Mengenal Apa Itu Jurusan Statistika

Kamu, siswa/siswi SMA IPA, suka matematika? Tapi kurang tertarik untuk memilih jurusan Matematika yang terkesan abstrak dan penuh dengan penurunan rumus yang rumit? Kamu lebih menyukai Matematika yang mengarah ke terapan? Maka, Statistika merupakan jurusan yang perlu kamu pertimbangkan.

Namun apa yang ada di benakmu jika berkaitan dengan statistika? Apakah hanya sebatas mean, median, modus, peluang, dan perhitungan sederhana lainnya? Kemudian apakah nanti profesinya hanya sebatas melakukan survey dan sensus penduduk? Untuk menjawab kebingunganmu, yuk simak artikel ini!

Apa itu Jurusan Statistika?

Mengenal Apa Itu Jurusan Statistika
Sumber: David Schwarzenberg from Pixabay

Statistika bisa dibilang jurusan yang masih satu rumpun dengan matematika. Jika matematika lebih dikenal dengan hasil yang pasti dan mutlak, lain halnya dengan statistika. Jurusan Statistika justru mempelajari ketidakpastian yang sebenarnya banyak ditemui sehari-hari. Contoh yang paling sederhana adalah: apakah hari ini akan hujan?

American Statistical Association (ASA) mengartikan statistika sebagai ilmu yang mempelajari data, kemudian mengukur, mengendalikan, dan mengomunikasikan ketidakpastian. Masih bingung? Singkatnya, dari data yang ada, akan diolah sedemikian rupa menggunakan metode statistika tertentu yang hasilnya berupa proyeksi keadaan di masa depan. Tetapi kuliah di jurusan Statistika bukan berarti kamu menjadi dukun ya, guys!

Saat ini, sudah banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Statistika, baik kampus negeri maupun swasta. Beberapa kampus negeri yang dapat kamu incar antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga. Sedangkan untuk kampus swasta, jurusan Statistika terdapat di Universitas Islam Indonesia dan Binus University.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Statistika?

Bagaimana rasanya kuliah di jurusan Statistika? Apakah susah dan menakutkan karena berhubungan dengan angka? Tenang guys, kuliah di jurusan Statistika tidak semenakutkan itu kok. Bisa dibilang kuliah di jurusan ini tergolong susah susah gampang, menantang, tetapi juga menyenangkan. Kenapa bisa begitu?

Tidak Selalu tentang Perhitungan Manual

Ketika kamu menghadapi kuis dan ujian semester, memang beberapa mata kuliah akan mengeluarkan soal-soal perhitungan yang diselesaikan dengan manual. Tetapi hal itu dilakukan hanya sebatas agar kamu mengetahui bagaimana proses di balik munculnya suatu hasil analisis. Seiring berjalannya waktu, terdapat mata kuliah yang lebih fokus terhadap pola pikirmu, yakni melakukan analisis data menggunakan software tertentu dan mengaplikasikan metode statistika berdasarkan kasus yang kamu hadapi.

Open Rumus

Kamu akan menjumpai banyak rumus ketika kuliah di jurusan Statistika. Berbeda dengan masa SMA, di bangku kuliah kamu boleh mencatat rumus di kertas HVS yang nantinya dapat kamu gunakan ketika kuis atau ujian semester. Bagaimana? Enak kan ujian boleh membuka rumus? Kamu tidak perlu bergumam, “Aduh bagaimana ya ini rumusnya?”.

Terjun Langsung ke Lapangan

Apakah kamu berpikir bahwa kuliah di jurusan Statistika itu hanya duduk di kelas dan mendengarkan dosen? Tidak seasyik jurusan teknik yang mengoperasikan alat-alat dan juga tidak seperti jurusan lain di Fakultas MIPA yang melakukan eksperimen langsung? Jangan salah guys, jurusan Statistika tidak sekaku itu.

Ada kalanya kamu akan terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan orang baru. Terdapat juga laporan berkelompok yang membuatmu harus memperoleh data secara langsung, yaitu dengan melakukan survei atau pengamatan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sistem Informasi

Alasan Kuliah di Jurusan Statistika

Sebelum memutuskan ingin kuliah di jurusan apa, tentunya kamu membutuhkan pertimbangan dalam memilih. Bagi kamu yang menyukai matematika namun lebih tertarik terhadap penerapannya, jurusan Statistika dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Statistika sangatlah aplikatif karena jurusan ini berkaitan erat dengan data di berbagai aspek kehidupan.

Di samping itu, aplikatifnya jurusan ini membuat kamu tidak perlu khawatir dan kebingungan akan bekerja di mana nantinya. Banyak loh guys perusahaan yang membutuhkan lulusan Statistika, tentunya dengan berbagai posisi yang menarik.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Statistika?

statistik
Sumber: Chris Liverani on Unsplash

Sebenarnya ruang lingkup statistika sangatlah luas. Banyak aspek di kehidupan ini yang berhubungan dengan statistika, seperti industri dan bisnis, finansial, teknologi dan komputasi, sosial kependudukan, serta kesehatan. Jika nanti kamu kuliah di Statistika, selain memperoleh mata kuliah yang menjadi pondasi dalam statistika, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah terapan yang mendukung aspek-aspek tersebut.

Dasar-dasar Statistika

Beberapa mata kuliah fundamental yang akan kamu dapatkan dalam jurusan Statistika adalah Kalkulus, Pengantar Metode Statistika, Teori Probabilitas, Teknik Sampling dan Survey, dll. Biasanya mata kuliah ini akan kamu dapatkan di semester awal, di mana tujuannya adalah membentuk pola pikir dan mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang dipelajari dalam Statistika.

Misalnya dalam mata kuliah Pengantar Metode Statistika, kamu akan diajarkan mengenai cara pengambilan keputusan suatu kasus berdasarkan hipotesis dan data, yang dilakukan dengan perhitungan statistik.

Industri dan Bisnis

Dalam suatu bisnis, pihak manajemen perusahaan akan menghadapi banyak alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan, yang tentunya tidak dipilih berdasarkan coba-coba saja. Adanya statistika dalam industri dan bisnis membuat pengambilan keputusan menjadi lebih efektif karena tidak memakan banyak waktu dan meminimalisir risiko yang terjadi. Beberapa hal yang akan kamu dapatkan dalam konsentrasi industri dan bisnis adalah cara mengatur produksi perusahaan, mengalokasikan bahan baku, dan mengontrol kualitas produksi.

Adapun beberapa mata kuliah yang relate dengan konsentrasi ini antara lain Pengendalian Kualitas Statistik, Manajemen Operasi, Riset Operasi, dan Manajemen Mutu. Tertarik untuk terjun ke bidang industri?

Ekonomi dan Finansial

Apabila kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan finansial, maka konsentrasi ini bisa kamu pilih untuk mempersiapkan dirimu ketika memilih terjun di perusahaan keuangan. Dengan memanfaatkan data dan metode yang tersedia, statistika berguna untuk memahami permasalahan ekonomi dan perumusan kebijakan ekonomi. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah Pengantar Teori Ekonomi, Ekonometrika, Manajemen Risiko, dan Analisis Keputusan Bisnis.

Komputasi

Meskipun jurusan Statistika dikenal dengan angka, namun konsentrasi komputasi juga ada loh di jurusan ini. Untuk kamu yang menyukai coding dan ingin menerapkan statistika ke dalamnya, konsentrasi ini bisa kamu pilih. Statistika Komputasi ada dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan beragamnya data yang tersedia, sehingga tidak mungkin kamu melakukan analisis data secara manual. Konsentrasi ini akan ditunjang oleh mata kuliah seperti Sistem Informasi Manajemen, Data Mining, dan Analisis Data Eksploratif.

