Home Fotografi 10 Jenis Kamera yang Wajib Diketahui

10 Jenis Kamera yang Wajib Diketahui

Saat ini, kamera sudah menjadi kebutuhan esensial bagi setiap orang, khususnya kaum millennial. Mengingat kemajuan teknologi semakin memudahkan mereka untuk saling bertukar kabar dan update media sosial.

Media sosial sudah menjadi panggung aktualisasi diri. Setiap orang berlomba menampilkan foto terbaiknya, meski hanya secangkir kopi di pagi hari. Ketajaman foto berbanding lurus dengan kualitas kamera yang digunakan.

Untuk itu, baiknya kita mengetahui jenis kamera yang cocok dengan kebutuhan. Berikut ini 10 jenis kamera yang beredar di pasaran.

1. Kamera Video (Camcorder)

Kamera video atau camcorder berfungsi untuk mengambil video. Kamera ini tidak bisa digunakan untuk mengambil foto, melainkan hanya gambar bergerak. Generasi pertama camcorder menyimpan memori dalam kaset, tidak seperti sekarang yang menggunakan memory card.

Camcorder
Sumber: www.bhphotovideo.com

2. Kamera Saku (Compact Camera)

Kamera saku atau compact camera menjadi produk awal kamera digital. Ukurannya kecil, ringan, dan cocok dibawa saat travelling bersama keluarga. Setting kamera saku kebanyakan masih otomatis, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

Kamera Saku
Sumber: nextren.grid.id

3. Kamera Prosumer (Bridge Camera)

Teknologi kamera prosumer atau bridge camera selangkah lebih maju ketimbang kamera saku. Kamera prosumer memiliki fitur auto dan manual, dengan kemampuan lensa yang lebih mumpuni. Kamera ini kerap dijadikan kamera cadangan oleh fotografer profesional, mengingat ukurannya lebih kecil dari kamera DSLR.

Baca juga: 7 Macam Komposisi Fotografi

Bridge Camera
Sumber: www.wilkinson.co.uk

4. Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Kamera DSLR menjadi favorit fotografer profesional karena kualitas foto yang dihasilkan. Kita bisa mengatur setting kamera secara manual, sehingga kamera bisa beradaptasi dengan keadaan sekitar. Untuk foto yang lebih rumit, ada beragam opsi lensa DSLR yang tersedia di pasaran.

Kamera DSLR
Sumber: rumorkamera.com

5. Kamera Aksi (Action Camera)

Kamera aksi atau action camera jamak digunakan untuk dokumentasi olahraga ekstrem, seperti skateboard, terjun payung, dan balap motor. Kamera ini juga biasa dipasang di badan mobil F1, sehingga bisa menghasilkan video dengan angle fantastis.

Kamera Aksi
Sumber: www.foldertekno.com

6. Kamera Mirrorless

Meski berukuran kecil, kamera mirrorless memiliki kualitas sebaik kamera DSLR. Perbedaan ukuran signifikan terjadi karena kamera mirrorless tidak memiliki komponen cermin. Bahkan kamera ini juga menyediakan beragam pilihan lensa, tergantung pada preferensi foto si fotografer.

Kamera Mirrorless
Sumber: dailysocial.id

7. Kamera Medium Format

Kamera medium format dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam dibandingkan kamera DSLR. Mengingat harganya yang relatif lebih mahal, kamera ini jamak digunakan untuk kepentingan komersial, seperti foto produk kecantikan atau makanan.

Kamera Medium Format
Sumber: kompas.com

8. Kamera Butik (Boutique Camera)

Dari tampilan fisik, kamera butik atau boutique camera hanyalah seukuran kamera saku atau mirrorless. Tapi, kemampuan kamera ini jauh melebihi kamera DSLR karena memiliki sensor fullframe. Tidak heran jika harganya sangat menguras kantong.

Kamera Butik
Sumber: pindexain.com

9. Kamera Smartphone

Kemajuan teknologi telah berhasil menghadirkan kamera smartphone yang sudah bisa menghasilkan foto berkualitas tajam. Terlebih lagi, foto yang diambil bisa langsung di-share di fitur media sosial dan chat.

Baca juga: 5 Macam Angle Fotografi

Kamera Smartphone
Sumber: reanhidayat.wordpress.com

10. Polaroid

Terkesan jadul, namun sesungguhnya produk modern. Kamera polaroid memungkinkan kita untuk langsung mencetak foto sesaat setelah diambil. Kamera ini cenderung menyasar anak muda, bukan kaum profesional.

Polaroid
Sumber: shopee.co.id

Jadi, itulah 10 jenis kamera yang harus diketahui. Sebelum membeli, baiknya kita perlu tahu dulu kebutuhan foto yang diincar. Apakah untuk mencari uang atau sekedar eksis di medsos?

Baca juga: Yuk Ketahui Jenis Lensa Pada Kamera

Anyway, selamat hunting foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...