Home Dunia Kampus Tugas Jenis Observasi Penelitian Serta Manfaatnya

Jenis Observasi Penelitian Serta Manfaatnya

Ketika menjalankan penelitian ilmiah, pasti akan ada proses mengumpulkan data. Karena itu yang nantinya jadi bahan untuk menganalisa hasil penelitian. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, mulai dari wawancara, observasi, eksperimen, membagikan kuesioner dan selainnya. Satu cara yang akan dibahas lebih lanjut disini adalah observasi.

Observasi dalam artian yang lebih sederhana, peneliti mengamati obyek-obyek tertentu dengan panca inderanya. Dari situ harapannya bisa mendapatkan berbagai informasi dari obyek yang diamati. Dalam prosesnya, ada beberapa jenis observasi yang bisa digunakan peneliti. Lebih lanjutnya bisa Kamu simak di bawah ini.

Jenis Observasi Berdasarkan Pola Pelaksanaan

jenis observasi
Sumber foto : edu.rsc.org

Sutrisno Hadi dalam bukunya “Metodologi Research” menyampaikan bahwa ada dua jenis observasi jika dilihat dari pola pelaksanaannya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

Observasi Terstruktur

Dari namanya saja sudah bisa kita tahu bahwa observasi ini dilakukan dengan pola yang terstruktur, dimana itu ditentukan oleh peneliti. Nantinya ia akan membuat daftar fenomena yang perlu diobservasi atau aktivitas yang harus dilakukan. Karenanya untuk observasi ini waktunya lebih efisien karena sejak awal sudah ditentukan tahap-tahapnya dengan jelas.

Cara ini tentu saja hanya memungkinkan untuk konteks penelitian yang memang bisa mudah dikendalikan oleh peneliti atau memang mudah untuk diprediksi sejak awal. Misalkan observasi dalam proses eksperimen atau observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah ditentukan sejak awal.

Observasi Tak Terstruktur

Sebaliknya untuk jenis observasi satu ini peneliti tak menentukan batasannya sejak awal. Jadi ketika proses observasi, peneliti bisa mencatat apapun yang diamatinya. Termasuk hal-hal yang tidak terprediksi sebelumnya, selama itu masih relevan. Karenanya ini banyak digunakan untuk jenis penelitian kualitatif.

Baca juga: Macam Macam Pertanyaan Kuesioner Penelitian

Proses analisa yang dilakukan setelah observasi akan berusaha menghubungkan antar pola atau data yang didapatkan sebelumnya. Dari situ bisa ditarik induksinya dan pada akhirnya hasil analisa akan mengikuti sesuai dengan kondisi obyek yang diamati.

Jenis Observasi Berdasarkan Peran Peneliti

jenis observasi
Sumber foto : www.shutterstock.com

Sedangkan untuk jenis ini didasarkan pada peran peneliti saat melakukan observasi, terbagi menjadi Observasi non-partisipan dan Observasi partisipan. Dikutip dari Sekaran dan Bougie dalam bukunya “Research Methods for Business”, berikut dua jenis observasi tersebut :

Observasi Partisipan

Dalam proses observasi jenis ini, peneliti bisa mengambil peran secara langsung di lapangan. Bahkan peneliti bisa sekaligus menjadi obyek penelitian, misalkan juga turut menjadi obyek eksperimen. Biasanya dengan begitu diharapkan data yang lebih mendalam karena peneliti merasakan pengalamannya secara langsung.

Contoh dari jenis observasi satu ini adalah seorang peneliti yang berbaur secara langsung dengan aktivitas sehari-hari masyarakan tertentu agar kemudian bisa mendapat data tentang budayanya.

Observasi Non-partisipan

Sedangkan untuk jenis observasi satu ini, peneliti hanya mengamati tanpa terlibat secara langsung. Sehingga misalkan untuk contoh yang sama, peneliti hanya melihat aktivitas masyarakat tersebut dari luar. Tidak sampai terlibat dalam berbagai aktivitas sosial ataupun ikut melakukan kebiasaan dan budaya setempat.

Karena data yang didapatkan dengan observasi ini lebih terbatas, membuatnya butuh waktu yang lebih panjang supada bisa mendapatkan cukup banyak data.

Manfaat Observasi Penelitian

manfaat observasi penelitian
Sumber foto : www.birdwatchersdigest.com

Lebih Banyak Mengetahui

Dengan melakukan observasi atau pengamatan, kamu bisa memahami realitas atau fakta yang sebenarnya tidak atau kurang kamu ketahui. Dengan melalui proses observasi, kamu juga secara tidak sadar sedang melalui proses belajar. Proses belajar melalui penelitian ini biasanya lebih melekat dalam ingatan. Alasanya adalah karena kamu belajar secara berproses. Berbeda ketika kamu hanya mendengarkan secara instan, masuk telinga kanan dan keluar dari telinga kiri. Proses belajar ini merupakan proses belajar yang diterapkan di negara-negara dengan rangking pendidikan terbaik di dunia seperti finlandia.

Hasil observasi bisa dihubungkan dengan teori pada penelitian

Apabila dalam teori, kamu hanya bisa mendapatkan teori dari para ahli. Nah dengan kamu melakukan observasi, kamu bisa memahami maksud dari teori itu dengan menggunakan hasil observasimu. Misalnya, pada teori di ilmu biologi ada yang namanya metamorfosis sempurna yang dilakukan oleh beberapa hewan seperti kupu-kupu. Dalam teori dijelaskan kalau kupu-kupu sebelumnya berasal dari ulat yang kemudian berubah menjadi kepompong dan akhirnya membentuk kupu -kupu.

Untuk memahami teori itu, kamu bisa melihat sendiri dengan melakukan penelitian yaitu mengumpulkan ulat tertentu yang nantinya bisa berubah menjadi kupu-kupu. Lalu ulat itu kamua amati terus hingga ulat berubah menjadi kepompong dan berubah jadi kupu-kupu. Akhirnya hasil observasi yang kamu lakukan ini sesuai dengan teori yang sudah kamu baca.

Baca juga: Cara Melakukan Analisis Penelitian Kuantitatif

Jenis observasi apapun yang akan digunakan tentunya harus disesuaikan dengan konteks penelitian. Sehingga itu tidak justru menyulitkan peneliti dan proses observasinya pun tetap realistis untuk diselesaikan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...