Home Fotografi Apa Itu Kamera Polaroid?

Apa Itu Kamera Polaroid?

Sebagian orang masih menganggap fotografi sebagai hobi, dimana mereka berfoto ria bersama teman-teman hanya di kala senggang. Jadi, sebenarnya masih ada pasar yang belum bisa disentuh kamera berbudget mahal seperti DSLR dan mirrorless. Maka dari itu, kamera polaroid hadir.

Polaroid itu sendiri sebenarnya adalah nama brand kamera. Jika kamera DSLR dan mirrorless diperuntukkan untuk para profesional yang mengejar kualitas, kamera polaroid justru populer di kalangan anak muda yang ingin berfoto santai. Hal ini bisa terjadi karena kamera polaroid menawarkan kelebihan yang tidak bisa diberikan oleh kamera digital.

Cara Kerja

Sama seperti cara kerja gulungan film tradisional, kamera polaroid memiliki lapisan butiran peka cahaya yang serupa, namun disusun dalam bentuk lembaran. Dalam setiap lembar, ada lapisan pengembang yang terletak di atas lapisan dasar hitam. Setelah menjepret, selembar film keluar dari kamera melalui sepasang rol yang menyebarkan bahan reagen.

Reagen dan lapisan peka cahaya akan bereaksi, akhirnya membentuk gambar yang kita ambil. Reaksi itu tidak instan, maka dari itu kita mendapat foto yang awalnya masih berwarna hitam.

Cara Kerja
Sumber: blackxperience.com

Mudah Digunakan

Tidak seperti kamera digital yang digawangi banyak tombol dan beragam fitur rumit, kamera polaroid hanya memiliki sebuah tombol shutter untuk memotret. Meski kualitas foto tidak sebaik kamera DSLR, namun banyak millennial yang lebih memilih kepraktisan daripada kualitas.

Tidak perlu teknik khusus untuk mengoperasikan kamera polaroid, kita hanya butuh sense saat mengabadikan sebuah momen. Tapi meski mudah, kita masih perlu memperhatikan tingkat pencahayaan sekitar, karena hasil cetak kamera polaroid cenderung redup dan meninggalkan lengkungan gelap di sisi luar obyek. Untuk hasil yang lebih optimal, jangan ragu untuk menggunakan flash saat memotret di dalam ruangan.

Mudah Digunakan
Sumber: merahputih.com

Mencetak Foto Hitungan Menit

Proses pencetakan foto di kamera digital terhitung lama, mulai dari memindahkan file dari memory card ke laptop, belum lagi jika harus mengedit di software, sampai mencetak sesuai ukuran. Lain halnya dengan kamera polaroid. Hasil jepretan akan langsung keluar sesaat setelah kita memotret. Lembaran foto yang masih basah hanya perlu dikibas-kibaskan sejenak. Setelahnya, hasil foto sudah bisa dinikmati.

Polaroid memang terasa tidak praktis saat kita ingin mengunggah hasil foto ke media sosial, karena foto harus di-scan terlebih dahulu. Tapi, hasil jepretan yang langsung sekali jadi, dan tidak bisa ditebak, justru membuatnya lebih berseni.

Mencetak Foto Hitungan Menit
Sumber: styleintech.com

Hasil Foto Lebih Bernilai

Keleluasaan memory card milik kamera digital akan membuat kita mengambil begitu banyak foto, bahkan sampai ratusan, dan kerap kali terbengkalai. Tidak heran, kita akan banyak memotret trial and error, lalu hanya memilih satu dua foto terbaik.

Keadaan ini tidak akan terjadi pada kamera polaroid. Hasil foto instan yang langsung keluar akan membuat kita berhati-hati saat memotret. Selembar foto bernilai berharga, karena tidak bisa digandakan (bukan file digital) dan sulit didapatkan di momen lain.

Kemudian, lembaran foto polaroid bisa kita kreasikan menjadi ornamen lucu. Ukuran foto polaroid cukup kecil, seukuran kantong foto di dompet, jadi mudah untuk dibuat kolase foto retro. Bagian frame putih foto kita tulis dengan tanggal, lokasi, atau kalimat penunjuk waktu lain. Hasil dari kolase foto bisa dipakai untuk beragam tujuan, seperti dekorasi kamar, penghias meja kerja, atau sekedar menjadi album kenangan.

Hasil Foto Lebih Bernilai
Sumber: pinterest.com

Desain Stylish dan Kekinian

Meski tampilan minimalis kamera mirrorless juga tergolong elegan, namun belum ada yang mampu menandingi desain stylish milik kamera polaroid. Kamera ini cantik saat digantung di leher, lalu dibawa travelling atau acara pesta. Bahkan, tidak jarang kamera polaroid itu sendiri yang dijadikan obyek foto, bersama dengan lembaran foto di kanan-kiri.

Baca juga: Jenis Kamera yang Harus Diketahui

Bukan hanya kameranya, di pasaran juga banyak beredar hardcase yang bisa membuat tampilan kamera polaroid lebih fashionable. Keadaan ini tentu menjadi sebuah kekuatan saat polaroid menyasar pasar millennial.

Desain Stylish dan Kekinian
Sumber: yahoo.com

Itulah penjelasan singkat mengenai kamera polaroid. Tidak seperti kamera DSLR dan mirrorless, kamera polaroid menyasar mereka yang menjadikan fotografi sebagai hobi. Kepraktisan dan desain stylish turut menambah kekuatan kamera ini. Satu roll film hanya berisikan 10 lembar foto, jadi kita harus tetap memperhatikan kapasitas. Simpan foto di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Selamat hunting foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...