Kata Pengantar Proposal Penelitian

Sebelum masuk ke dalam bab pendahuluan, suatu proposal penelitian biasanya akan dilengkapi dengan kata pengantar. Sebenarnya, bukan hanya pada proposal saja, kata pengantar juga dapat ditemukan di halaman awal pada karya ilmiah lainnya seperti skripsi, tesis, disertasi, maupun makalah. Tujuan penulisan kata pengantar sendiri dilakukan supaya pembaca proposal penelitian mampu mengetahui apa pokok bahasan yang akan diangkat dalam proposal tersebut.

Mengingat letak kata pengantar berada di halaman awal dan menjadi tujuan awal pembaca, maka penulisan kata pengantar harus ditulis dengan baik dan sesuai dengan ketentuan. Nah, untuk itu, mari simak apa saja bagian dalam kata pengantar yang harus ditulis beserta dengan contoh proposal penelitian.

Bagian-Bagian dalam Kata Pengantar

Bagian-Bagian dalam Kata Pengantar
Sumber: janjf93 from Pixabay

Secara umum, kata pengantar mempunyai tiga bagian utama yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Di setiap bagian tersebut memuat unsur-unsur yang berbeda dan akan dibahas lebih lanjut dalam pembagian berikut.

Bagian Pembuka

Pada bagian pembuka atau awalan kata pengantar akan berisikan tentang rasa syukur dari peneliti atau penulis atas selesainya proposal yang dikerjakan. Umumnya, rasa syukur tersebut disampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pihak-pihak yang telah membantu selama proses pengerjaan proposal. Penyebutan pihak-pihak yang membantu proses pengerjaan proposal biasanya diurutkan mulai dari pihak yang memberikan kontribusi terbesar seperti dosen pembimbing.

Hanya saja, sering kali beberapa peneliti mencantumkan rasa terima kasih kepada banyak pihak sehingga membuat kata pengantar nampak begitu panjang. Usahakan untuk tidak berlebihan dan mencantumkan semua nama, melainkan hanya beberapa pihak yang benar-benar berkontribusi, supaya bagian pengantar tidak beralih fungsi menjadi halaman ucapan terima kasih.

Bagian Isi

Memasuki bagian isi, peneliti harus menjelaskan sekilas tentang isi dari proposal yang dibuat dimulai dengan penyebutan judul proposal dan dilanjutkan dengan tujuan dari pembuatan proposal. Pada bagian isi ini, sebaiknya kamu tidak terlalu menjelaskan mengenai isi penelitian terlalu detail. Hal tersebut untuk menghindari penulisan kata pengantar terlalu melebar dan sebaiknya ditulis tidak melebihi 1 halaman.

Bagian Penutup

Bagian penutup kata pengantar berisi mengenai permohonan maaf dari peneliti jika terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan proposal penelitian baik itu dari segi isi maupun teknis. Oleh karenanya, peneliti juga bisa menyatakan keterbukannya dengan kritik dan saran dari para pembaca.

Setelah itu, peneliti juga bisa menuliskan harapan dari penulisan proposal tersebut bagi pembaca. Perlu diperhatikan dalam penulisan kata pengantar tidak boleh menggunakan bahasa yang informal terlebih jika kata pengantar tersebut untuk bagian awal proposal penelitian.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian
Sumber: Hagar Lotte Geyer from Pixabay

Untuk memperjelas rangkaian penjelasan yang ada di atas, berikut akan ada contoh proposal penelitian bagian kata pengantar yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuat kata pengantar yang sesuai.

Contoh I

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan kuasa-Nya, sehingga peneliti mampu menyelesaikan proposal penelitian sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Peneliti menyadari jika selama proses pengerjaan proposal penelitian ini, banyak pihak telah memberikan bantuan dan dukungannya, oleh karena itu, peneliti juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada:

  1. Bapak Budi Susanto selaku dosen pembimbing yang telah memberikan arahan di setiap tahapan pengerjaan proposal hingga selesai.
  2. Orang tua yang selalu memberikan dukungan, doa, dan kata-kata penyemangat selama peneliti berkutat dengan pengerjaan proposal penelitian.
  3. Teman-teman satu bimbingan penelitian yang sama-sama berjuang dan saling memberikan dukungan selama proses pengerjaan proposal.

Adapun penelitian yang berjudul “Analisis Penokohan Tokoh Utama dalam Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari” ini bertujuan untuk menganalisis penokohan dari para tokoh utama yang ada di novel Perahu Kertas karya Dee Lestari berdasarkan dengan teori kepribadian milik Sigmun Freud. Disamping itu, proposal penelitian ini juga ditulis sebagai syarat kelulusan dan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dalam penulisan proposal ini, peneliti telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya dengan baik, namun peneliti juga menyadari jika masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca untuk menyempurnakan kekurangan yang ada dalam proposal penelitian ini.  Akhir kata, peneliti berharap jika proposal penelitian ini dapat berguna bagi pembaca sekalian dan pihak-pihak lainnya.

Jakarta, 22 April 2021

Nana Miranda

Contoh I

KATA PENGANTAR

Pertama-tama, peneliti ucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga peneliti mampu menyelesaikan proposal penelitian ini. Proposal penelitian ini tidak akan selesai tanpa bantuan dan dukungan dari beberapa pihak kepada peneliti. Untuk itu, peneliti juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Ibu Rina Karina selaku dosen pembimbing yang senantiasa memberikan bimbingan di setiap proses pembuatan proposal.

Tidak lupa, peneliti juga ucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada teman-teman satu bimbingan yang saling memberikan dukungan semasa proses bimbingan dan pengerjaan proposal. Dukungan tanpa henti juga turut diberikan oleh orang tua dan saudara, sehingga peneliti juga sangat berterima kasih atas segala bentuk dukungan tersebut.

Penyusunan proposal penelitian yang berjudul “Analisis Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa ABC Kecamatan XYZ” tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun, peneliti berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan studi di lapangan dengan tujuan untuk mengetahui betul apa alasan dibalik banyaknya siswa yang putus sekolah.

Apabila dalam penulisan proposal penelitian ini terdapat beberapa kesalahan baik dari segi teknis maupun isi, peneliti menghaturkan permohonan maaf. Besar harapan proposal penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi studi terkait dan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Surabaya, 11 Januari 2021

Ifan Arfan

Nah, selesai sudah penjelasan kata pengantar proposal penelitian beserta dengan contohnya. Semoga contoh proposal penelitian bagian kata pengantar di atas bisa memberikan gambaran mengenai kata pengantar yang baik untuk proposal yang kamu kerjakan. Lalu, pastikan jika kata pengantarmu juga mempunyai 3 bagian utama seperti yang disebutkan di atas ya.


Sumber:

Deepublish. (2021). Kata Pengantar: Pengertian, Unsur, Cara Membuat dan Contoh Lengkap. Diakses pada tanggal 23 April 2021, dari penerbitdeepublish.com

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *