengkapan, SDM, dan operasional. Setiap bagian ini memiliki rincian yang dapat dibuat lebih detil, tergantung keperluan.

Prinsip cara membuat anggaran bisnis yang baik, semakin detil memang semakin baik secara data. Akan tetapi, kamu tetap perlu pertimbangkan juga kerumitan proses dan kebutuhannya sesuai dengan ukuran bisnis kamu.

Promosi dan distribusi memiliki rentang spektrum yang tidak terlalu luas. Namun, biayanya bisa jadi mencapai 30 – 40 % dari total modal. Oleh karena itu, ini juga harus dirincikan secara detil. Bahkan, bisa saja berpengaruh ke keputusan bisnis yang bersifat strategis.

Merinci Detil Biaya Anggaran Bisnis

merinci detil biaya
Sumber: Pixabay.com

Detil biaya yang dimaksud berkaitan dengan besaran angka di tiap poin anggaran yang sudah kita rinci sebelumnya (lihat nomor 3). Besaran angka masing-masing harus dimasukkan untuk mendapatkan tujuan penganggaran yang kita inginkan.

Dalam cara membuat anggaran bisnis yang baik, detil biaya bisa didapatkan dari data-data periode sebelumnya. Jika usaha atau bisnis tersebut memang sudah berjalan selama beberapa periode. Adapun usaha atau bisnis yang baru, perlu mendapatkan data tersebut dari pasar atau dari memata-matai kompetitor.

Nah, yang perlu kamu perhatikan, perincian detil biaya anggaran ini tidaklah kaku. Harus sejumlah itu. Tentu dalam operasional di lapangan nanti akan ada penyesuaian. Lebih tepat jika ditetapkan sebagai plafon atau batas atas anggaran bisnis kamu.

Ini akan membuat bisnis kamu lebih fleksibel dan adaptatif terhadap berbagai perubahan pada pasar. Walaupun, tetap perlu dipertimbangkan kebutuhan detilnya. Jadi nantinya akan ketemu antara plafon dan rinciannya.

Di proses ini kamu perlu juga mempertimbangkan sekali lagi tentang angka penjualan. Maksudnya adalah untuk melihat apakah angka penjualan tersebut achieveable, dapat dicapai?

Jangan sampai angka penjualan tersebut tidak memiliki dasar yang kuat sehingga hanya berupa angan-angan. Prinsipnya dalam bisnis adalah berharap untuk yang terbaik dan bersiap untuk yang terburuk.

Memformat Anggaran Bisnis

membuat format anggaran
Sumber: Pixabay.com

Anggaran bisnis yang dibuat tetap harus didesain dalam bentuk format yang mudah dibaca dan diuraikan. Ini penting, baik untuk internal maupun eksternal perusahaan.

Untuk internal, ia dapat menjadi panduan bagi karyawan dalam mengambil keputusan. Sedangkan bagi eksternal, dapat menjadi pelengkap dalam proposal bisnis dan investasi.

Investor biasanya akan melihat laporan periode sebelumnya, dan rencana anggaran bisnis ke depannya. Jika mereka menganggap anggaran bisnis tersebut masuk akal dan memiliki prospek bagus, jelas tak akan segan ikut serta dalam modal.

Ini merupakan langkat termudah dalam cara membuat anggaran bisnis. Karena kamu dapat menggunakan format anggaran bisnis yang sudah banyak tersedia di internet. Jadi tak perlu repot membuat format sendiri. Kamu tinggal ganti subjeknya bila perlu dan merinci angkanya.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar

Kesimpulan

Anggaran bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan, baik pihak internal maupun eksternal. Setiap orang yang terjun dalam dunia bisnis harus paham cara membuat anggaran bisnis yang baik.


Sumber:

https://id.wikihow.com/Membuat-Anggaran-Bisnis

Avatar
Sigidhttps://www.sigid.my.id
Penulis adalah pemerhati pendidikan, penyuka dunia anak dan hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...