Home Penghasilan Bisnis 5 Cara Manajemen Logistik Perusahaan

5 Cara Manajemen Logistik Perusahaan

Manajemen yang efisien adalah kunci keberhasilan perusahaan, terutama dalam manajemen logistik. Ada berbagai faktor yang terlibat dalam mewujudukan manajemen logistik yang efektif, misalnya otomatisasi dan koordinasi yang sempurna. Saat perusahaan mulai bertumbuh, perusahaan harus menemukan cara untuk mengefektifkan proses perencanaan logistik untuk meningkatkan output.

Manajemen logistik yang baik akan membantu perusahaan berjalan secara efisien dan pengeluaran biaya secara efektif. Tanpa manajemen yang baik, perusahaan bisa membayar lebih mahal untuk kerugian yang dialami.

Berikut merupakan 5 Tips Melakukan Manajemen Logistik di Perusahaan:

Ketahui Tujuan Perusahaan dan Buat Rencana Logistik yang Solid

Sumber: https://www.envisionable.com/

Sebelum menerapkan rencana, pastikan perusahaan memahami keseluruhan strategi dari perusahaan. Jika strategi perusahaan adalah menawarkan waktu pengiriman tercepat, maka untuk mendukung itu perusahaan perlu memfokuskan lebih banyak alokasi untuk logistik. Namun, jika strateginya adalah menjadi penyedia berbiaya rendah, perusahaan perlu menemukan cara untuk memotong biaya, bahkan dengan mengorbankan waktu pengiriman.

Jika sudah, selanjutnya perusahaan dapat meluangkan waktu untuk menganalisis rencana pengiriman. Rencana ini disesuaikan terhadap tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Buat rencana sematang mungkin agar tetap on the track dan sesuai dengan output yang diharapkan.

Menerapkan Automatisasi dan Teknologi Terbaru pada Sistem

Sumber: https://itsocial.fr/

Di era digital, ada sejumlah cara perusahaan untuk dapat mengotomatiskan proses logistik, termasuk melacak dan memantau setiap pengiriman. Sistem-sistem ini mengeluarkan perkiraan dari perencanaan logistik dengan melaporkan data mentah tanpa bias, diantaranya akan mendapatkan perincian tentang:

  • Barang yang dikirim dari pemasok
  • Pengadaan barang di gudang, dan terakhir,
  • Pengiriman barang di tempat tujuan manajemen logistik yang efektif

Baca juga: Pentingnya Analisis Statistik Perusahaan

Hal ini akan menghemat banyak waktu karena aktivitas manual dihilangkan dan menghindari human error. Selain itu, pelacakan akurat membantu meningkatkan manajemen proses secara keseluruhan. Pemanfaatan teknologi terbaru juga bisa menjadi pilihan yang memungkinkan perusahaan dapat menjadi lebih efisien dari pesaingnya.

Manajemen Warehouse Logistik yang Tepat

Sumber: https://i.pinimg.com/

Manajemen logistik yang efektif tidak lengkap tanpa manajemen gudang yang tepat. Operasi gudang sangat tergantung pada jenis barang. Misalnya, barang yang mudah rusak, seperti produk susu akan membutuhkan fasilitas pendingin. Biji-bijian harus disimpan di lingkungan yang bebas kelembaban.

Perusahaan logistik harus bertujuan untuk mengembangkan inventaris gudang, misalnya dengan memaksimalkan kapasitas penyimpanan gudang, sehingga tidak terjadi pemborosan barang. Implementasi yang efektif dengan bantuan teknologi untuk penempatan produk sangat diperlukan karena akan membantu efektifitas penyimpan. Staf gudang juga harus dilatih dengan baik untuk operasi gudang.

Pilih Manajer Logistik dan Mitra Terbaik

Sumber: https://miro.medium.com/

Ketika rencana logistik perusahaan dalam keadaan kacau, penting memilih orang yang memiliki keterampilan interpersonal yang hebat untuk mengatasinya. Jika manajer logistik perusahaan baik dengan orang-orang dan memiliki jaringan kontak industri yang solid, ia adalah orang yang tepat untuk mengeluarkan bisnis Anda dari masalah logistik.

Menemukan orang yang tepat untuk posisi ini adalah bagian dari manajemen logistik yang efektif. Selain itu, pemilihan mitra pengiriman juga sangat penting. Ketika perusahaan tidak menyanggupi untuk melakukan logistik sendiri, ada baiknya memilih bermitra dengan perusahaan logistik lain. Pilih mitra yang dapat membantu memastikan perusahaan mendapatkan harga terbaik, pengiriman tercepat, dan tim gudang paling produktif.

Fokus pada Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Perusahaan

Sumber: https://blog.vantagecircle.com/

Tidak ada yang lebih penting daripada konsumen. Sistem perusahaan harus mencerminkan komitmen perusahaan untuk membuat interaksi konsumen seefektif mungkin. Segala sesuatu yang distrategikan harus dilakukan dengan memikirkan konsumen akhir. Meskipun perusahaan sedang fokus pada pengendalian biaya dan waktu pengiriman, perusahaan tetap perlu untuk melayani konsumen.

Baca juga: Pentingnya Evaluasi Berkala untuk Perusahaan

Dalam keterbatasan strategi sekalipun, temukan cara-cara inovatif untuk memastikan kepuasan pelanggan. Pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan konsumen. Konsumen dapat menghargai komunikasi jika terdapat perubahan status pada pengiriman daripada pengiriman yang lebih cepat tapi sulit berkomunikasi dengan baik.


Sumber:
https://www.business2community.com/product-management/4-most-effective-business-logistics-tips-01350840
https://www.apsfulfillment.com/logistics-management/10-quick-tips-on-logistics-strategies/
https://startupnation.com/manage-your-business/logistics-tips/
https://www.supplychaindigital.com/logistics/five-tips-managing-your-logistics-more-effectively
https://cerasis.com/effective-logistics-management/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...