Gerak Melingkar dan Penerapannya

Hai sobat Fisika! Apa kabar nih. Semoga selalu diberikan kesehatan ya. Oh ya, pastinya tetap dan terus semangat dong belajar Fisikanya. Hehe…

Coba perhatikan gambar berikut ini!

Pembalap Melakukan Gerak Melingkar
Sumber: blackxperience.com

Beberapa pembalap melintasi sirkuit berupa jalan melingkar. Pembalap tersebut dikatakan melakukan gerakan melingkar karena lintasan yang ditempuh berupa lingkaran. Mengapa pembalap tersebut memiringkan motornya saat melaju di jalan yang menikung? Besaran-besaran apa yang terkait dengan gerak melingkar? Ayo, simak uraiannya di bawah ini!

Pengertian Gerak Melingkar

Gerak sebuah benda dengan lintasan berbentuk lingkaran dikatakan benda tersebut telah melakukan gerak melingkar. Arah kecepatan dari benda yang melakukan gerak melingkar merupakan arah garis singgung lingkaran. Gerak melingkar beraturan didefinisikan sebagai gerak dengan lintasan berbentuk lingkaran dengan kelajuan tetap.

Baca juga: Materi Gerak Lurus

Besaran dalam Gerak Melingkar Beraturan

  1. Periode dan Frekuensi

Selama benda melakukan gerak melingkar, tentulah memerlukan waktu. Waktu yang diperlukan untuk satu kali putaran disebut periode. Sedangkan banyaknya putaran tiap sekon disebut frekuensi.

Periode dan Frekuensi
Sumber: Dokumentasi Penulis

2. Kelajuan Linear

Kecepatan titik partikel yang melakukan gerak melingkar disebut kecepatan linear dan besar kecepatan linear disebut kelajuan linear.

Kelajuan Linear
Sumber: Dokumentasi Penulis

3. Kecepatan Anguler / Kecepatan Sudut

Dalam gerak melingkar, besarnya sudut yang ditempuh oleh jari-jari R dalam waktu satu detik disebut kecepatan sudut atau kecepatan anguler.

Kecepatan Sudut
Sumber: Dokumentasi Penulis

Percepatan dan Gaya Sentripetal

Percepatan pada gerak melingkar yang arahnya selalu menuju pusat lingkaran disebut percepatan sentripetal. Apabila massa benda yang bergerak melingkar bermassa m, maka sesuai hukum II Newton akan ada gaya yang disebut dengan gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran.

Percepatan dan Gaya Sentripetal
Sumber: Dokumentasi Penulis

Gerak Roda-Roda yang Seporos dan Tidak Seporos

1. Susunan Roda-Roda yang Seporos

Perhatikan gambar berikut!

Roda-Roda Seporos
Sumber: https://ruangfisika97.blogspot.com/

Roda A dan roda B memiliki titik pusat yang sama. Oleh karena itu dalam selang waktu yang sama, sudut pusat yang ditempuh kedua roda adalah sama. Hal ini berarti kecepatan sudut kedua roda adalah sama, maka:

Rumus Roda Seporos
Sumber: https://ruangfisika97.blogspot.com/

2. Susunan Roda-Roda yang Tidak Seporos

Roda-Roda Tidak Seporos
Sumber: https://ruangfisika97.blogspot.com/

Dua buah roda sedang berputar, keduanya mempunyai jari-jari berbeda, satu sama lain dihubungkan dengan sebuah rantai. Rantai penghubung mempunyai kelajuan linier sama artinya kedua pinggir roda A dan pinggir roda B memiliki laju linier yang sama, tetapi kecepatan sudutnya berbeda. Secara matematis dirumuskan:

Rumus Roda Tidak Sepusat
Sumber: https://ruangfisika97.blogspot.com/

Baca juga: Mengenal Besaran Vektor

Demikianlah pembahasan mengenai gerak melingkar. Terus semangat ya belajarnya!


Sumber:

Astutik, Sri. 2010. Buku Pintar Belajar Fisika Untuk SMA/MA.Sagufindo Kinarya

Artikel Terbaru

Riya

Riya

Saya seorang guru Fisika sekaligus tentor Fisika di Trenggalek. Saya lulusan Fisika dari Universitas Negeri Surabaya. Prinsip hidup saya adalah "sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesamanya". Oleh karena itu saya ingin menjadi pribadi yang bermanfaat salah satunya dengan membagikan ilmu saya dengan kalian semua. :)

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *