Home Seni & Musik 15 Genre Musik yang Ada di Dunia

15 Genre Musik yang Ada di Dunia

Seperti yang kita ketahui, setiap dari kita tidak akan bisa lepas dengan musik, musik sudah termasuk kedalam bagian hidup kita. Ibaratkan sayur tanpa garam, begitulah rasanya dunia tanpa musik.

Wikipedia sendiri mengartikan genre musik merupakan pengelompokkan musim sesuai dengan kemiripannya satu dengan yang lain. Dari genre musik dapat dibedakan dari teknik musik, gaya, konteks, serta tema musik tersebut. Akan tetapi, genre musik tidak bisa kita artikan secara detail dan rinci. Mengapa?

Sebab dari genre yang sudah kita sebutkan beberapa diatas, tak jarang orang mengartikannya dari satu sisi tanpa melihat dari sisi yang lainnya. Atau bahkan umumnya kita bisa mendengar satu lagu terdapat dua genre musik didalamnya, yang alhasilnya didefinisikan pada satu genre.

15 Genre Musik yg ada di Dunia
sumber foto: 1.bp.blogspot.com

Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan 15 genre musik yang ada di dunia beserta sejarah hingga tokoh musisinya, sebagai berikut:

1. Musik Klasik

Musik Klasik
sumber foto: magazine.job-like.com

Jenis musik yang begitu luas ini biasa disebut sebagai musik yang indah, intelektual, dan sering dinikmati hampir dari semua kalangan. Musik klasik berasal dari negara Eropa yang kemudian berkembang secara universal mulai dari abad ke-9 hingga saat ini.

Umumnya musik klasik diperdengarkan sebagai media pembelajaran musik, sebab sifatnya yang universal. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa jenis musik ini bisa berguna untuk perkembangan otak manusia. Dalam musim klasik, ada beberapa musisi yang populer lewat genre musik ini, salah satunya adalah:

  • Beethoven
  • Mozart
  • Franz Schubert

2. Musik JAZZ

Musik Jazz
sumber foto: rebornprojectmedia.com

Musik jenis ini lahir dari adab ke-20 yang berasal dari Amerika. Banyak orang mengatakan bahwa musik Jazz dimulai dari tradisi musik Afrika dan Eropa yang tidak jauh-jauh perannya dari masyarakat berkulit hitam Amerika Serikat. Biasanya alat musik yang digunakan dalam jenis musik ini adalah saksofon, piano, bass, drum, gitar, trombone, clarinet, biola, hingga terompet.

Menurut Whitnet Ballet menjelaskan bahwa musik Jazz yang secara personal serupa dengan blues, suara intrumental, dan mempunyai vokal yang unik.

3. Musik Blues

Musik Blues
sumber foto: img.esteem.ws

Jenis musik blues ini lahir pada abad ke 19, yang ditemukan oleh para budak atau petani kapas keturunan Afrika-Amerika. Musik blues ini tumbuh dari Delta Mississippi, yang berada di hulu New Orleans atau tempat musik Jazz juga terlahir. Maka dari itu, antara musik Jazz dan Blues tidak bisa dipisahkan sebab keduanya saling mempengaruhi.

Walaupun musik blues diiringi dengan permainan instrumental. Akan tetapi, pada dasarnya musik blues adalah bentuk vokal. Maka dari itu, penyanyi blues lebih banyak mengekspresikan emosional dan perasaannya daripada bercerita tentang sesuatu.

Musik blues juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Delta Blues
  • Chicago Blues
  • Texas Blues
  • Blues Rock

4. Musik Hiphop

Musik Hiphop
sumber foto: medium.com

Jenis musik ini lahir pada tahun 1973 di salah satu pesta ulang tahun di Bronx, New York City. Gaya musik Hiphop sendiri selalu indentik dengan gaya swag dengan oversized shirt serta sneakers yang up-to-date. Yang berdasarkan ceritanya, oversized shirt mengartikan bagaimana keluarga keturunan Afrika-Amerika yang saat itu tidak bisa membeli baju baru untuk anak-anaknya, dan menurunkan baju sang kakak kepada sang adik.