Sosial Kependudukan

Pada bidang sosial kependudukan, statistika diaplikasikan ke dalam permasalahan demografi, seperti pendapatan, pendidikan, dan pertumbuhan penduduk. Statistika dalam konsentrasi ini biasanya diterapkan oleh instansi pemerintahan, baik pusat maupun daerah, untuk mengenal karakteristik suatu wilayah dan dijadikan sebagai pertimbangan dalam penentuan kebijakan. Jika kamu fokus pada konsentrasi ini, kamu akan mendapatkan mata kuliah Statistika Offisial, Studi Kependudukan, dan Metode Riset Sosial.

Lingkungan dan Kesehatan

Analisis Survival merupakan mata kuliah yang akan kamu dapatkan dalam konsentrasi lingkungan dan kesehatan. Terbayang apa yang dipelajari? Pada mata kuliah Analisis Survival, salah satu hal yang kamu pelajari adalah pengujian keampuhan suatu treatment dalam menyembuhkan penyakit. Misalkan, apakah adanya kemoterapi membuat keadaan seorang pasien menjadi lebih baik atau tidak.

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Untuk orang awam yang kurang mengerti tentang statistika, mungkin akan menanyakan ranah kerja dari lulusan ini. Padahal ranah kerja lulusan Statistika sangat luas, memiliki prospek yang menjanjikan, dan penghasilan yang cukup menggiurkan. Penasaran dengan prospek kerja jurusan Statistika yang lagi hits dan banyak diincar?

Data Scientist

Di era teknologi seperti saat ini, posisi Data Scientist banyak dicari oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Pekerjaan ini sedikit lebih kompleks karena dibutuhkan kemampuan matematika, statistika, dan komputasi yang mumpuni. Seorang Data Scientist tidak hanya bertugas menganalisis data dan mendapatkan suatu insight, tetapi juga membuat rekomendasi sistem yang nantinya digunakan untuk kepentingan prediksi. Kompleksnya profesi ini worth it dengan gaji yang ditawarkan loh guys!

Data Analyst

Berbeda dengan Data Scientist, posisi Data Analyst lebih umum ditemui di perusahaan manapun. Biasanya Data Analyst ditugaskan melakukan analisis data berdasarkan divisi yang ditempatinya. Misalkan pada divisi sales, maka seorang Data Analyst diharuskan melakukan analisis yang berhubungan dengan data-data penjualan. Singkatnya, hal yang dilakukan oleh Data Analyst adalah menceritakan angka-angka dalam bentuk tulisan maupun visual sehingga diperoleh insight bagi pihak manajemen dalam menentukan langkah selanjutnya.

Market Researcher

Sebelum memasarkan produk, perusahaan perlu mengetahui minat konsumen dan wilayah pemasaran yang potensial sehingga menghasilkan keuntungan. Nah disinilah pentingnya peran seorang Market Researcher. Dengan mengumpulkan data-data terkait kebutuhan dan penilaian konsumen, perusahaan akan memahami tren produk yang sedang diminati dan segmentasi pasar, sehingga perusahaan dapat mengalokasikan sumber dayanya untuk fokus pada produk-produk yang potensial.

Pemerintahan

Selain perusahaan swasta yang bergerak di bidang bisnis dan industri, statistika juga dibutuhkan di instansi pemerintahan. Dalam instansi pemerintahan, statistika dapat menggambarkan karakteristik suatu wilayah yang selanjutnya digunakan untuk menentukan kebijakan terkait pembangunan maupun perubahan. Banyak instansi pemerintahan yang bisa kamu tuju setelah lulus dari jurusan Statistika, yakni Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian, serta Pemerintah Daerah.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Kimia

Kelebihan Jurusan Statistika

Kelebihan jurusan Statistika dibandingkan yang lainnya adalah kamu dapat masuk di perusahaan yang bergerak di bidang manapun. Misalkan pada saat kuliah kamu cenderung fokus pada konsentrasi komputasi, namun setelah lulus kamu justru menemukan opportunity lain di bidang industri dan bisnis. Kamu tidak perlu ragu untuk memasuki bidang tersebut karena kamu sudah mendapatkan ilmu dasarnya saat kuliah. Kamu hanya perlu belajar sedikit lagi untuk mendalami penerapan statistika di bidang industri dan bisnis.

