5 Jenis Digital Marketing Channel Untuk Bisnis Online

Dengan tingginya peluang mendapatkan penghasilan dari internet, banyak masyarakat Indonesia yang mulai tertarik untuk memulai dan mengembangkan bisnis secara online. Nah, Untuk memaksimalkan keuntungan dari berbisnis online, dibutuhkan strategi khusus, salah satunya dengan menerapkan strategi pemasaran digital atau digital marketing.

Digital marketing sendiri memiliki beberapa channels yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan jenis bisnis online yang Anda tekuni. Dalam penjelasan berikut, sudah ada 5 jenis digital marketing channel beserta dengan keuntungan yang didapatkan dari penggunaan digital marketing channel. Mari simak selengkapnya.

Apa itu Digital Marketing Channel?

digital marketing
Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Digital marketing channel adalah bentuk saluran pemasaran digital yang dapat digunakan dalam membantu pemilik bisnis menjangkau customer secara online. Dikarenakan jenis dari digital marketing channel tak terbatas pada satu jenis saja, maka pemilik bisnis online setidaknya harus bisa menentukan channel mana yang akan digunakan dalam pemasaran.

Terdapat 5 kunci utama yang bisa Anda terapkan dalam menentukan digital marketing channel untuk bisnis online, diantaranya:

  • Apa jenis brand Anda?
  • Siapa target bisnis Anda?
  • Apa tujuan utama dari bisnis online Anda?
  • Apa tujuan dari pemasaran bisnis online Anda?
  • Berapa budget yang dialokasikan untuk pemasaran?

Jenis Digital Marketing Channel

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan jenis marketing channel yang sesuai, di bawah ini sudah ada beberapa jenis digital marketing channel yang cukup banyak digunakan dalam bisnis online.

Search Engine Optimization (SEO)

Sebuah bisnis online pastinya tidak lepas dari website sebagai etalase online untuk menyajikan produk yang Anda miliki. Namun, untuk mendatangkan pelanggan ke website Anda, dibutuhkan yang namanya SEO. Cara kerja SEO ialah mencoba menempatkan website di halaman pertama mesin pencari, dengan begitu traffic Anda akan semakin meningkat karena banyaknya jumlah pengunjung.

Dikarenakan pentingnya website ini, tak ada salahnya bagi Anda yang baru memulai binsis untuk mulai buat website. Sebagai bisnis online baru, Anda bisa memanfaatkan layanan buat website bisnis gratis serta hosting gratis karena cenderung tidak membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam.

Display Advertising

Display advertising merupakan jenis digital marketing channel lainnya yang berupa iklan video atau gambar mengenai suatu produk atau jasa. Biasanya display advertising ini bisa ditemukan dalam situs-situs website yang ada di internet. Iklan yang dibuat setidaknya harus relevan, sehingga bisa menjaring lebih banyak konsumen yang tertarik dengan produk yang Anda iklankan.

Social Media Marketing

Social media marketing menjadi digital marketing channel yang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis online baru. Ini dikarenakan pengguna sosial media yang memang cukup banyak, sehingga sangat mungkin untuk mendapatkan pelanggan baru dari media ini. Namun, dalam memasarkan produk lewat sosial media, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Setiap sosial media biasanya juga memiliki algoritma yang berbeda dan tipe-tipe pengguna yang berbeda.

Email Marketing

Selain memasarkan produk Anda lewat sosial media, memasarkan lewat email pun sangat mungkin dilakukan. Digital marketing channel satu ini mengharuskan Anda untuk menargetkan dengan spesifik siapa saja yang sekiranya sesuai dengan target pasar Anda. Menggunakan email marketing sebenarnya cukup menguntungkan karena minimnya anggaran yang dibutuhkan.

Dibandingkan dengan sosial media marketing, email marketing kerap dianggap kurang up to date. Namun, justru digital marketing ini memiliki tingkat efektivitas yang cukup baik. Sebagai langkah awal, penting bagi pemilik bisnis online untuk menyusun customer database yang kemudian nantinya bisa digunakan sebagai referensi mengirimkan newsletters. Semakin menarik newsletters yang Anda buat, biasanya semakin banyak pula pelanggan yang penasaran dengan produk Anda.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis marketing channel yang mencoba memasarkan produk dengan bantuan jasa afiliasi. Jenis channel ini cocok bagi Anda yang merasa tidak ingin dipusingkan dengan startegi marketing yang rumit. Bagi pemilik bisnis online baru, affiliate marketing tentunya menawarkan risiko yang rendah.  Disamping itu, dari segi biaya pemasarannya pun juga  cukup rendah, karena jasa afiliasi biasanya hanya memotong komisi yang sedikit.

Manfaat Digital Marketing Channel

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan digital marketing channel yang sesuai, terutama bagi Anda pemilik bisnis online baru. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

  • Jangkauan customer yang lebih luas dan lebih besar
  • Biaya iklan jauh lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional
  • Data pemasaran lebih terperinci dan jelas
  • Evaluasi menjadi lebih mudah
  • Efektif untuk product branding

Itulah seluruh jenis digital marketing channel bagi Anda yang ingin atau sedang memulai bisnis online. Dengan banyaknya jenis channel di atas, pastikan Anda sudah menyesuaikan dengan target dan tujuan bisnis supaya nantinya digital marketing yang dipilih bisa benar-benar sesuai.

Artikel Terbaru

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *