Home Komunikasi 6 Jenis Public Speaking Beserta Profesinya

6 Jenis Public Speaking Beserta Profesinya

Public Speaking menjadi salah satu topik yang populer, tak heran karena skill ini dibutuhkan banyak orang. Mulai dari pelajar atau mahasiswa ketika mereka perlu mempresentasikan tugas, hingga kalangan profesional untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Saking pentingnya sampai-sampai Kamu bisa menemukan banyak buku yang membahas ini di toko buku.

Mungkin salah satu contoh public speaking yang sering Kamu temui adalah ketika upacara bendera, Kamu mendengarkan inspektur upacara menyampaikan pidatonya. Tapi tahukah Kamu bahwa sebenarnya ada banyak jenis public speaking selain berupa pidato. Menariknya adalah kita akan membahas  jenis public speaking untukmu di artikel ini. Jadi, simak sampai habis ya!

Publik Speaking Persuasif

Public Speaking Persuasif
Sumber foto : pixabay.com

Jika kita pahami dari istilahnya, persuasif berarti mempengaruhi. Jenis public speaking satu ini memang dilakukan untuk mempengaruhi sikap para audiens, mengajak mereka untuk melakukan atau percaya terhadap sesuatu. Salah satu contohnya adalah ketika Kamu mendengarkan public speaking dari seorang motivator ternama, Kamu mau untuk mengikuti tips-tipsnya, bahkan meski belum pernah bertemu langsung.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Ketika Kamu ingin melakukan jenis public speaking ini, perlu untuk memahami audiens dengan baik. Terutama hubungannya dengan wawasan atau sikap mereka terhadap gagasan yang akan Kamu sampaikan. Jenis ini menjadi sebuah tantangan tersendiri, apalagi jika Kamu menghadapi orang-orang yang cenderung berseberangan pendapat. Karena pada akhirnya proses untuk mempengaruhi butuh lebih banyak tahapan.

Public Speaking Informatif

Public Speaking Informatif
Sumber foto : pixabay.com

Sedangkan untuk jenis public speaking yang satu ini lebih fokus pada target untuk memberitahukan informasi tertentu kepada audiens. Topiknya bisa sangat beragam, tapi umumnya orang yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan di depan memang cukup menguasai hal itu.

Contohnya bisa Kamu temui ketika di kelas, salah satu atau beberapa orang siswa maju ke depan untuk menyampaikan presentasi di depan guru dan teman-temannya. Contoh lainnya seperti ketika seminar, pembicara menyampaikan beberapa informasi penting untuk setiap audiens. Karena apa yang disampaikan lebih banyak berupa data, tak jarang jenis ini membutuhkan banyak riset sebelumnya.

Public Speaking Entertain

Public Speaking Entertain
Sumber foto : pixabay.com

Tentu saja dari istilah bisa kita pahami kalau jenis public speaking satu ini ditujukan untuk menghibur para penonton. Salah satu contohnya bisa Kamu lihat di Youtube dengan mengetikkan keyword Stand up Comedy. Dimana akan ada satu orang komedian, menyampaikan hal-hal tentang topik tertentu, yang sejak awal sudah diatur supaya itu bisa membuat para penonton tertawa.

Meskipun mungkin kesan pembahasan jenis public speaking ini terkesan lebih santai, tapi juga bukan berarti jenis ini mudah dilakukan. Karena faktanya topik yang sama bisa menjadi lucu atau sebaliknya justru ‘garing’ ketika disampaikan oleh orang yang berbeda.

Public Speaking Impromptu

jenis public speaking
Sumber foto : business.tutsplus.com

Satu hal yang membedakan jenis ini dengan selainnya adalah pada sisi persiapan. Jenis public speaking satu ini tak dilakukan dengan persiapan khusus. Jadi apa yang disampaikan oleh pembicara impromptu benar-benar mengandalkan luas wawasan dan kemampuannya dalam merangkai kata saat itu juga. Hal itu yang membuat jenis ini termasuk tersulit dibanding lainnya dan tak banyak orang yang bisa melakukan.

Public Speaking Hafalan

jenis public speaking
Sumber foto : www.tribunnews.com

Pada public speaking ini, pembicara akan menghafal terlebih dahulu teks – teks yang sudah dibuat atau dipersiapkan sebelumnya. Ada kelebihan dan juga kekurangan dari public speaking ini yaitu, pembicara yang ahli dalam mengingat akan tidak mudah lupa sehingga bisa lancar dalam menyampaikan materinya. Namun, ada kekurangannya yaitu pembicara seringkali lupa sehingga di tengah – tengah presentasi, akan ada jeda atau diam untuk mengingat kembali materi.

Public Speaking Manuscript

jenis public speaking
Sumber foto : www.genardmethod.com

Pada jenis public speaking ini, pembicara hanya perlu membacakan teks yang sudah dibuat. Pembicara hanya perlu mengatur intonasi dan kejelasan dalam melafalkan teksnya. Biasanya tipe public speaking ini dilakukan oleh presenter TV atau Radio.

Profesi Public Speaking

Presenter

Kalau kamu pernah melihat orang yang membacakan berita TV, Radio, dll maka itulah profesi Presenter. Presenter akan memandu acara berita itu dengan cara mempresentasikan bahan – bahan berita yang sudah ia dapatkan kepada para penonton atau pendengarnya.

MC

Master Of Ceremony atau yang lebih sering dipanggil MC ini juga pekerjaan yang membutuhkan public speaking. Ada banyak jenis MC mulai dari MC perkawinan, MC acara anak – anak, MC acara launching produk, dll.

MC akan pemandu acara mulai dari awal hingga akhir, dan tak kala bagi MC yang membawakan acara tidak formal biasanya juga akan menghibur penonton nya, entah itu bentuknya dalam bentuk game kepada penonton atau memberikan candaan atau lawakan, supaya penonton tidak bosan mendengarkan MC.

Moderator

Moderator yaitu orang yang memandu acara, biasanya acara acara yang memerlukan moderator yaitu diskusi dan debat. Contohnya, acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One yang dipimpin oleh moderator yaitu Bang Karni Ilyas.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Jadi sekarang Kamu sudah tahu jenis public speaking yang banyak dilakukan secara umum. Ketika Kamu perlu melakukannya, pastikan bahwa Kamu telah memilih jenis yang tepat. Karena masing-masing jenis punya konteks waktu, suasana, dan tempatnya sendiri-sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...