Home Pengembangan Diri Komunikasi Pengertian Serta Jenis Presentasi yang Bisa Kamu Gunakan

Pengertian Serta Jenis Presentasi yang Bisa Kamu Gunakan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama untuk kalangan pelajar atau pegawai, pasti tak asing dengan istilah presentasi. Aktivitas menyampaikan pesan kepada sekelompok orang, berupa informasi atau pendapat tertentu. Dalam prosesnya terkadang komunikator (orang yang melakukan presentasi) menggunakan media-media pendukung tertentu untuk membuat para pendengar lebih mudah memahaminya.

Mungkin kebanyakan yang kita ketahui adalah presentasi yang menyampaikan informasi tertentu. Padahal sebenarnya, ada 4 jenis presentasi yang sejauh ini cukup banyak dipakai. Ini penting untuk Kamu ketahui, agar suatu saat ketika harus presentasi entah di sekolah atau di tempat kerja, bisa menyesuaikan persiapan dengan jenis presentasinya.

Presentasi Informatif

jenis presentasi
Sumber foto : 24slides.com

Presentasi informatif merupakan aktivitas menyampaikan suatu materi di depan penonton atau audiens dengan tujuan memberikan informasi. Informasi tersebut biasanya terkait produk, kebijakan, hasil penelitian terbaru, dan lain sebagainya. Dalam konteks bisnis, biasanya presentasi digunakan untuk launching produk baru maupun laporan perkembangan perusahaan.

Inilah jenis presentasi yang paling umum digunakan. Yaitu presentasi yang dilakukan untuk memberitahu para hadirin tentang sesuatu hal. Otomatis ini akan mensyaratkan komunikator sudah cukup menguasai tentang topik yang disampaikan. Supaya nantinya juga lancar ketika menyampaikan dan bisa menjawab jika ada pertanyaan dari hadirin.

Baca juga: 4 Cara Memilih Topik Pidato yang Tepat

Kamu bisa melihat contohnya ketika kuliah, dosen mempresentasikan tentang materi perkuliahan atau mahasiswa mempresentasikan tentang tugas kepada dosen dan mahasiswa lainnya. Presentasi jenis ini dianggap berjalan dengan baik kalau hadirin bisa paham apa yang disampaikan pembicara di depan.

Presentasi Demonstratif

jenis presentasi
Sumber foto : shoppingcentrepromotions.wordpress.com

Presentasi demonstratif merupakan aktivitas presentasi atau menyampaikan suatu hal di depan penonton atau audiens dengan tujuan memberikan pemahaman kepada penonton. Yang perlu diingat, jenis presentasi ini tidak hanya sekedar memberikan informasi saja, melainkan sampai membuat pendengar paham dan bisa melakukan apa yang didemokan pembicara.

Sebenarnya secara prinsip jenis presentasi ini masih sama dengan tipe informatif. Hanya saja untuk jenis ini, informasi yang disampaikan spesifik tentang cara melakukan sesuatu. Jadi seperti Anda melihat tutorial, tapi yang satu ini langsung diperagakan dengan media di depan. Minimal jika tidak memungkinkan menggunakan alat peraga riil, memakai alat bantu yang cukup mewakili.

Contohnya ketika Kamu melihat acara di TV menampilkan koki yang sedang mempraktekkan cara memasak resep buatannya. Ia menggunakan alat peraga riil sehingga nantinya akan benar-benar dihasilkan masakan sesuai resep. Supaya demonstrasi dipahami dengan baik oleh penonton, pembicara harus bisa menyampaikan dengan detail setiap tahapannya.

Presentasi Persuasif

jenis presentasi
Sumber foto : www.tuck.dartmouth.edu

Presentasi Persuasif merupakan aktivitas presentasi atau menyampaikan suatu materi di depan penonton atau audiens dengan tujuan mempengaruhi audience agar mau menjalankan perintah sesuai dengan yang dikatakan oleh pembicara. Presentasi ini biasanya disebut juga sebagai presentasi pemasaran atau promosi.

Presentasi ini biasanya sering dilakukan oleh para sales maupun timses kampanye. Jadi, pembicara akan menunjukkan kelebihan, manfaat, serta membandingkan produknya dengan produk lain supaya pendengar mau membeli produknya. Dalam hal kampanye, produknya adalah si calon tersebut.

Sedikit berbeda dengan tipe informatif ataupun demonstratif, presentasi jenis ini lebih sulit targetnya. Karena pembicara tidak hanya berusaha menyampaikan pesan tertentu, tapi juga mempengaruhi para hadirin dengan pesan itu. Supaya mereka nantinya bisa sepakat dengan gagasannya atau bahkan hingga melakukan apa yang disarankan.

Hal itu yang akhirnya menuntut pembicara untuk presentasi jenis ini lebih ahli dalam komunikasi khususnya dengan karakter yang persuasif. Supaya ia bisa dengan mudah memahami karakter dari para hadirin dan menggunakannya sebagai analisa strategi komunikasi.

Presentasi Inspiratif

jenis presentasi
Sumber foto : www.timesofisrael.com

Presentasi inspiratif / biasa disebut motivasi merupakan aktivitas presentasi atau menyampaikan suatu materi di depan penonton atau audiens dengan tujuan membangkitkan ide serta semangat kepada para penontonnya. Biasanya penonton yang mengikuti presentasi ini merupakan penonton yang sedang mengalami masalah entah itu galau, putus asa, tidak percaya diri, dll sehingga butuh semangat untuk bangkit dari keterpurukan.

Sedangkan untuk presentasi jenis satu ini, banyak digunakan oleh para motivator. Mereka memang sengaja mendesain supaya setiap apa yang disampaikannya bisa menjadi sesuatu yang menginspirasi. Hingga pilihan diksinya pun tidak bisa sembarangan, supaya benar-benar memberikan efek positif bagi emosi para hadirin.

Baca juga: Yuk Ketahui Jenis Publik Speaking

Topik yang diangkat bisa sangat beragam sesuai dengan karakter para hadirin. Misalkan jika pesertanya kebanyakan adalah orang dewasa usia produktif, maka topik yang relevan dan bisa menjadi motivasi adalah motivasi jenis karir. Karena mereka masih membutuhkan banyak masukan tentang masalah karir tersebut.

Kalau Kamu ingin sukses melakukan presentasi, pahami dulu jenis apa yang memang dibutuhkan. Karena tentu saja berbeda jenis, beda pula tingkat persiapan yang akan dibutuhkan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...