Home Manajemen Bisnis 5 Jenis Investasi yang Harus Kamu Ketahui

5 Jenis Investasi yang Harus Kamu Ketahui

Di jaman modern seperti saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan investasi? Secara umum, investasi adalah sebuah kegiatan menanamkan modal (dalam bentuk aset atau dana) pada sebuah aset yang dianggap memiliki nilai (value) yang tinggi dan dilakukan baik oleh sebuah perusahaan maupun perorangan. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan mengharapkan timbal balik yang lebih banyak di masa mendatang. Singkatnya, ini merupakan suatu cara dalam mengembangkan modal yang kita miliki saat ini dengan memperoleh lebih banyak di kemudian hari. Wah, menarik ‘kan?

Investasi sendiri saat ini sudah sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bentuknya pun bermacam-macam. Berikut merupakan 4 bentuk investasi yang harus kamu ketahui dan dapat menjadi pilihan investasi di masa mendatang:

1. Investasi Bentuk Aset Berjangka

Sumber: https://static2.seekingalpha.com/

Pada dasarnya, aset berjangka merupakan aset yang memiliki nilai (value) dan nilainya dapat terus meningkat dalam jangka waktu tertentu. Bentuk-bentuk dari aset berjangka sendiri ada bermacam-macam, diantaranya adalah deposito dan obligasi.

Aset berjangka seperti ini mengharuskan kita menanamkan modal (dalam bentuk dana) yang kita miliki pada aset tersebut dalam rentang waktu tertentu. Aset berjangka tidak dapat menghasilkan timbal balik yang besar dan signifikan dalam waktu singkat, perlu setidaknya jangka panjang. Baik itu berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun lamanya. Timbal balik yang dihasilkan pun tergantung dari nilai atau besaran yang ditawarkan, bisa 5% hingga 50% atau bahkan lebih.

Pemilihan aset yang tepat sangatlah penting mengingat tidak semua aset ini nilainya akan naik terus menerus. Pilihlah aset yang memang sudah memiliki track record baik dan selama ini tetap mengalami peningkatan nilai. Kesabaran dan konsisten juga sangat diperlukan demi menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

2. Investasi Saham

Sumber: https://www.bbva.com/

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang dikenal sebagai instrumen investasi dengan keuntungan tertinggi namun risiko yang dimiliki saham juga tinggi. Sesuai dengan kalimat ‘high risk, high return‘. Saham sendiri merupakan bentuk investasi dalam ekuitas yang mewakili kepemilikan bagian dalam suatu perusahaan dan memberikan pemilik saham sebuah hak untuk menjadi bagian dari pendapatan dan aset perusahaan tersebut dengan minimal pembelian 1 lot saham.

Keuntungan yang akan didapatkan dari saham bisa melalui dua hal, yaitu dividen (keuntungan perusahaan yang didapat dan akan dibagikan kepada para pemegang saham) dan capital gain (hasil penjualan atau pembelian saham berupa kelebihan dari nilai jual terhadap nilai beli saham). Namun, tetap saja bisa merugi karena perusahaan tidak menghasilkan dividen atau terjadinya capital loss karena harga saham sedang turun.

Meskipun kelihatannya mudah, apalagi dapat dilakukan secara online, tanpa pengetahuan dan jam terbang yang cukup rasanya sulit bagi seseorang untuk menghasilkan keuntungan yang konsisten dari saham.

3. Investasi Bentuk Logam Mulia

Sumber: https://cdn-image.bisnis.com/

Investasi logam mulia mulai marak dilakukan oleh banyak orang. Logam mulia pilihan yang banyak dipilih adalah emas. Emas disini dalam bentuk emas batangan dan kepingan utuh. Seperti yang kita ketahui, dari hari ke hari emas selalu mengalami peningkatan nilai, sehingga investasi pada bentuk investasi emas pada hari ini merupakan hal yang tepat dan dapat dijual ketika harga emas melambung tinggi di kemudian hari.

Namun, sama seperti investasi aset berjangka, harga emas tidak dapat naik signifikan dalam waktu dekat. Lagi-lagi, perlu menunggu dalam rentang waktu tertentu. Berinvestasi emas dapat dilakukan dengan membeli emas dalam jumlah tertentu, mulai dari 1gr dengan harga ratusan ribu, 10gr, hingga 100gr dalam harga jutaan.

Kita dapat membeli langsung di Antam atau melalui Pegadaian. Jika dirasa jumlahnya terlalu besar, kita dapat memilih untuk mengikuti program Tabungan Emas dari Pegadaian. Mudah, ‘kan?

4. Investasi Properti

Sumber: https://www.mypropertyboutique.com/

Investasi properti sebenarnya merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat menghasilkan keuntungan sangat besar. Sayangnya, keuntungan besar tersebut juga diiringi dengan modal yang tidak kalah besarnya. Ini menyebabkan banyak dari investor menghindari investasi dalam bentuk properti. Tidak dapat disangkal jika harga properti saat ini, terutama di kota-kota besar, sudah sangat mahal.

Tentu kita butuh mempersiapkan modal terlebih dahulu. Nilai properti sebenarnya kian hari kiat melambung tinggi pula. Hal ini bisa menjadikan properti ini sebagai bentuk investasi yang menjanjikan. Tidak perlu risau terkait modal yang besar. Saat ini investasi properti dapat dilakukan dengan modal kecil juga, dengan cara property crowd funding atau membeli saham properti.

Investasi properti sendiri bisa dilakukan di macam-macam properti, mulai dari kost, rumah, gedung, sampai ke apartemen. Properti yang dimiliki bisa dijadikan sebagai passive income dengan cara menyewakan atau mengotrakannya. Selain itu, properti tersebut juga bisa dijadikan sebagai investasi dengan menjualnya di beberapa tahun mendatang.

5. Bisnis

Sumber: https://www.nerdwallet.com/

Bisnis juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi tanpa kita sadari. Kita mengeluarkan modal tertentu di awal bisnis, dan jika bisnis tersebut tumbuh dengan baik tentu akan menghasilkan keuntungan yang sangat banyak di kemudian hari. Bisnis pun bisa dijalankan di berbagai bidang, yang tentu dapat kita pilih sesuai dengan pilihan kita.

Keuntungan tersebut juga dapat disesuaikan kapan kita bisa mendapatkannya, apakah 3 bulan lagi ataukah 3 tahun lagi, tergantung dari pertumbuhan bisnis kita tersebut. Namun, perlu daya juang yang cukup tinggi dan pantang menyerah karena kita harus turun langsung mengelola bisnis tersebut sebaik mungkin dan cukup beresiko jika kita tidak siap. Jika bisnis merugi, tentu keuntungan tidak akan kita dapatkan.

Baca juga: Pentingnya Analisis Statistik Perusahaan

Investasi memang menjanjikan hasil yang sangat besar ketika kita melakukan investasi tersebut secara tepat dan jelas. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita tertipu dengan hasil investasi yang tidak masuk akal. Ketika mendapati investasi yang bisa menghasilkan banyak dalam waktu singkat, kita perlu segera mewaspadainya. Jangan sampai kita terpikat dan tertipu oleh investasi-investasi bodong di luar sana. Karena kunci utama berinvestasi ada dua: konsisten dan sabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...