Contoh profesi lulusan Statistika yang relate dengan bidang bisnis dan industri adalah Staff Quality Control dan Production Planning and Inventroy Control (PPIC), yang banyak ditemui di perusahaan manufaktur dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Sedangkan untuk bidang sosial kependudukan, profesi Analis Kebijakan Publik di instansi pemerintahan dapat menjadi pilihan yang juga menjanjikan.

Tertarik di bidang ekonomi dan finansial? Kamu bisa memilih Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan asuransi, atau perbankan. Kamu mempunyai kelebihan di programming? Perusahaan berbasis teknologi, seperti start-up, juga menyediakan kesempatan untuk kamu dengan menawarkan posisi Data Analyst dan Data Scientist.

Tips Kuliah di Jurusan Statistika

Dunia perkuliahan tentunya akan sangat berbeda jika dibandingkan saat kamu duduk di bangku SMA. Ketika kuliah, kamu dituntut untuk mandiri, aktif, dan mengembangkan skill-mu, baik softskill maupun hardskill. Nah supaya kamu tidak kaget ketika sudah masuk di jurusan Statistika, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu persiapkan.

Teliti

Di jurusan Statistika, terdapat mata kuliah yang tetap membutuhkan perhitungan manual menggunakan kalkulator. Hal ini membuat kamu harus teliti dan berhati-hati dalam melakukan perhitungan untuk menghindari hasil yang salah. Ketelitian tidak hanya diterapkan dalam perhitungan manual, tetapi juga ketika kamu melakukan input data dan melakukan analisis data menggunakan software tertentu. Satu kesalahan kecil saja dapat mempengaruhi hasil analisismu loh, guys. Jadi mulailah untuk teliti dan tidak tergesa-gesa ya!

Mau Belajar dan Eksplorasi

Luasnya lingkup statistika, keterbatasan waktu di perkuliahan, serta banyaknya metode penyelesaian kasus yang digunakan dalam statistika membuat kamu harus mau belajar dan mengkesplorasi hal lain secara mandiri. Ketekunan dalam belajar mandiri akan membuat wawasan kamu menjadi lebih luas, peka terhadap data, terlatihnya kemampuan analitis, dan mengetahui metode yang tepat untuk menyelesaikan sebuah kasus.

Komunikasi

Komunikasi merupakan softskill yang diperlukan di jurusan Statistika karena nantinya kamu akan sering melakukan presentasi secara berkelompok untuk memaparkan hasil analisismu. Dengan pembawaan yang komunikatif, pendengar akan lebih mudah memahami hal yang kamu sampaikan. Namun bagi kamu yang belum terbiasa melakukan presentasi di depan umum, jangan merasa takut untuk masuk di jurusan Statistika. Skill berkomunikasi dapat terbentuk seiring terbiasanya kamu melakukan presentasi di depan umum.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Nuklir

Nah, itulah sekilas informasi terkait jurusan Statistika. Bagaimana, apakah kamu semakin mantap untuk memilih Statistika? Apapun jurusan pilihanmu, percayalah bahwa jurusan tersebut dapat mengantarkanmu pada kesuksesan di masa depan. Semoga sukses!

Artikel Terbaru

Puput

Puput

Hi! I'm Puput and I have graduated from Statistics - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). I'm interested in data analytics/science, machine learning, statistical quality control, and proofreading. Feel free to reach me on LinkedIn or Email: rahayupsaputri@gmail.com

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *