Home Dunia Kerja Jenis dan Pangkat PNS

Jenis dan Pangkat PNS

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah diselenggarakan di beberapa wilayah, kegiatan ini diperkirakan akan berlangsung hingga Sabtu, 9 Februari 2020. Bagi para CPNS pasti sedang gencar-gencarnya mempersiapkan diri untuk menghadapinya, mulai dari menyiapkan kondisi fisik, mental, hingga senantiasa berlatih soal-soal SKD.

Selain mempersiapkan diri, teman-teman CPNS perlu mengetahui juga seluk beluk bekerja di dunia PNS. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah mengenai jenis golongan, tingkatan dan nama pangkat yang akan diemban oleh setiap PNS. Ketiganya menjadi dasar dan pijakan dari nominal gaji yang akan didapatkan serta pengurusan kenaikan jabatan selanjutnya.

Jenis Pangkat PNS

jenis pangkat pns
Sumber foto : www.pinterpolitik.com

Berdasarkan golongannya, PNS dibagi menjadi 4 golongan, yakni Golongan I, Golongan II, Golongan III, dan Golongan IV. Setiap golongan tersebut dibagi lagi menjadi beberapa tingkatan, ada yang terdiri dari 4 tingkatan ada pula yang terdiri dari lima tingkatan. Tingkatan I A (Juru Muda) adalah tingkatan terendah, sedangkan tingkatan IV E (Pembina Utama) adalah tingkatan tertinggi.

Golongan Tingkatan Nama Pangkat
Golongan II AJuru Muda
I BJuru Muda Tingkat I
I CJuru
I DJuru Tingkat I
Golongan IIII APengatur Muda
II BPengatur Muda Tingkat I
II CPengatur
II DPengatur Tingkat I
Golongan IIIIII APenata Muda
III BPenata Muda Tingkat I
III CPenata
III DPenata Tingkat I
Golongan IVIV APembina
IV BPembina Tingkat I
IV CPembina Utama Muda
IV DPembina Utama Madya
IV EPembina Utama

Penempatan Jabatan PNS

jenis pangkat pns
Sumber foto : www.jawapos.com

Perlu diketahui juga bahwa pangkat golongan PNS diambil pertama kali dari ijazah terakhir. Misalnya seorang CPNS dengan ijazah terakhir SMA akan mendapatkan jabatan terendah sebagai Pengatur Muda (Gol. II A) dan jabatan tertinggi sebagai Penata Muda Tingkat I (Gol. III B). Sedangkan jika ijazahnya D3 maka jabatan terendah adalah Pengatur (Gol. II C) dan jabatan tertinggi Penata (Gol. III C).

Baca juga: Contoh Notulen Rapat

Sedangkan untuk pangkat golongan PNS dengan ijazah terakhir S1 maka jabatan terendah adalah Penata Muda (Gol. III A) dan jabatan tertinggi adalah Penata Tingkat I (Gol. III D). Jika ijazah terakhir adalah S2, maka jabatan terendah adalah penata Muda Tingkat I (Gol. III B) dan jabatan paling tinggi adalah Pembina (Gol. IV A).

Setelah ditetapkan jabatannya sesuai dengan ijazah terakhir, kemudian setiap PNS bisa mendapatkan kenaikan jabatan melalui prosedur dan masa bakti yang telah ditempuh. Untuk mengurus kenaikan jabatan tersebut, PNS harus mengumpulkan beberapa dokumen yang disyaratkan kepada Badan Kepegawaian Daerah setempat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itulah informasi lengkap mengenai golongan, tingkatan dan nama jabatan ketika kamu bekerja menjadi PNS. Kamu bisa coba cek juga perkiraan besaran gaji yang didapatkan dari kemungkinan jabatan yang akan kamu emban jika diterima sebagai PNS. Selain itu kamu juga bisa mencari tahu mengenai berapa lamanya waktu yang diperlukan untuk naik ke tingkat yang selanjutnya serta syarat yang perlu dipenuhi.

Baca juga: Cara Disiplin Kerja

Tapi perlu diingat bahwa setiap daerah punya kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga jangan terkejut jika gaji PNS di kota besar dengan di kabupaten yang pelosok bisa berbeda cukup jauh. Karenanya akan lebih valid jika Kamu langsung mencari informasi secara spesifik PNS untuk ditempatkan di daerah mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...