Home Seni & Musik 5 Cara Melatih Konsentrasi Saat Bermain Drama

5 Cara Melatih Konsentrasi Saat Bermain Drama

Setiap pemeran drama harus bisa mengelola konsentrasi dengan baik jika ingin tampil maksimal. Karena jika ia kehilangan fokus untuk sesaat saja, peluangnya ia keliru menjalankan adegan, alhasil pemeran lain yang terlibat dalam satu scene ikut kena imbasnya. Bukan hanya drama yang jadi rusak, Kamu pun misal yang mengalaminya pasti akan sangat malu karena melakukan kesalahan didepan banyak penonton.

Itu sebabnya disini membahas secara khusus tentang cara melatih supaya bisa menjaga konsentrasi khususnya untuk para pemain drama. Jika ingin bermain drama, perlu membaca ulasan ini sampai tuntas. Supaya nantinya Kamu bisa menjaga konsentrasi dengan baik dan berhasil menguasai panggung.

Latihan Meditasi

latihan meditasi
Sumber foto : joss.co.id

Salah satu teknik yang efektif dan banyak digunakan untuk orang melatih konsentrasi adalah dengan bermeditasi. Karena jika bisa melakukannya, jiwa akan menjadi tenang dan fokus dengan pikiran maupun raga. Pikiran-pikiran yang tak ada gunanya bisa disingkirkan, sehingga untuk konteks ini, Kamu bisa benar-benar fokus pada peran drama yang dijalankan.

Baca juga: 7 Jenis Drama Berdasarkan Penyajian Cerita

Untuk melakukannya, langkah paling awal dan menentukan adalah menenangkan tubuh. Kamu kondisikan diri dengan suasana yang cukup tenang, sehingga menjadi lebih mudah untuk fokus pada diri sendiri. Setelahnya bisa mulai memasuki pikiran maupun perasaan dan menghubungkannya dengan peran drama. Bayangkan hingga sedetail mungkin hingga tidak terbayang hal selain peran drama. Jika sudah bisa, mulai hubungkan dengan peran dari tokoh lain dan lakukan itu secara rutin.

Permainan Berhitung

game berhitung
Sumber foto : fatherly.com

Selain dengan meditasi, Kamu juga bisa melatih kekuatan konsentrasi pikiran dengan permainan berhitung sampai 20. Idealnya dilakukan dengan jumlah orang yang cukup banyak, antara 5 sampai 10 orang. Karena perhitungan dilakukan secara bergantian dan akan lebih menuntut fokus ketika pemainnya cukup banyak.

Nantinya ada satu orang yang secara acak memulai perhitungan dengan angka 1. Kemudian orang lain juga secara acak melanjutkan dengan angka berikutnya. Perhitungan itu terus dilakukan sampai 20, tapi tidak boleh ada yang mengucapkan angka yang sama bersamaan. Jika itu terjadi maka perhitungan dimulai dari awal. Hal ini akan melatih konsentrasi karena setiap pemain akhirnya harus fokus mengikuti perhitungan dan mengamati perhitungan lainnya.

Kalimat Bersambung

game kalimat bersambung
Sumber foto : abc.net.au

Satu lagi teknik yang bisa Kamu coba untuk melatih konsentrasi adalah melakukan permainan kalimat bersambung. Yakni dengan beberapa orang duduk melingkar, kemudian ada peserta yang pertama kali menyebutkan kata secara acak. Jika sudah, hal itu dilanjutkan oleh peserta di sebelahnya, yaitu dengan mengucapkan kata pertama kemudian menambahi dengan kata darinya sendiri.

Setelah peserta kedua, maka peserta ketiga menyebutkan kata pertama dan kedua, kemudian menambahkan kata ketiga dari dirinya sendiri. Hal itu akan terus berlanjut sampai nantinya berhenti pada peserta yang sudah lupa dengan rangkaian katanya. Maka otomatis ia yang gagal dalam permainan itu.

Arcade Game

cara melatih konsentrasi
Sumber foto : www.groupon.com

Jika Kamu kesulitan menemukan rekan untuk melatih konsentrasi, cara yang satu ini bisa jadi opsi untuk berlatih fokus secara mandiri. Di sela waktu luang, Kamu bisa gunakan untuk bermain arcade game seperti: Piano Tiles, Guitar Hero, dan game sejenisnya. Selain menyenangkan, hal ini juga bisa melatih diri kita untuk meningkatkan konsentrasi terhadap apa yang dikerjakan.

Istirahat Singkat

Cara melatih konsentrasi yang terakhir adalah dengan mengambil istirahat sejenak secara berkala. Hal ini terlihat sepele dan sering kali diabaikan, namun sebenarnya jadi satu cara ampuh untuk melatih konsentrasi. Dalam drama, tentu tidak sedikit adegan yang perlu dilatih. Melatih semua adegan dalam satu waktu panjang lalu mengambil long break itu bukanlah hal yang bagus.

cara melatih konsentrasi
Sumber foto : www.merriam-webster.com

Karena bagaimanapun, pikiran dan perasaan kita akan kelelahan memerankan berbagai macam adegan dalam satu waktu panjang. Alhasil, peran drama yang dijalankan pun tidak maksimal.

Lain cerita jika kita melatih teknik istirahat singkat. Kamu bisa gunakan pola 15-5-15-5 atau 20-5-20-5 sesuai kenyamananmu. Dalam artian, setiap selesai 20 menit latihan peragaan, kamu bisa ambil istirahat 5 menit untuk sekedar me-refresh kembali pikiran. Namun perlu diperhatikan juga, Kamu harus menyusun rencana dulu tiap sesinya akan digunakan untuk memerankan scene yang mana. Dengan begitu, kamu akan lebih konsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan.

Baca juga: Ketahui Yuk Penokohan Drama

Itulah beberapa cara untuk Kamu bisa melatih konsentrasi supaya, semoga peran yang kamu mainkan sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...