Home Fotografi Apa Itu Kamera Mirrorless?

Apa Itu Kamera Mirrorless?

Dalam era informasi yang melesat tanpa sekat, fotografi sudah menjadi gaya hidup tersendiri di kaum urban. Bagi sebagian orang, memotret dengan smartphone sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto berkualitas. Selain itu, smartphone juga ringkas dan ringan dibawa.

Pada titik tertentu, kita membutuhkan kamera yang lebih tajam. Lengkap dengan jenis lensa yang bisa dimodifikasi. Kita ingin tampak profesional, namun tetap tidak mau repot menenteng kamera berat ke sana kemari. Maka hadirlah kamera mirrorless.

Seperti terjemahannya secara harfiah yang berarti ‘tanpa cermin’, kamera mirrorless sebenarnya adalah kamera DSLR tanpa mirrorbox (berisi cermin, berfungsi untuk membelokkan cahaya dari lensa ke bidang bidik). Hilangnya mirrorbox sanggup membuat kamera mirrorless untuk memiliki ukuran mungil. Tapi kualitas fotonya setara kamera DSLR, dengan lensa yang juga bisa diganti-ganti.

Optical Viewfinder vs Electronic Viewfinder

Karakteristik utama dari kamera mirrorless adalah tidak adanya jendela optik OVF (Optical Viewfinder) yang biasa kita gunakan untuk “mengeker” gambar, seperti yang dimiliki kamera DSLR. Maka dari itu, proses pembidikan dilakukan melalui layar LCD, atau lebih dikenal dengan istilah EVF (Electronic Viewfinder).

Sebenarnya EVF memiliki keunggulan yang signifikan, dimana fotografer bisa mendapat gambaran hasil foto saat mengubah parameter langsung di layar LCD, seperti ISO dan aperture. Beberapa kamera mirrorless mahal sudah menyediakan fitur OVF, mengingat EVF membuat baterai lebih boros karena kita dituntut untuk terus menyalakan layar LCD.

Banyak fotografer profesional yang lebih nyaman menggunakan OVF karena mereka bisa melihat obyek foto tanpa adanya gangguan dari settingan kamera. Sedangkan EVF memiliki keuntungan lain yang tidak kalah penting, dimana layar LCD mampu memberi informasi dan gambaran akan seperti apa hasil foto kita nanti.

Pada dasarnya, kamera mirrorless memiliki fitur EVF. Tapi beberapa mirrorless mahal juga menawarkan fitur viewfinder.

OVF - EVF
Sumber: static.bhphotovideo.com

Kecepatan Penguncian Fokus

Pengukuran cahaya dan penguncian fokus dilakukan langsung dari sensor gambar. Kamera mirrorless menerapkan teknik contrast detect, yakni gerakan maju-mundur fokus sampai didapat gambar yang paling tajam. Maka dari itu, proses autofocus pada kamera mirrorless cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Kamera mirrorless keluaran terbaru mulai menerapkan teknik berbeda, yakni phase detect. Teknik ini menangkap subyek secara autofocus berdasarkan pada cahaya yang masuk ke lensa. Sehingga, jarak subyek semakin mudah dideteksi kamera dan fokus semakin cepat juga dikunci.

Beberapa fotografer lebih senang menerapkan manual focus karena berarti mereka memiliki kuasa penuh atas mode gambar. Meski sebenarnya memang ada beberapa keadaan yang mengharuskan kita untuk memakai manual focus, seperti foto bintang di malam pekat.

Kecepatan Penguncian Fokus
Sumber: sony.co.id

Fleksibilitas

Tidak adanya mirrrobox membuat kamera mirrorless menjadi jauh lebih tipis dari kamera DSLR. Flange focal distance, yakni jarak antara lensa dan sensor gambar, di kamera ini juga menjadi lebih dekat. Keadaan ini membuat kamera mirrorless menjadi begitu fleksibel, terlebih bagi traveler yang ingin jalan-jalan dan hunting foto namun tidak mau repot membawa barang berat.

Kamera mirrorless juga fleksibel untuk dipasangi beragam lensa, termasuk lensa kamera DSLR. Tapi jangan lupa siapkan adapter jika ingin memasang lensa DSLR ke kamera mirrorless. Adapter berfungsi untuk menambah jarak akibat flange focal distance yang terpotong.

Baca juga: Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

Bagaimanapun juga, lensa DSLR yang besar kadang kurang cocok jika dipasangkan di kamera mirrorless. Di pasaran sudah banyak beredar beragam produk lensa khusus untuk kamera mirrorless.

Fleksibilitas
Sumber: infokomputer.grid.id

Pilihan Kamera

Kamera mirrorless memulai sepak terjangnya pada 2008 melalui kamera Panasonic Lumic DMC-G1. Kamera generasi pertama ini masih memiliki fitur viewfinder tradisional layaknya kamera DSLR. Selanjutnya, mulai bermunculan generasi kedua kamera mirrorless yang lebih simpel dan ramping. Biasanya kamera ini ditandai dengan layar LCD touchscreen untuk membidik gambar.

Tidak seperti pasar kamera DSLR yang dikuasai oleh Nikon dan Canon, cakupan produsen kamera mirrorless jauh lebih luas. Mulai dari Sony, Panasonic, Olympus, dan Leica, sampai pemain lama Nikon dan Canon.

Namun tidak seperti badan kamera, pilihan lensa kamera mirrorless cukup terbatas, terlebih jika kita ingin bergerak lebih profesional. Lensa spesifik seperti super-tele atau tilt-shift masih berkutat di level kamera DSLR. Meski memang lensa DSLR juga bisa dipasang di kamera mirrorless dengan bantuan adapter, faktor ini tentu menjadi pertimbangan penting bagi pengguna yang ingin menjadi fotografer profesional.

Pilihan Kamera
Sumber: daily.oktagon.co.id

Kualitas Video

Tidak sedikit fotografer yang menjajal kemampuan untuk menjadi seorang videografer. Kamera mirrorless sudah sanggup untuk memenuhi kebutuhan ini, mengingat kamera ini sudah berkekuatan resolusi video 4K. Tidak seperti kamera DSLR yang masih berkutat di resolusi Full HD. Kamera mirrorless juga memiliki fitur live view autofocus yang efektif untuk mengoptimalkan kualitas video.

Kualitas Video
Sumber: yangcanggih.com

Tidak bisa dipungkiri, kamera mirrorless memiliki jumlah pengguna yang terus bertambah. Tidak heran mengingat kamera ini dirasa lebih simpel dan ringan dibawa travelling, namun tetap memiliki kualitas yang setara dengan kamera DSLR. Setiap kamera memiliki keunggulan dan keterbatasannya masing-masing, semua bergantung kepada tujuan penggunaan kita.

Baca juga: Yuk Ketahui Jenis Kamera

Akhir kata, terimakasih sudah membaca dan selamat berburu foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui Sel Hewan dan Fungsinya

Tidak hanya manusia dan tumbuhan saja yang memiliki sel, ternyata hewan memiliki sel juga lho! Lalu, seperti apa sel hewan itu? Adakah perbedaan antara...

Mengenal Apa itu Audit Komunikasi

Pernah mendengar kata audit komunikasi? mungkin kata audit sering kita dengar. Namun biasanya kata audit identik dengan keuangan, bukan komunikasi. Lalu bagaimana audit komunikasi itu?...

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...