Home Memasak 8 Jenis Piring dan Kegunaannya

8 Jenis Piring dan Kegunaannya

Piring adalah alat makan yang berfungsi untuk menyajikan makanan, ada yang berbentuk datar dan ada juga yang sedikit cekung. Selain itu ada yang terbuat dari kaca, rotan, porselen, batu, plastik, logam, tanah liat, kayu bahkan melamin. Tidak hanya itu, piring juga memiliki banyak bentuk, ukuran, jenis serta desain yang berbeda.

Dengan mengetahui jenis piring dan ukurannya, kamu dapat terhindar dari kesalahan dalam penggunaan piring. Misalnya menggunakan piring kecil untuk menyajikan daging sebagai menu utama, kemudian menggunakan piring besar untuk menyajikan buah sebagai menu tambahan. Sudah pasti sangat tidak sesuai. Simak jenis-jenis piring berdasarkan jenis dan ukurannya ya!

Soup plate

jenis piring
Sumber foto : indiamart.com

Piring sop memiliki wadah yang berbentuk cekung ke dalam bagian dasar piring, dengan bentuk wadah yang cekung dapat memudahkan untuk menyajikan makanan yang berkuah, seperti sate, sop, pempek dan lainnya. Umumnya piring sop ini memiliki ukuran 4-7 inchi.

Appetizer plate

jenis piring
Sumber foto : williams-sonoma.com

Appetizer plate memiliki wadah yang datar dan pada umumnya dibuat dari bahan melamin. Piring ini umumnya digunakan untuk menyajikan makanan yang tidak terlalu banyak seperti salad, buah dan makanan pembuka lainnya. Ukuran piringnya adalah 4-9 inchi. Tidak jauh berbeda dengan soup plate.

Bread and butter plate

jenis piring
Sumber foto : yamzar.com.au

Bread and butter plate memiliki wadah yang datar dan biasanya dilengkapi dengan pisau mentega. Piring ini seperti namanya berfungsi untuk menyediakan berbagai jenis roti beserta selai atau menteganya. Dengan pisau mentega yang berfungsi untuk mengoleskan mentega atau selai ke permukaan roti. Untuk ukurannya lebih kecil dari soup plate yakni sekitar 5-6 inchi.

Saucer plate

jenis piring
Sumber foto : styledegree.sg

Saucer plate memiliki wadah yang datar dan terdapat lekukan berbentuk garis melingkar seperti untuk menempatkan gelas atau cangkir. Karena piring ini berfungsi untuk meyediakan minuman, khususnya minuman panas, seperti kopi, teh dan minuman lainnya. Ukurannya lebih kecil dari soup plare dan bread butter plate yakni sekitar 3-5 inchi.

Baca juga: Cara Merebus yang Benar

Oval plate

jenis piring
Sumber foto : www.nisbets.co.uk

Oval plate memiliki wadah yang datar dan bentuknya oval yang memanjang. Piring ini biasanya digunakan untuk menyediakan daging, sayuran dan khususnya ikan. Oleh karena itu, oval plate seringkali dikenal dengan sebutan fish plate.

Platter plate

jenis piring
Sumber foto : dowan.com

Platter plate memiliki wadah yang datar dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya. Piring ini berfungsi untuk menyediakan makanan yang berjumlah banyak. Seperti meletakkan bermacam-macam lauk daging pada restoran. Bentuk platter plate ini sangat beragam mulai dari bulat, oval hingga kotak.

Couple plate

jenis piring
Sumber foto : shopee.com

Couple plate memiliki wadah seperti bulan. Di Indonesia sering menyebutkan sebagai piring bulan. Piring ini berfungsi untuk menyediakan menu utama. Couple plate biasanya digunakan restoran karena dinilai memiliki desain yang lebih elegan dari piring lainnya.

Dinner plate

jenis piring
Sumber foto : www.thefoundryhomegoods.com

Dinner plate memiliki wadah yang datar dan oval. Piring ini biasanya digunakan untuk alat makan sehari-hari sehingga dijadikan untuk menyediakan makanan utama. Dinner plate ini memiliki ukuran sekitar 8-12 inchi.

Baca juga: 7 Food Plating yang Mudah Agar Makanan Lebih Menawan

Dengan banyaknya jenis-jenis, ukuran serta bahan pembuatan piring dapat menambah wawasan kamu ya untuk bisa dapat menggunakan berbagai jenis piring sesuai dengan fungsi dan kebutuhan penyajian sesuai dengan jenis-jenis makanannya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...