Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Pemerintahan

Sebagai calon mahasiswa baru, tentu pernah bingung dalam memilih jurusan apa yang sesuai dengan passion kamu. Takut salah jurusan yang nantinya berpengaruh terhadap semangat kuliah dan bahkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Bagi sebagian orang, jurusan ilmu pemerintahan terdengar asing di telinga. Maklum, memang bukan jurusan sejuta umat seperti jurusan lain yang familiar di pendengaran. Walaupun asing, tapi istimewa lho, kok, bisa? Yuk, simak penjelasan berikut untuk tau jawabannya. Siapa tau passionmu ada disini.

Apa itu Jurusan Ilmu Pemerintahan?

ilmu pemerintah
Sumber: pa-bandung.go.id

Jurusan Ilmu pemerintahan merupakan program studi yang mempelajari mengenai berbagai permasalahan baik itu administrasi, manajemen, maupun kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi untuk menjalankan kekuasaan negara yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk terjun ke dunia pemerintahan maupun politik.

Baca juga: Mengenal Jurusan Administrasi Publik

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Kuliah di jurusan tersebut tidak sesusah dan serumit yang kamu bayangkan. Keberanian untuk menyampaikan pendapat adalah salah satu kunci agar kamu lebih enjoy menjalani perkuliahan. Tidak perlu takut salah karena di jurusan ini tidak ada jawaban mutlak, tidak harus sama tergantung kontes dan dipandang dari sudut mana. Mulailah mencoba saat ada kesempatan diskusi dari dosen ketika di kelas.

Pada umumnya, kamu akan menempuh masa kuliah selama 8 semester atau 4 tahun. Kamu akan belajar bagaimana pemerintah menyediakan pelayanan publik kepada masyarakat. Disamping itu juga belajar bagaimana lembaga publik yang ada melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam penyelenggaraan negara. Subjek dan objek yang dipelajari dalam Ilmu Pemerintahan mencakup lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan beberapa lembaga lain yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Sebagian besar tugas kuliah adalah tentang menganalisis suatu permasalahan. Kalau time management kamu bagus, tidak perlu begadang meskipun kamu juga terlibat aktif dalam organisasi atau unit kegiatan mahasiswa di kampus. Kuliah lapangan atau praktikum di jurusan ini biasanya adalah seputar instansi pemerintahan yang izin maupun prosesnya tidak sesulit yang kamu bayangkan asal sesuai prosedur. Nah, kalau sudah lulus kamu akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan.

Kenapa Harus Kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Jurusan ini sangat dibutuhkan untuk modal awal bagi kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia politik atau pemerintahan. Misalnya menjadi anggota partai politik, anggota legislatif, maupun eksekutif. Orang-orang yang memahami ilmu pemerintahan akan sangat diperlukan untuk memberikan warna dan corak dalam dinamika pemerintahan yang lebih demokratis.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Sesuai dengan namanya, yang pasti jurusan ini akan mempelajari seputar pemerintahan. Baik dari aktor atau pelaku, administrasi, dan tata kelolanya. Bagaimana pengelolaan sumber daya manusia dalam pemerintahan, pola kepemimpinan, serta perilaku atau etika pemerintah juga menjadi bahasan dalam jurusan ini.

Kamu juga akan belajar tentang politik. Berbicara soal politik tidak akan lepas dari partai politik, dan kamu akan mempelajarinya lebih dalam. Kalau pernah mendengar kalimat “politik adalah seni”, kamu akan tau jawabannya di jurusan ini. Politik tidak selamanya kotor, guys. Kamu adalah agent of change yang diharapkan mampu merubah dinamika perpolitikan Indonesia menjadi lebih baik.

Ada partai politik, sudah pasti akan ada ajang untuk pesta politik. Eitss, bukan pesta makan-makan, tapi pemilihan umum. Kalau semasa sekolah kamu hanya tau asas dan waktu pelaksanaannya saja, maka ini saatnya wawasanmu bertambah luas. Kamu akan belajar bagaimana sejarahnya, persiapannya, prosesnya, siapa saja yang terlibat, hingga bagaimana menghitung suara dengan berbagai metode. By the way, ilmu ini juga berguna banget untuk mengetahui bagaimana cara maupun trik kampanye yang sehat untuk memenangkan suara dalam pemilihan umum.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar mengenai kebijakan yang selama ini dibuat oleh pemerintah. Mengkaji bagaimana langkah-langkah dalam merumuskan sampai mengevaluasi sebuah kebijakan. Termasuk bagaimana harus bertindak jika sebuah kebijakan publik tidak sesuai, maka harus disahkan, dihapus, atau diperbarui.