Beberapa alat musik yang kerap digunakan pada musik Hiphop adalah DJ mixer, mesin drum, sequencer, kibor, hingga penyintesis. Tokoh yang populer lewat musik Hiphop-nya antara lain adalah:

  • Eminem
  • Neo

5. Musik Metal

Musik Metal
sumber foto: asset.kompas.com

Musik yang bisa disebut sebaga Heavy Metal ini digagas oleh Band Hard Rock pada tahun 1960-an yang berasal dari UK dan USA. Musik metal ini berakar dari blues rock dan psychedelic rock, dengan ciri khas aturan gitar yang sangat kuat, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya. Pada umumnya, lirik musik metal berhubungan dengan maskulinitas dan kejantanan.

Namun seiring berkembangnya waktu, musik metal bercampur ke beberapa jenis aliran, dengan diiringi tempo yang harmonis dan dinamis. Beberapa aliran diantaranya adalah Folk Metal, Melodic Death Metal, Metalcore, Deathcore, dan sebagainya.

6. Musik Gospel

Musik Gospel
sumber foto: cmuse.org

Mungkin dari kita jarang mengetahui jenis musik ini, namun bisa dengan mudah kita temukan. Musik gospel dicirikan dengan vokal yang dominan yang dan kerap menggunakan harmoni yang kuat. Pada umumnya, musik gospel menggunakan alat musik piano atau organ hammond, drum, gitar bas, dan saat ini ada yang mulai menggunakan gitar listrik.

Awalnya, musik gospel terdengar di gereja-gereja Afrika-Amerika pada abad ke 20. Walaupun begitu musik gospek ini telah menyebar ke penjuru dunia, salah satunya Australia. Yang mana dipopulerkan dengan paduan suara seperti The Elementals dan Jonah & The Whalers hingga festival musik seperti Festival Musik Gospel Australia.

7. Musik RnB (Rhythm and Blues)

Musik RnB (Rhythm and Blues)
sumber foto: dictio.id

Gabungan dari ketiga jenis musik yaitu Jazz, Gospel, dan Blues ini diperkenalkan oleh pemusik asal Afrika-Amerika. Pada tahun 1940-an, genre musik RnB ini mulai dipasarkan oleh perusahaan rekaman RCA Victor. Yang mana Louis Jordan mempengaruhi lima besar tangga lagu R&B dengan tiga lagunya.

8. Musik Pop

Musik Pop
sumber foto: pasberita.com

Genre musik populer yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan tahun 1950an ini memiliki istilah musik Pop dan Rock yang hampir identik dengan musik Pop hingga akhir tahun 1960 an, genre tersebut menjadi semakin berbeda. Bentuk turunan dari genre musik pop ini adalah Disko dan New Wave.

Hal-hal yang mengidentifikasikan jenis musik pop ini antaranya mempunyai durasi pendek, nada melodi, serta penggunaan pengulangan paduan suara.

9. Musik Reggae

Musik Reggae
sumber foto: 3.bp.blogspot.com

Genre musik ini mempunyai ciri khas dengan ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Musik reggae berkembang pada akhir era 60-an di Jamaika, yang kemudian disebut sebagai musik Jamaika. Alat musik yang biasa digunakan musik reggae ini adalah drumset, gitar bas, instrumen perkusi, gitar, organ, piano, penyintesis, melodika, serta instrumen musik tiup logam.

Beberapa nama musisi yang populer lewat musik Reggae adalah Steven & Coconut, Souljah, Ras Muhammad, Gangstarasta, dan masih banyak lagi.

10. Musik Funk

Musik Funk
sumber foto: urusandunia.com

Genre musik yang beraliran unsur musik tarian Afrika-Amerika ini umumnya dikenal melalui ritme. Yang mana mempunyai ciri sering terpotong singkat, bunyi gitar yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, hingga kesan gembira yang didapati ketika mendengarnya. Aliran musik funk berhubungan dengan jenis Rhythm and Blues pada tahun 1960 an di daerah Louisiana.

Beberapa penyanyi populer lewat musik funk diantaranya adalah Michael Jackson, Rick James, Tower of Power, The Jacksons, hingga Earth, Wind & Wire.

11. Musik Rock

Musik Rock
sumber foto: merahputih.com

Jenis musik yang biasa dikenal musik cadas ini dikenal pada pertengahan tahun 1950 an yang berakar dari musik Rhythm and Blues. Musik rok terdengar khas dari alat musik gitar listrik atau gitar akustik, serta penggunaan backbeat yang sangat dominan dengan gitar bass dan drum, dan kibor. Namun, secara harfiah musik rok memiliki tiga chords, backbeat yang tetap dan menonjol serta melodi yang menarik.

Baca juga: 8 Unsur Musik Yang Perlu Diketahui

Walaupun begitu musik rok berdasar dari rock and roll yang berasal dari Amerika Serikat pada awal tahun 1950 an selama akhir tahun 1940 an, dan kemudian tersebar ke penjuru dunia.

12. Musik Techno

Musik Techno
sumber foto: loop.co.id

Musik yang biasa digunakan sebagai bentuk tari dan musik pesta ini dibentuk pada awal tahun 1980. Genre pada musik techno ini identik dengan penonton yang aktif dan gaya yang begitu energi saat menari. Dengan begitu musik techno dikenal sebagai EDM yang dibuat untuk klub malam, rave, serta festival-festival. Pada umumnya, musik ini dibuat oleh disjoki (DJ) yang membuat trek pengadonan atau mix.

13. Musik Ska

musik ska
Sumber: medanbisnisdaily.com

Genre musik yang berasal dari Jamaika ini lahir pada akhir tahun 1950 an, dan pendahulu dari rocksteady dan reggae. Alat musik yang biasa digunakan dalam genre musik ska ini adalah gitar, gitar bas, trompet, trombon, saksofon, piano, drum, hingga organ.

Pada umumnya, ska terbagi menjadi tiga periode yaitu ska asli Jamaika (1960-an), ska 2 Tone Inggris (1970-an), dan gerakan ska gelombang ketiga yang terkenal di Amerika Serika (1990-an).

14. Musik Country

Musik Country
sumber foto: bmpdancestudio.com

Genre musik yang selalu diidentikan dengan gaya koboi ini mempunyai unsur musik Amerika. Musik country berkembang pada tahun 1920-an yang berawal dari lagu rakyat Amerika Utara, musik Kelt, dan musik Gospel. Namun mulai diperdengarkan sekitar tahun 1940-an sebagai pengganti istilah musik hillbilly (yang mempunyai kesan merendahkan).

Beberapa toko musik country diantaranya adalah Roger, John Denver, dan Shan Twain.

15. Musik Dangdut

Musik Dangdut
sumber foto: img.okeinfo.net

Genre musik seni ini mulai terkenal sebagai tradisional Indonesia yang mempunyai unsur Hindustani (India), Melayu, dan Arab. Ciri dari musik dangdut adalah dentuman tabla dan gendang yang berasal dari alat musik perkusi India.

Baca juga: Apa itu Musik? Berikut Pengertian Musik

Secara sejarah, musik dangdut dipengaruhi oleh musik India lewat film Bollywood dengan lagu yang berjudul “Boneka India”, dan kemudian lahir sebagai musik dangdut dengan tokoh utama Rhoma Irama pada tahun 1968.

Demikian penjelasan tentang 15 genre musik yang ada di dunia beserta sejarah dan tokoh musisinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...