Home Tugas Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Beserta Contohnya

Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Beserta Contohnya

Saat memasuki dunia perkuliahan, kamu akan semakin familiar dengan makalah. Menurut Tanjung dan Ardial (2010), makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Menurut Surakhmad (1988), paper atau makalah merupakan segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

Dari kedua pengertian menurut ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang disusun secara sistematis, berdasarkan fakta, tidak memihak, dan bersifat ilmiah objektif serta logis yang biasanya bertujuan untuk tugas sekolah dan kuliah.

Jenis Makalah

contoh kata pengantar makalah
Sumber foto : threatpost.com

Makalah Deduktif

Jenis makalah yang ditulis dari hasil kajian pada teori-teori tertentu (pustaka juga harus relevan dengan masalah yang sedang dibahas). Contoh makalah deduktif ialah skripsi.

Makalah Campuran

Jenis makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoritis, kemudian digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas. Makalah campuran contohnya adalah makalah kerja, makalah ilmiah, makalah kajian, makalah tanggapan, makalah posisi, dan makalah analisis.

Makalah Induktif

Jenis makalah yang disusun berdasarkan data empiris dan didapat dari lapangan secara relevan dengan masalah yang sedang dibahas. Contoh makalah induktif ialah laporan magang.

Jika kamu ingin membuat makalah, kamu tidak bisa asal-asalan, lho. Karena terdapat susunan bab dalam makalah yang harus menjadi pedoman. Susunan makalah tersebut ialah: cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, kajian teori, metode penelitian, pembahasan, saran dan kesimpulan, serta daftar pustaka.

Pengertian Kata Pengantar 

kata pengantar2
Sumber: lifewire.com

Salah satu yang cukup penting dalam pembuatan makalah ialah kata pengantar. Menurut KBBI, kata pengantar diartikan sebagai kata pendahuluan. Kata pengantar dapat juga diartikan sebagai kata-kata dari orang yang terkenal yang dimuat di halaman depan sebagai tanda terbitnya suatu buku.

Dengan begitu, kata pengantar ialah sebuah ungkapan atau ucapan dari penulis. Biasanya berisi tentang ucapan terima kasih atau kesan pesan terhadap makalah/buku yang telah diselesaikannya. Walaupun simpel, terkadang  banyak orang yang tidak memedulikannya.

Struktur Kata Pengantar

Nah, apakah kamu tahu, membuat kata pengantar pun tidak bisa asal-asalan, lho. Ada yang harus perhatikan ketika ingin membuat kata pengantar. Secara umum, berikut ini ialah struktur kata pengantar.

Salam Pembuka

Pada makalah ilmiah, salam pembuka hanya opsional. Jadi, bisa dituliskan atau tidak. Tergantung  struktur penulisan yang berlaku di universitas masing-masing.

Pendahuluan

Pada pendahuluan, kamu bisa menuliskan puji-pujian dan rasa syukur terhadap apa yang sudah kamu kerjakan.

Isi

Pada bagian isi, kamu bisa menuliskan pengalamanmu, kesan, serta pesan ketika mengerjakan makalah tersebut. Bukan hanya itu, pada bagian isi, kamu bisa menceritakan gambaran umum tentang isi makalahmu. Kamu pun bisa mengucapkan ucapan-ucapan terima kasih. Misalnya kepada orang tua, guru/dosen, serta orang-orang yang membantu penyelesaian makalah.

Penutup

Seperti bagian penutup pada umumnya, pada makalah pun kamu dianjurkan untuk menerima kritik dan saran pembaca. Bukan hanya itu saja, biasanya pada penutup pun kamu dapat menuliskan harapanmu terkait penelitian berikutnya.

Tempat dan Tanggal Pembuatan Makalah

Pada bagian paling akhir, kamu diharuskan untuk menulis tempat dan tanggal saat membuat makalah. Posisi penulisan tempat dan tanggal biasanya ada di pojok kanan bawah. Hal tersebut berguna untuk memberitahukan kepada pembaca, kapan dan dimana makalah dibuat.

Fungsi Kata Pengantar

Kegunaan dari kata pengantar sangat beragam, diantaranya ialah:

  • Sebagai gambaran umum terhadap isi dari makalah atau karya tulis tersebut. Dengan begitu, pembaca dapat memahami isi makalah.
  • Sebagai ucapan terima kasih penulis kepada orang-orang yang telah membantu  dalam menyelesaikan makalah.
  • Sebagai pengingat dimana makalah tersebut disusun. Karena terdapat tempat dan tanggal dalam kata pengantar

Contoh-contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar untuk Makalah/Karya Ilmiah

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan laporan karya ilmiah ini dengan sebaik-baiknya.

Laporan karya ilmiah ini berjudul (isi sendiri). Tujuan dari laporan ini yaitu memberikan pemahaman kepada pembaca baik teoritis maupun praktis tentang (isi sendiri). Secara umum, hasil dari karya ilmiah ini yaitu (isi sendiri).

Peneliti mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah memberikan waktu dan informasi terkait penelitian ini, serta dosen pembimbing dan pihak – pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan memberikan dukungan baik moril maupun materil dalam penyusunan laporan karya ilmiah ini.

Peneliti menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna. Saran maupun kritik yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan karya ilmiah ini di masa mendatang. Dan peneliti berharap ada peneliti lanjutan karena masih banyak sudut pandang yang masih bisa dieksplor dari topik ini.

Surabaya, 18 April 2020

Peneliti

Baca juga: Cara Menulis Karya Ilmiah Yang Benar

Kata Pengantar untuk Skripsi

Assalamualaikum Wr. Wb

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul (Deskripsi peran … isi sendiri) ini sebagai prasyarat kelulusan Departemen Ilmu (isi sendiri) Prodi Ilmu (isi sendiri) Universitas (isi sendiri) dengan sebaik-baiknya.

Dengan adanya skripsi ini, peneliti berharap semoga pembaca mampu memahami kajian pembahasan yang ada pada skripsi ini dan mampu mengambil pembelajaran serta termotivasi untuk mengkaji lebih dalam maupun ikut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan kontemporer saat ini.

Tak lupa, peneliti ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat dan memberikan dukungan dalam penulisan skripsi ini.

Tentu saja peneliti menyadari bahwa penelitian skripsi ini masih belum sempurna. Kritik dan Saran pembaca tentu saja sangat peneliti harapkan untuk perbaikan pada penelitian selanjutnya.

Semarang, 18 April 2020

Peneliti

Kata Pengantar untuk Laporan Magang

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia-Nya sehingga laporan magang ini bisa terselesaikan dengan tepat waktu dan disusun dengan sebaik-baiknya.

Laporan magang ini berjudul (isi sendiri). Laporan magang ini merupakan hasil kerja kami selama menimba dan mempraktikkan ilmu selama perkuliahan di perusahaan (isi sendiri). Tujuan dari laporan magang ini yaitu memberikan pemahaman tentang (isi sendiri) kepada pembaca dan penerapan praktis mengenai gambaran lapangan real dari mata kuliah atau jurusan (isi sendiri) kepada para praktisi.

Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada direktur perusahaan (isi sendiri) yang telah memberikan kesempatan bagi kami dalam menimba ilmu serta mempraktikkan hasil pembelajaran kami selama kuliah. Serta kepada ketua divisi (isi sendiri) yang telah membimbing kami dalam proses magang selama 3 bulan.

Surabaya, 8 Februari 2020

Penulis

Baca juga: Contoh Cover Makalah yang Benar

Itulah beberapa contoh kata pengantar untuk makalah, skripsi atau karya ilmiah berikut cara penyusunan yang baik dan benar. Pastikan sebelum membuat kata pengantar, kamu harus memperhatikan kaidah penulisan yang benar dan sesuai dengan ejaan dan kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selamat mencoba!


Sumber:

Tanjung, Bahdin Nur & Ardial. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : (Proposal, Skripsi, dan Tesis) dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Avatar
Zia
Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...