Home Pengetahuan Jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Tentunya kita semua pernah mencari informasi dan informasi yang mau dicari ada yang sederhana ataupun kompleks. Mencari informasi yang sederhana cenderung mudah, misal seperti mencari pengertian tentang sebuah istilah. Sedangkan mencari informasi yang kompleks, biasanya akan menuntut kita untuk membaca puluhan artikel dengan banyak tulisan dan angka di dalamnya.

Tak aneh jika kita merasa bosan untuk melakukannya atau bahkan sulit memahami banyak data itu. Inilah salah satu alasan mengapa infografis itu penting untuk dipahami dan dipelajari. Sebab dengan infografis, data yang kompleks dan rumit bisa dikelola sedemikian rupa untuk menjadi lebih mudah dicerna dengan tampilan yang lebih menarik.

Infografis adalah bentuk penyajian data yang kompleks dengan cara menyusun teks dan ilustrasi/gambar, dan tambahan motion ataupun animasi yang menarik sehingga mudah dipahami. Biasanya cara ini menyajikan lebih banyak gambar dibandingkan dengan teks. Berikut ini ada jenis-jenis infografis yang perlu kamu tahu untuk memoles sajian datamu agar lebih menarik.

Infografis Statis

jenis infografis
Sumber foto : www.dkampus.com

Infografis statis adalah infografis dalam bentuk gambar tidak bergerak. Infografis statis adalah jenis yang paling sering digunakan. Biasanya kita temui pada media cetak (koran, majalah, buku), website ataupun media sosial. Contohnya adalah Infografis Gas Alam, Energi Strategis Indonesia.

Gambaran dari infografis itu menampilkan alur sejarah minyak dan gas di Indonesia setiap kurun waktu tertentu. Disertai dengan gambar yang bisa mempresentasikan tiap tahapannya serta 1 kalimat pendek sebagai penjelas dari tiap gambar.

Infografis Animasi

jenis infografis
Sumber foto : blog.sribu.com

Infografis animasi merupakan infografis berbentuk video animasi baik yang berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi. Biasanya jenis ini sering kita temui pada media online seperti Youtube atau media sosial instagram, facebook dan lainnya. Jika dibandingkan dengan infografis statis, maka infografis animasi terlihat lebih menarik.

Infografis animasi tidak hanya menyajikan aspek visual saja seperti gambar, melainkan ada motion (gerakan) dan audio (musik/sound effect) sehingga akan menjadi kolaborasi yang lengkap dan menyenangkan. Contoh infografis mengenai Transportasi Umum Jakarta dari Masa ke Masa.

Infografis itu menampilkan gambar dan animasi sederhana mengenai transportasi umum Jakarta, mulai dari Delman, Kereta Api, hingga Bus TransJakarta. Ditampilkan pula nama dan tahun munculnya jenis transportasi itu serta penjelasan singkat. Disertai alunan musik dan sound effect yang menarik.

Infografis Interaktif

jenis infografis
Sumber foto : houseofinfographics.com

Infografis interaktif adalah infografis yang ditampilkan pada website sehingga pengguna dapat mengeksplorasi informasi yang ditampilkan melalui user interface. Jenis infografis ini adalah jenis yang paling kompleks, selain menyajikan data teks dan gambar, bisa dilengkapi pula dengan motion (gerakan).

Meskipun datanya banyak, jenis infografis ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang diinginkan saja, sehingga informasi yang tidak dibutuhkannya tidak akan muncul atau mengganggu pencarian informasi.

Misalnya infografis mengenai film Indonesia tahun 2019. Disajikan ada berbagai macam flm Indonesia, mulai dari yang rilis bulan Januari 2019 hingga bulan Desember 2019. Kamu bisa memilih berdasarkan waktunya ataupun genre filmnya. Untuk tahu detail informasi pada tiap film, kamu bisa meng-klik dan fokus pada film yang mau kamu ketahui saja.

Baca juga: 7 Aplikasi Membuat Infografis

Itulah jenis infografis yang perlu kamu ketahui, untuk membuat infografis yang menarik kamu perlu mendalami keahlian dalam desain, analisis informasi, keahlian bercerita dan kreativitas yang tinggi. Sehingga desain infografismu tidak hanya mudah dicerna, melainkan juga menarik dan tidak membosankan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...