Kemampuan bernegosiasi akan kamu dapatkan dari pembelajaran ini. Saat kuliah, kamu akan dibiasakan untuk berlatih menganalisis suatu kebijakan. Bekal semacam ini akan bermanfaat banget buat kamu yang nantinya ingin menjadi konsultan pemerintah.

Selain itu, kamu akan belajar bagaimana merumuskan peraturan perundang-undangan atau peraturan pemerintah. Ternyata bukan hanya mahasiswa hukum saja yang belajar undang-undang, mahasiswa Ilmu Pemerintahan juga belajar, loh. Tapi lebih kepada proses legislasinya, bukan terfokus pada isi undang-undangnya.

Selain tentang politik dan pemerintahan, kamu juga akan belajar mengenai demokrasi dan masyarakat sosial. Pengetahuan ini akan membantu membekalimu jika kamu tertarik menjadi aktivis organisasi masyarakat. Untuk mewujudkan masyarakat madani dengan kebijakan yang efektif dan efisien.

Tidak cukup sampai disitu saja, guys. Kalian juga akan belajar mengenai komunikasi politik, hubungan pemerintah dengan perusahaan dalam corporate governance, tata kelola keuangan pemerintahan, manajemen program pembangunan, tata kelola pemerintahan baik perkotaan maupun desa, dan lain sebagainya yang masih relevan dengan politik dan pemerintahan.

Apa Prospek Kerja dari Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Setelah jadi Sarjana Ilmu Pemerintahan, kamu mau kerja apa, guys? Hey, jangan bingung dulu. Yuk, simak peluang kerja untuk Sarjana Ilmu Pemerintahan berikut.

Birokrat Pusat/Daerah

Pertama kali yang akan kamu pikirkan adalah pekerjaanmu pasti tidak akan jauh-jauh dari bidang pemerintahan. Menjadi seorang birokrat adalah salah satu contohnya. Kamu dapat berperan aktif dalam melaksanakan roda pemerintah baik pusat maupun daerah. Pengetahuan tentang kebijakan dan tata kelola akan sangat berguna dalam pekerjaan ini. Pendapatan dari pekerjaan ini sangat menjanjikan, loh.

Anggota Legislatif Pusat/Daerah

Bekal cara berpikir logis dan strategis dapat mengantarkanmu pada pekerjaan ini. Kamu dapat berkontribusi dalam menentukan kebijakan pemerintah yang efektif. Selain itu juga membentuk tatanan pemerintahan yang baik dan menyejahterakan rakyat.

Pengurus atau Anggota Partai Politik

Roda pemerintahan dapat terus bergerak dengan adanya partai politik. Dimana partai politik merupakan wadah bagi setiap orang untuk menyampaikan pendapat dan aspirasinya. Saat ini, banyak yang mengincar pekerjaan tersebut, bahkan para pengusaha maupun selebriti Indonesia mulai bergelut di dunia politik.

Konsultan Pemerintahan

Dalam menjalankan roda pemerintahan tidak terlepas dari masalah maupun hambatan yang akan muncul di setiap langkah. Seorang konsultan akan sangat dibutuhkan perannya untuk memberikan saran, masukan, maupun membantu merumuskan strategi yang akan dilakukan. Apalagi jika pemerintah mengalami permasalahan khusus yang segera membutuhkan solusi. Konsultan akan sangat diperlukan untuk membuatnya kembali berjalan normal bahkan lebih baik.

Akademisi

Kalau kamu tidak berminat untuk menerapkan ilmu secara langsung dalam suatu pekerjaan, kamu dapat share it kepada orang lain dengan menjadi tenaga pendidik atau dosen di suatu universitas. Dosen Ilmu Pemerintahan akan sangat dibutuhkan karena pengetahuannya yang luas dan mendalam mengenai seluk beluk pemerintahan baik secara teori maupun praktik.

Kemampuan menggunakan teknologi informasi dan update terhadap perkembangan ilmu pemerintahan menjadi nilai plus dalam pekerjaan ini. Tapi ada syarat penunjangnya ya, guys. Kamu harus menempuh pendidikan lanjutan yang lebih tinggi dari S1, minimal melanjutkan S2 atau lebih baik lagi sampai S3.

Tenaga Ahli Bidang Pemerintahan

Pekerjaan ini tugasnya adalah mengkaji dan menganalisis data pemerintahan. Kemampuan analisis dan berpikir kritismu akan sangat dibutuhkan dalam membantu pemerintah menyusun sebuah kebijakan publik.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Jika kamu tidak berminat sebagai birokrat, kamu bisa mengimplementasikannya secara langsung dalam organisasi masyarakat sosial. Bekal pengetahuan tentang masyarakat sosial dan demokrasi akan sangat membantumu menjadi motivator sekaligus fasilitator bagi masyarakat disekitarmu dalam sebuah pemberdayaan.

Badan Pengawas Pemilu

Kemampuan dalam memahami seluk beluk pemilihan umum baik secara teori maupun praktik sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. Bisa dibilang pekerjaan ini cocok dan sesuai dengan apa yang telah dipelajari selama kuliah.

Peneliti/Asisten Peneliti

Ilmu yang kamu peroleh tidak akan pernah sia-sia, loh. Kalau kamu suka membuat karya tulis, kamu bisa melakukan kajian terhadap permasahalan dalam tata kelola pemerintahan melalui metode ilmiah. Kemudian hasil karya kamu bisa dipublikasikan dalam sebuah forum maupun jurnal ilmiah.

Jurnalis Pemerintahan dan Politik

Tugas seorang jurnalis adalah meliput berbagai peristiwa dan berita. Lulusan Ilmu Pemerintahan telah terbiasa dituntut peka terhadap isu-isu pemerintahan dan politik sekaligus melakukan analisis setajam mungkin. Setelah itu melaporkan dan mengembangkan hasilnya menjadi sebuah problem solving. Selain pandai menganalisis, lulusan ilmu pemerintahan tentu memahami dengan baik pengetahuan dasar dari berita seputar pemerintahan yang diliputnya.

Pengawas dan Penyidik Properti Pemerintah

Tugasnya adalah melakukan penyelidikan dan pemeriksaan pemerintah untuk memastikan kedisiplinan perjanjian kontrak maupun peraturan pemerintah. Pengetahuan tentang barang dan jasa pemerintah akan sangat membantumu dalam melakukan pekerjaan ini.

General Affairs

Tata kelola organisasi yang kamu pelajari dapat mengantarkanmu pada pekerjaan ini. Melakukan perencanaan, memberi arahan, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pelayanan administrasi di sebuah organisasi. Misalnya pencatatan dan informasi, bagian operasi, pemeliharaan, maupun bagian layanan pendukung lainnya.

Apa Kelebihan dari Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Ternyata lulusan program studi ilmu pemerintahan mempunyai prospek yang sangat bermacam-macam dengan posisi dan level yang menjanjikan. Fakta ini memang belum diketahui banyak orang. Upaya memperbaiki tatanan aparatur pemerintah yang tengah digencarkan saat ini memungkinkan kesempatan untuk lulusan ilmu pemerintahan semakin terbuka lebar.

Mengembangkan karir di lingkup pemerintahan pusat maupun daerah semakin mudah karena mempunyai latar belakang pendidikan ilmu pemerintahan. Seperti pepatah “banyak jalan menuju roma”. Jurusan ini tidak menutup kemungkinkan kamu hanya dapat berkarir di bidang pemerintahan saja. Namun juga politik, junalistik, maupun menjadi aktivis dalam gerakan sosial.

Apa Saja Tips Kuliah di jurusan Ilmu Pemerintahan?

Ada banyak tips yang bisa kamu lakukan untuk kuliah di jurusan ini. Apa aja, siih? Pertama kamu harus membiasakan diri untuk membaca. Kamu bisa menulis karena membaca dulu, kan? Semakin sering membaca, ilmu akan bertambah, dan kamu jadi lebih pede buat speak up di depan umum. Usahakan selalu update berita tentang pemerintahan atau politik, ya. Setelah itu belajarlah menganalisis lebih dalam.

Baca juga: Mengenal Jurusan Akuntansi

Kamu juga perlu membiasakan diri berani menyampaikan pendapat. Diskusi di kelas akan menjadi laboratorium yang mudah kamu temui untuk mengasah kemampuan public speaking. Sharing dan tukar pendapat dengan orang lain juga penting, loh, untuk menambah pengetahuanmu.

Jangan lupa untuk memperluas jaringan pertemanan dan relasimu. Bergabunglah dengan organisasi di kampus atau menjadi volunteer di berbagai kegiatan sosial. Untuk menambah pengalamanmu, kamu bisa mencoba magang di instansi pemerintah atau LSM. Menjadi aktivis ngga bikin tugas kamu keteteran, kok. Asal pintar bagi waktu dan prioritas semua pasti berjalan lancar.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen

Semoga penjelasan diatas bisa membantu kamu yang kebingungan tentang jurusan kuliah, terutama jurusan ilmu pemerintahan. Semua jurusan pasti akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Jangan lupa untuk terus berusaha, tidak menyerah, dan berdoa kepada Tuhan.


Link Sumber :

pemerintahan.fisip.undip.ac.id

uniss.ac.id

Artikel Terbaru

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *