Home Pengetahuan Keunggulan Mind Mapping Untuk Belajar

Keunggulan Mind Mapping Untuk Belajar

Pernahkan kamu diberi tugas hafalan di sekolah? Pelajar Indonesia mayoritas pasti akan akan menjawab pernah, bahkan sering. Saat ujian pun kemampuan hafalan kita diuji, karena Ibu Bapak guru memberi soal-soal dari catatan atau teori dalam teks buku paket. Merangkum, mencatat kembali, dan menghafal (3M), metode belajar yang umum digunakan saat proses belajar mengajar.

Jika bertanya pada para murid, pasti rasanya jenuh menghafal banyak materi pelajaran, sekedar untuk tugas atau persiapan ujian. Sedih nya lagi pemahaman hasil metode hafalan ini tidak bertahan lama di otak kita. Sebab dengan metode hafalan, otak kita hanya menghafal, bukan benar benar memahami materi yang kita pelajari. Wah jadi makin malas belajar ya kalau seperti ini.

Kalau saja metode belajar kita benar dan kita merasa belajar itu seru, semangat belajar pasti akan meningkat. Dan otomatis impian kita buat upgrade prestasi bukan jadi hal yang mustahil!

Buat kalian yang merasa masalah yang sama, ada kabar gembira untuk kita semua! Inovasi metode belajar Mind Mapping, adalah solusi untuk upgrade cara belajar kita. Belajar jadi efektif, cepat dan juga seru. Metode ini membantu kalian mengorganisir informasi yang masuk, dengan bagan, warna, symbol, garis yang sesuai dengan cara kerja otak. Sehingga menyerap informasi jadi lebih efektif dan menyenangkan.

Tidak heran, sudah banyak guru yang beralih ke metode mind mapping untuk mengajar siswa nya. Bahkan hasil karya Tony Buzan pada tahun 1960-an ini dipercaya bisa meningkakan kecerdasan otak kita, sebab dengan membuat mind mapping otak kanan dan kiri kita akan aktif secara bersamaan. Wah, keren ya?

Manfaat Mind Mapping

kelebihan mind mapping untuk belajar
Sumber foto : understood.org

Sebagai pelajar, banyak sekali manfaat jika menerapkan metode mind mapping dalam kegiatan belajar kita. Selain meningkatkan kecerdasan, manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah :

  • Materi pelajaran jadi lebih mudah dan menarik untuk dibaca, karena mind mapping bersifat visual
  • Membantu otak kita fokus berkonsentrasi terhadap materi yang kita pelajari
  • Inti pembahasan dalam pelajaran lebih jelas dipahami
  • Rantai keterhubungan antara pembahasan satu dengan pembahasan lain lebih mudah dipahami logikanya. Sehingga pemahaman kita akan lebih lama kita ingat, sebab otak kita memahami materi pelajaran bukan menghafal nya.
  • Memori ingatan otak kita akan meningkat
  • Terakhir, ucapkan selamat tinggal pada cara belajar yang membosankan karena dengan mind mapping belajar akan jadi momen menyenangkan dan bikin kita ketagihan!

 Apakah Mind Mapping Untuk Guru?

kelebihan mind mapping untuk belajar
Sumber foto : idatschool.ca

Bukan hanya murid, guru pun bisa merasakan manfaat menggunakan mind mapping. Metodenya yang mudah dan kaya visual, membuat mind mapping banyak mendatangkan manfaat buat para guru yang menerapkan nya. Apa saja manfaatnya,

Waktu persiapan mengajar jadi lebih singkat

Daripada harus menulis ulang catatan atau rangkuman teori yang akan diajarkan pada siswa. Mind mapping menawarkan kerangka sederhana dan bisa juga penuh warna, sebagai bahan persiapan para guru sebelum mengajar para murid nya. Dengan ini persiapan akan jadi efektif dan lebih mudah.

Revisi perbaikan mata pelajaran jadi lebih mudah

Ingin merevisi atau menambahkan sub bahasan pada materi pelajaran? Tidak perlu bingung ya, dengan metode mind mapping. Struktur materi akan mudah diperbaiki dan dikembangkan. Tidak perlu menulis ulang catatan revisi, hanya perlu menarik garis tambahan sub pembahasan saja. Tertarik untuk mencoba?

Materi pelajaran yang disampaikan, terorganisir dengan baik

Selamat tinggal paragraf materi berlembar-lembar dan membosankan untuk dibaca. Dengan mind mapping, yang berisi bagan dan kata kunci penting. Guru akan lebih mudah mengorganisir pemahaman materi, sehingga menjadi mudah dijelaskan kembali pada siswa.

Membantu anak didik memahami materi lebih dalam

Saat Kamu bisa menjelaskan materi dengan terorganisir, dengan kata kunci dan rantai keterhubungan, logika materi akan lebih mudah ditangkap oleh siswa. Dijamin murid akan memahami materi lebih dalam daripada hanya menghafalnya.

Baca juga: 6 Cara Melakukan Brainstorming

Wah, banyak sekali ya manfaat yang bisa dirasakan guru dan murid dengan metode mind mapping. Metode ini adalah belajar jaman now yang wajib diterapkan dalam pembelajaran sekolah sampai perguruan tinggi. Dengan segudang manfaat yang bisa kita rasakan dengan metode ini, jangan sampai ketinggalan coba mind mapping sekarang ya. Upgrade metode belajar dan upgrade prestasimu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...