Kecerdasan Buatan (AI) Beserta Contohnya

Kecerdasan buatan biasa dikenal dengan istilah Artificial Intelligence. Jika kata AI terlontar, seringkali yang terbayang adalah robot. Lantas sebenarnya, apa sih pengertian AI? Artificial Intelligence adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang telah diprogram sedemikian rupa untuk berpikir dan bertindak selayaknya manusia.

Sekitar 10 tahun yang lalu mungkin AI masih dipercaya sebagai suatu yang tidak mungkin terjadi atau hanya sekedar angan-angan para pemalas. Ataupun teknologi-teknologi khayalan dalam film genre science fiction. Namun kini, angan-angan itu berubah menjadi kenyataan. Dan bisa jadi 10 tahun mendatang AI akan menjadi hal biasa dan tidak lagi mencengangkan.

Kecerdasan buatan sudah banyak dimanfaatkan dan diterapkan di berbagai bidang kehidupan dengan beragam kegunaan. Beberapa contohnya bisa Kamu simak di bawah ini.

Otomasi

contoh kecerdasan buatan
Sumber foto : pdsahabat.com

Sistem yang berfungsi secara otomatis. Misalnya otomatisasi proses robotik (RPA) dapat diprogram untuk melakukan tugas bervolume tinggi dan berulang yang biasanya dilakukan oleh manusia. RPA berbeda dengan otomatisasi TI karena dapat beradaptasi dengan keadaan yang berubah.

Contoh yang sudah cukup banyak dikembangkan adalah Otomisasi Packaging Process. Terutama untuk memenuhi kebutuhan pabrik dalam mengemas produknya, sehingga tak perlu banyak menggunakan tenaga manusia lagi. Produk yang siap dikemas secara otomatis masuk ke dalam jalur pengemasan dan dibungkus oleh robot yang berjalan otomatis dan teratur.

Pemrosesan bahasa alami (NLP)

contoh kecerdasan buatan
Sumber foto : hitechglitz.com

Sistem pemrosesan bahasa manusia yang dilakukan oleh program komputer. Salah satu contoh NLP adalah deteksi spam, yang melihat baris subjek dan teks email dan memutuskan apakah itu termasuk sampah atau tidak. Tugas NLP juga termasuk terjemahan teks, analisis sentimen dan pengenalan suara.

Salah satu contohnya adalah filter email di gmail. Filter ini bertugas untuk mengurutkan email dalam sejumlah kategori, yakni utama, sosial, promosi, pembaruan, forum dan spam. Program ini bisa membantu mengorganisir email dan juga mencegah spam masuk ke kotak masuk emailmu.

Robotika

contoh kecerdasan buatan
Sumber foto : www.bisa.sch.id

Sistem yang berfokus pada desain dan pembuatan robot. Robot seringkali digunakan untuk melakukan tugas yang sulit bagi manusia, seperti tugas-tugas yang membutuhkan konsistensi dalam melakukannya.

Robot digunakan dalam jalur perakitan untuk produksi mobil atau oleh NASA untuk memindahkan benda besar di luar angkasa. Saat ini juga mulai dikembangkan robot yang dapat berinteraksi dalam lingkungan sosial.

Baca juga: Jenis Psikotes yang Sering Ditemukan

Salah satu contohnya adalah pelayanan yang dilakukan oleh Robot di Roboto Restoran di Muscat, Oman. Robot ini bertugas memberikan makanan yang telah dipesan oleh pengunjung serta menyapa dan mengucapkan terimakasih kepada pengunjung.

Mobil dengan Pengemudi Otomatis

contoh kecerdasan buatan
Sumber foto : toplintas.com

Sistem ini menggunakan kombinasi visi komputer, pengenalan gambar dan pembelajaran mendalam untuk membangun keterampilan otomatis dalam mengemudikan kendaraan sambil tetap berada di jalur tertentu, menghindari penghalang yang tidak terduga seperti pejalan kaki atau kendaraan yang tiba-tiba menyalip.

Salah satu contoh konkretnya adalah Tesla, beberapa waktu yang lalu bahkan sempat di tunjukkan cara kerjanya oleh Dedy Corbuzier. Mobil ini juga dikenal mobil tanpa awak, karena kendalinya yang otomatis. Dengan kecanggihannya Tesla mampu meraih berbagai penghargaan.

Menarik bukan? Ternyata Artificial Intelligence bukan hanya bermakna sempit mengenai robot, tapi lebih luas dan meliputi banyak hal. Bahkan tanpa kita sadari, kita sering berinteraksi dengan AI salah satunya pada filter email di gmail. Jika kamu tertarik untuk berinteraksi secara langsung dengan robot AI, kamu bisa kunjungi Roboto Restoran di Oman.

Dibalik perkembangan yang sangat cepat dari kecerdasan buatan, manusia juga harus terus berkembang dengan cepat. salah satunya dengan mempelajari soft skill. Selamat Mencoba!

Artikel Terbaru

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *