Home Soft Skills 10 Cara Membentuk Karakter Diri

10 Cara Membentuk Karakter Diri

Setiap orang memiliki karakter diri masing – masing. Karakter diri sudah ada sejak manusia dilahirkan, namun sebagai manusia pun kita tidak boleh hanya berpasrah dengan karakter diri sendiri. Karena, karakter di dalam diri dapat dibentuk.

Untuk membentuk karakter pada diri sendiri bukanlah hal yang sulit, juga bukan hal yang bisa dianggap remeh. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bisa membentuk karakter diri kamu sendiri. Oleh karena itu, kamu juga dapat membentuk karakter sesuai dengan keadaan dirimu sendiri. Jangan membentuk karakter dengan hanya berkaca atau membandingkan dengan orang lain.

Kamu bisa membentuk karakter diri dengan cara berikut:

Menguasi Diri Sendiri

Menguasai Diri Sendiri
Sumber: scitechtop.com

Yang terpenting supaya kamu dapat dapat membentuk karakter diri adalah dengan menguasi diri sendiri. Penguasaan terhadap diri sendiri itu penting, supaya kamu tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan. Ketika kamu menginginkan suatu karakter melekat pada diri kamu dan lingkungan tidak mendukung karakter tersebut, ingat, kamu harus dapat menguasi diri. Cobalah untuk tetap berpegang teguh pada keinginan karakter dirimu, jangan terpancing dengan lingkungan sekitar.

Seseorang yang dapat melakukan kontrol terhadap diri sendiri juga tidak akan mudah terjun ke arah yang negatif. Mereka akan senantiasa mengontrol diri untuk bersikap positif dan terkendali.

Hargai Diri Sendiri

Untuk membentuk karakter diri, kamu harus belajar untuk menghargai diri sendiri. Mulailah menghargai diri sendiri dengan mencitai diri kamu sendiri, bangga dan percaya pada diri sendiri, anggap diri kamu berharga. Orang yang berhasil membentuk karakter diri adalah mereka yang menghargai diri sendiri.

Menghargai diri sendiri sebagai cara membentuk karakter akan mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan orang lain. Dimana kamu akan lebih baik dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Orang – orang yang sukses juga membentuk karakter mereka dengan cara menghargai diri sendiri.

Buat Prinsip untuk Diri Sendiri

Harus Memiliki Prinsip
Sumber: stackify.com

Tanamkan prinsip dalam hidup dan pegang teguh prinsip tersebut. Prinsip yang sudah ada di dalam tubuh itu tidak akan bisa dipatahkan begitu saja hanya karena suatu perbedaan. Meyakini sesuatu yang benar dan tidak terpengaruh yang salah, merupakan prinsip yang dapat kamu tanamkan untuk membentuk karakter diri.

Oleh karena itu, prinsip itu penting. Prinsip dalam kehidupan, prinsip untuk mencapai kesuksesan, dan tentunya prinsip untuk membentuk karakter diri demi meraih apa yang kamuharapkan. Jangan mudah terpengaruh, ketika perbedaan menggoyahkan, coba ingat kembali prinsip yang sudah kamu bentuk dan jangan sampai terpatahkan.

Memperhitungkan Tindakan

Setiap kejadian pasti memerlukan tindakan untuk menghadapinya. Kamu sebagai pelaksana harus mengetahui tindakan apa yang akan kamu ambil. Selain itu, pertimbangkan tindakan tersebut sebelum kamu melakukannya.

Ketika kamu memilih suatu keputusan untuk menunjukkan karakter diri, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah mempertimbangkan setiap risiko dari keputusan tersebut. Kamu harus memperhitungkan baik buruknya keputusan yang kamu ambil. Setiap keputusan memiliki risiko, jadi perhitungkan dengan baik keputusan yang akan kamu lakukan.

Gali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Kelebihan dan Kekurangan
Sumber: novoresume.com

Untuk membentuk karakter, hal yang penting dilakukan adalah menggali setiap kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu. Kelebihan yang melekat pada diri dapat menjadi poin penting untuk memperkuat karaktermu. Kamu bisa semakin mengasah kelebihan dirimu untuk menjadi yang terbaik.

Sementara kekurangan yang ada pada dirimu, bisa kamu jadikan alat untuk memperbaikinya dengan hal lain yang bisa menutup kekuranganmu. Dengan demikian, karakter dirimu akan terbentuk dan kamu pun tidak terganggu lagi dengan rasa kekurangan yang ada pada diri.

Komitmen

Jika ingin membentuk karakter diri, kamu harus memiliki komitmen. Orang yang labil akan mudah terpengaruh, sehingga sulit untuk membentuk karakter diri. Karena ia akan mudah terpengaruh terhadap apapun yang ia hadapi, baik lingkungan, apa yang ia tonton, dan lainnya.

Baca juga: Apa itu Kepemimpinan? Yuk Ketahui Agar Bisa Memimpin!

Mulailah berkomitmen dengan hal – hal yang kecil. Misalnya, komitmen untuk selalu merapikan tempat tidur dan kamar di pagi hari, komitmen untuk berolahraga setiap hari meskipun hanya tiga puluh menit sehari, komitmen untuk mengkonsumsi buah dan sayur demi kesehatan, dan komitmen lainnya. Jika kamu dapat berkomitmen dengan hal – hal tersebut, maka akan mudah bagi kamu untuk melakukan komitmen yang lebih besar. Sehingga, karakter diri akan mudah terbentuk dengan komitmen yang kamu lakukan.

Disiplin Diri

Disiplin Diri
Sumber: elegantthemes.com

Sama halnya dengan komitmen, untuk dapat membentuk karakter diri kamu pun harus mendisiplinkan diri. Disiplin bisa dimulai dari hal yang kecil. Kegiatan sehari – hari juga dapat kamu biasakan untuk selalu disiplin. Misalnya disiplin masalah waktu. Dimana ketika kamu menetapkan waktu untuk belajar, bekerja, atau bermain, kamu harus menepati waktu tersebut.

Memperbaiki Masa Lalu

Setiap orang memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, kamu dapat memperbaiki masa lalu tersebut saat ini. Kesalahan yang kamu alami di masa lalu dapat menjadi pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. Pikirkan apa yang salah pada diri kamu, cobalah untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Dan tentunya, jangan sampai mengulangi kesalahan tersebut di masa kini. Hal ini akan menjadi alat yang kuat untuk dapat membentuk karakter baru diri kamu.

Membuka Diri

Membuka Diri
Sumber: twtainan.net

Cobalah untuk lebih membuka diri. Seringkali ada anggapan bahwa kamu bisa mengatasi masalahmu sendiri, sehingga tidak memerlukan bantuan orang lain. Anggapan tersebut salah, kamu masih memerlukan orang lain untuk memberimu masukan dan nasehat.

Cobalah untuk membuka diri kepada orang yang kamu percaya. Pertama, kamu dapat membuka diri kepada orang – orang terdekatmu, keluarga, sahabat, dan teman dekat. Dari mereka, kamu akan mendapatkan nasehat – nasehat yang dapat membuka pikiranmu kembali. Dengan begitu, kamu juga dapat memupuk karakter diri menjadi lebih baik.

Berani

Beranilah untuk berubah, berubah ke arah yang lebih baik. Beranilah untuk mengambil tindakan karena karakter diri tidak akan berubah jika kamu tidak merubahnya. Tentukan tujuanmu, buatlah arah yang jelas, dan lakukanlah hal – hal positif yang menunjang terbentuknya karakter diri.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Itulah cara membentuk karakter diri. Semua dimulai dari diri sendiri, jika kamu sendiri tidak memulainya, jangan harap karakter diri akan terbentuk. Jadi, mulailah dari dirimu sendiri!

Ratih
Ratih
Penggemar teh yang suka nulis dan jalan - jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 4 Kompetensi Guru

Sebagian orang menganggap tugas guru itu hanya ngajar saja, datang ke sekolah lalu masuk kelas dan selesai mengajar lalu pulang. Padahal kalau pernah ngalamin...

Contoh Teks Ceramah: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah ketika ingin melakukan ceramah tetapi kebingungan apa yang harus disampaikan? nah biasanya disiapkanlah sebuah teks agar mempermudah dalam penyampaian serta informasi bisa tersampaikan...

Contoh Berita Acara Serta Pengertiannya

Buat kamu yang masih bingung mengenai apa itu berita acara serta ingin melihat langsung contoh berita acaranya, yuk simak langsung pembahasan artikel berikut. Pengertian Berita...

Model Pembelajaran Discovery Learning

Kualitas pembelajaran sangat ditentukan oleh perencanaan dan strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Tahukah kamu apa saja yang harus disiapkan dalam merancang sebuah pembelajaran...

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan dan Kaidah

Pembahasan kali ini akan membahas contoh teks ulasan, mungkin kalian sudah mengetahui secara singkat nah di artikel ini akan membahas secara lengkap, yuk simak...