7 Manfaat Teknologi Bagi Pendidikan di Indonesia

Sejarah penggunaan teknologi sudah dimulai sejak beberapa abad silam. Dari waktu ke waktu, teknologi terus berkembang dan tidak hanya terbatas digunakan pada beberapa aspek kehidupan saja. Hadirnya teknologi dalam beberapa aspek kehidupan mampu membantu manusia untuk menjalani aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Penerapan teknologi pun cukup beragam begitu juga dengan manfaat yang diterima.Dunia pendidikan menjadi salah satu bagian yang tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan teknologi. Penggunaan teknologi di dunia pendidikan pastinya memberikan banyak manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh siswa saja, melainkan juga oleh pendidik atau pengajar. Lalu, bagaimana sebenarnya manfaat teknologi bagi pendidikan terutama pendidikan di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Meningkatkan Dukungan Media Belajar

7 Manfaat Teknologi Bagi Pendidikan di Indonesia
Sumber: Julia M Cameron from Pexels

Selama ini, kegiatan belajar mengajar di Indonesia lebih banyak didukung oleh buku atau media lainnya yang kebanyakan berupa tekstual. Namun, dengan hadirnya teknologi dalam dunia pendidikan di Indonesia, media belajar yang bisa dipakai oleh para siswa menjadi lebih beragam. Contohnya, dengan adanya media pembelajaran seperti audio dan video bersamaan dengan hadirnya teknologi komputer, ponsel pintar, dan tablet.

Banyak para pengembang atau developer yang juga semakin tertarik untuk mengembangkan teknologi pembelajaran lewat software dan aplikasi mobile.  Seperti halnya aplikasi bimbel online yang memberikan cara belajar baru bagi para siswa. Hal ini membuat dunia pendidikan mendapatkan dukungan pembelajaran yang semakin bagus dan bahkan bisa menunjang kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Materi Pembelajaran yang didapatkan Lebih Menarik

Manfaat kedua yang bisa dirasakan akibat adanya penggunaan teknologi di dunia pendidikan adalah akses untuk mendapatkan materi belajar yang lebih menarik. Sering kali ditemukan banyak siswa yang merasa malas untuk belajar dikarenakan banyaknya materi yang harus dipelajari. Selain itu, materi belajar yang disampaikan dengan tidak menarik juga membuat minat siswa menjadi rendah.

Dengan adanya bantuan teknologi di dunia pendidikan, masalah tersebut pun perlahan bisa diatasi. Semakin banyak materi pembelajaran yang menarik, tentu akan semakin meningkat pula keinginan siswa untuk mendalami suatu materi. Dengan begitu, perlahan masalah minat belajar yang rendah akan teratasi sedikit demi sedikit.

Kegiatan Mengajar Tidak Monoton

Selain siswa yang mendapatkan sisi keuntungan dari penggunaan teknologi, guru atau pendidik juga bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan teknologi. Bagi para pendidik, hadirnya teknologi pendidikan membantu guru untuk menyiapkan bahan pembelajaran yang anti mainstream atau monoton. Ini juga akan berguna untuk menarik minat siswa dalam mempelajari sesuatu materi.

Contohnya saja, ketika materi pembelajaran dibungkus dengan penggunaan video maupun media interaktif lainnya, akan lebih mudah bagi guru untuk menarik perhatian siswa dan membuat mereka menjadi lebih fokus dalam belajar. Akan tetapi, dalam hal satu ini, dibutuhkan pula kreativitas para pendidik untuk menyajikan materi belajar yang lebih menarik dan tidak monoton bagi siswanya.

Membuat Aktivitas Belajar Lebih Fleksibel

Adanya kemajuan teknologi yang diterapkan di dunia pendidikan bisa membantu proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Salah satu bentuk kemajuan teknologi tersebut adalah internet yang bisa membantu aktivitas belajar menjadi lebih fleksibel. Para pendidik dan murid bisa menjalankan kegiatan belajar mengajar secara daring atau secara online, sehingga lebih fleksibel dan tidak terbatas waktu.

Manfaat teknologi ini juga telah banyak membantu para pendidik dan siswa di kala terjadi pandemi Covid-19. Berkat adanya teknologi internet, selama pembatasan aktivitas belajar mengajar di masa Covid-19, kegiatan belajar mengajar bisa terus dilaksanakan. Bisa dibayangkan ketika teknologi belum secanggih seperti sekarang ini, maka kegiatan belajar mengajar selama Covid-19 pastinya akan mengalami kendala.

Kesempatan Menggali Materi Tanpa Batasan

Manfaat satu ini juga dirasakan berkat kehadiran teknologi berupa internet. Saat siswa merasa penasaran dan ingin menggali materi pembelajaran lebih mendalam, mereka tidak perlu khawatir kesusahan mencari sumber materi. Hal ini dikarenakan segala jenis ilmu dan persoalan bisa ditelusuri dengan mudah lewat mesin pencari seperti Google.

Selain itu, sudah banyak pula website-website pendidikan yang bermunculan dan memberikan banyak pilihan materi yang dikupas mendalam. Tidak hanya terbatas pada website saja, ada juga pilihan aplikasi belajar atau bimbel secara online yang bisa digunakan oleh siswa yang merasa materi pembelajaran dari guru masih kurang.  Hal ini semakin membuktikan jika kesempatan untuk menggali materi pembelajaran dan mendapatkan ilmu pengetahuan baru semakin tak terbatas berkat adanya teknologi seperti internet.

Kualitas Pendidikan yang Semakin Meningkat

Banyak hal yang menentukan seberapa bagus kualitas pendidikan di sebuah negeri. Mulai dari metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber daya manusia, suasana akademik, dan lain sebagainya. Diantara banyak faktor tersebut, media pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi faktor penting yang menentukan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya penggunaan teknologi yang merata di seluruh Indonesia, serta banyaknya inovasi dalam teknologi pendidikan, tentu hal ini akan membantu kualitas pendidikan di Indonesia terus meningkat. Kualitas pendidikan yang terus meningkat akan berdampak pada aspek kehidupan lainnya. Misalnya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, tingginya minat untuk meraih pendidikan lebih tinggi, serta dampak lainnya.

Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Secara keseluruhan, semua manfaat teknologi bagi pendidikan di Indonesia sangat berdampak pada minat belajar para siswa. Adanya metode pembelajaran yang interaktif, materi belajar yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, serta manfaat-manfaat lainnya sedikit banyak akan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam belajar.

Siswa bisa belajar lewat buku, lewat aplikasi bimbel, lewat website yang menyediakan materi pembelajaran, maupun media lainnya. Sehingga, hadirnya teknologi yang memberikan banyak kemudahan ini bisa menjadi faktor pendorong untuk tidak lagi malas-malasan maupun enggan dalam belajar.

Jadi, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh dunia pendidikan di Indonesia dengan adanya penggunaan teknologi. Ketujuh manfaat di atas menunjukkan jika teknologi memang memberikan dampak positif yang cukup besar bagi pendidikan Indonesia. Hadirnya teknologi diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia untuk lebih baik dan maju.

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *