Home Serba Serbi Jenis dan Pangkat PNS

Jenis dan Pangkat PNS

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah diselenggarakan di beberapa wilayah, kegiatan ini diperkirakan akan berlangsung hingga Sabtu, 9 Februari 2020. Bagi para CPNS pasti sedang gencar-gencarnya mempersiapkan diri untuk menghadapinya, mulai dari menyiapkan kondisi fisik, mental, hingga senantiasa berlatih soal-soal SKD.

Selain mempersiapkan diri, teman-teman CPNS perlu mengetahui juga seluk beluk bekerja di dunia PNS. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah mengenai jenis golongan, tingkatan dan nama pangkat yang akan diemban oleh setiap PNS. Ketiganya menjadi dasar dan pijakan dari nominal gaji yang akan didapatkan serta pengurusan kenaikan jabatan selanjutnya.

Jenis Pangkat PNS

jenis pangkat pns
Sumber foto : www.pinterpolitik.com

Berdasarkan golongannya, PNS dibagi menjadi 4 golongan, yakni Golongan I, Golongan II, Golongan III, dan Golongan IV. Setiap golongan tersebut dibagi lagi menjadi beberapa tingkatan, ada yang terdiri dari 4 tingkatan ada pula yang terdiri dari lima tingkatan. Tingkatan I A (Juru Muda) adalah tingkatan terendah, sedangkan tingkatan IV E (Pembina Utama) adalah tingkatan tertinggi.

Golongan Tingkatan Nama Pangkat
Golongan I I A Juru Muda
I B Juru Muda Tingkat I
I C Juru
I D Juru Tingkat I
Golongan II II A Pengatur Muda
II B Pengatur Muda Tingkat I
II C Pengatur
II D Pengatur Tingkat I
Golongan III III A Penata Muda
III B Penata Muda Tingkat I
III C Penata
III D Penata Tingkat I
Golongan IV IV A Pembina
IV B Pembina Tingkat I
IV C Pembina Utama Muda
IV D Pembina Utama Madya
IV E Pembina Utama

 

Penempatan Jabatan PNS

jenis pangkat pns
Sumber foto : www.jawapos.com

Perlu diketahui juga bahwa pangkat golongan PNS diambil pertama kali dari ijazah terakhir. Misalnya seorang CPNS dengan ijazah terakhir SMA akan mendapatkan jabatan terendah sebagai Pengatur Muda (Gol. II A) dan jabatan tertinggi sebagai Penata Muda Tingkat I (Gol. III B). Sedangkan jika ijazahnya D3 maka jabatan terendah adalah Pengatur (Gol. II C) dan jabatan tertinggi Penata (Gol. III C)

Sedangkan untuk pangkat golongan PNS dengan ijazah terakhir S1 maka jabatan terendah adalah Penata Muda (Gol. III A) dan jabatan tertinggi adalah Penata Tingkat I (Gol. III D). Jika ijazah terakhir adalah S2, maka jabatan terendah adalah penata Muda Tingkat I (Gol. III B) dan jabatan paling tinggi adalah Pembina (Gol. IV A).

Setelah ditetapkan jabatannya sesuai dengan ijazah terakhir, kemudian setiap PNS bisa mendapatkan kenaikan jabatan melalui prosedur dan masa bakti yang telah ditempuh. Untuk mengurus kenaikan jabatan tersebut, PNS harus mengumpulkan beberapa dokumen yang disyaratkan kepada Badan Kepegawaian Daerah setempat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itulah informasi lengkap mengenai golongan, tingkatan dan nama jabatan ketika kamu bekerja menjadi PNS. Kamu bisa coba cek juga perkiraan besaran gaji yang didapatkan dari kemungkinan jabatan yang akan kamu emban jika diterima sebagai PNS. Selain itu kamu juga bisa mencari tahu mengenai berapa lamanya waktu yang diperlukan untuk naik ke tingkat yang selanjutnya serta syarat yang perlu dipenuhi.

Tapi perlu diingat bahwa setiap daerah punya kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga jangan terkejut jika gaji PNS di kota besar dengan di kabupaten yang pelosok bisa berbeda cukup jauh. Karenanya akan lebih valid jika Kamu langsung mencari informasi secara spesifik PNS untuk ditempatkan di daerah mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...